Tuesday, October 16, 2018

Tanda Kiamat Menurut 5 Agama Di Dunia

Tanda Kiamat Menurut 5 Agama Di Dunia

Tanda kiamat dalam agama islam, katolik, budha, hindu, yahudi
Tanda Kiamat Menurut Agama

Bagi orang-orang beragama pasti meyakini tentang, akan datangnya hari kiamat yang diawali dengan beberapa tanda-tanda akhir zaman. Kiamat atau Akhir zaman adalah periode waktu yang dijelaskan dalam eskatologi dari agama-agama dunia yang dominan, baik Abrahamik maupun non-Abrahamik. Agama-agama Abrahamik mempertahankan kosmologi linear, dengan skenario akhir zaman yang mengandung tema transformasi dan penebusan. 


Didalam setiap agama dan kepercayaan yang ada di muka bumi ini, masing-masing dari agama tersebut memiliki cara dan konsep untuk memberitahu pengikutnya tentang akan datangnya hari kiamat. Datangnya hari kiamat akan diawali oleh beberapa tanda-tanda sesuai dari konsep kepercayaan agama tersebut.

Secara garis besar Tanda-tanda hari kiamat adalah munculnya peristiwa yang terjadi menjelang Hari Kiamat dan merupakan hal yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Apasajakah tanda-tanda tersebut mari simak ulasan berikut. Bagi sobat rancax pembahasan ini hanya bersifat ringkas dan secara garis besarnya saja, jika masih kurang dilain kesempatan akan kita ulas lagi.

Tanda Hari Kiamat Menurut Lima Agama Di Dunia.


1. Tanda Kiamat Dalam Agama Islam


Dari lima agama yang dianut di bumi ini, agama Islam menjadi agama yang paling vokal menginggatkan umatnya tentang hari kiamat. Didalam Islam kiamat terdiri dari dua macam, yang pertama kiamat kecil berupa penyakit, kematian, musibah, bencana lokal dan hal buruk lainya. Selanjutnya adalah kiamat besar yaitu akhir zaman. Kita akan bahas tentang kiamat besar kedatangan hari kiamat besar tersebut akan diawali oleh beberapa tanda-tanda alam. Dalam hadis yang diriwayatkan dari Hudzaifah bin Asid mengatakan sesungguhnya Rasul bersabda


“Sesungguhnya kiamat tidak akan terjadi sehingga kamu melihat sepuluh tanda." Lalu beliau menyebut asap, Dajjal, binatang, terbitnya matahari dari tempat tenggelamnya (sebelah Barat), turunnya Isa bin Maryam ‘Alaihis Salam, Ya’juj dan Ma’juj, tiga longsor besar, longsor di Timur, longsor di Barat, dan longsor di semenanjung Arab. Akhir yang demikian itu adalah keluarnya api dari Yaman yang menggiring manusia ke tempat mahsyar mereka.’ (HR. Muslim).

“Tanda-tanda (Kiamat) bagaikan mutiara yang terangkai pada seutas benang. Jika benang tersebut putus, maka sebagiannya akan mengikuti sebagian yang lain(nya). (HR Ahmad).

A. Tanda Pertama Terbitnya Matahari Dari Barat.


Terbitnya matahari dari sebelah Barat merupakan salah satu tanda hari kiamat yang besar. Terbitnya matahari dari barat adalah tanda besar pertama yang akan memberitahukan perubahan atas kondisi alam ini.

B. Kemunculan Dajjal.


Dajjal adalah seorang laki-laki dari anak cucu  Adam ‘Alaihis Salam. Dajjal diyakini mempunyai satu mata, Dajjal akan muncul di akhir zaman dan mengaku memiliki sifat rububiyah. Dajjal akan Keluar dari arah Timur Khurasan, Kemudian ia berjalan di muka bumi, maka ia tidak meninggalkan satu negeripun sebelum dia memasukinya. 

Namun ada juga Negeri yang tidak bisa dimasuki Dajjal yaitu Masjidil Aqsha, Tursina, Makkah dan Madinah, Dajjal tidak bisa memasuki negri ini karena malaikat akan menjaga negri tersebut. Ketika Dajjal Turun di sebuah danau asin, maka kota Madinah akan bergetar tiga kali dan akan keluar setiap orang kafir dan munafik yang akan mengikuti Dajjal. Saat ini Dajjal dirantai kakinya dan diasingkan oleh Allah SWT di suatu tempat di bumi ini yang tak seorangpun tau hingga hari kiamat tiba.

C. Turunya Nabi Isa AS.


Setelah Dajjal keluar dan berbuat kerusakan di muka bumi, Allah Subhanahu wa Ta’ala mengutus Isa bin Maryam ‘Alaihi Salam (Nabi Isa AS). Beliau turun ke bumi di sisi menara putih sebelah Timur Damaskus, meletakkan kedua telapak tangannya di atas sayap dua malaikat, lalu ia membunuh Dajjal.

D. Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj.


Ya’juj dan Ma’juj adalah dua umat yang besar dari keturunan Adam ‘Alaihi Salam. Mereka adalah laki-laki yang kuat bermata sipit hidung pesek, tidak ada seorang pun yang mampu melawan mereka. Keluarnya mereka termasuk salah satu tanda hari kiamat yang besar. Mereka berbuat kerusakan di muka bumi, kemudian Isa ‘Alaihis Salam dan para sahabatnya berdoa untuk kebinasaan mereka, maka mereka semuanya mati. Saat ini ya'juj dan ma'juj dikurung oleh Allah SWT dalam dinding besi disuatu tempat di bumi ini mereka menunggu dinding itu dihancurkan dan keluar. 


E. Tiupan Sangkakala.


Allah akan memerintahkan malaikat Israfil untuk meniup ‘Shur’ (terompet sangkakala) sebanyak tiga kali tiupan bila waktu kehancuran dunia dan alam semesta (kiamat) telah tiba.

F. Kemunculan Kabut Asap Yang Menutupi Pandangan.


Munculnya kabut di akhir zaman termasuk tanda-tanda hari kiamat yang besar. Sebagai mana yang di terangkan Alquran. Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata. Yang meliputi manusia.Inilah azab yang pedih, (QS. Ad-Dukhaan:10-11)

G. Keluarnya Binatang Melata.


Keluarnya binatang melata di akhir zaman sebagai tanda sudah dekatnya hari kiamat. Ia keluar, lalu memberi tanda kepada manusia di atas hidung mereka. Mengekang hidung orang kafir dan menerangi wajah orang yang beriman. 

H. Keluarnya Api Yang Menggiring Manusia.


Keluarnya api besar dari Timur, dari Yaman, dari dasar Adan. Api tersebut adalah akhir tanda-tanda hari kiamat yang besar dan tanda pertama yang mengabarkan terjadinya hari kiamat. Ia keluar dari Yaman, kemudian tersebar di bumi dan menggiring manusia ke bumi mahsyar di Syam. Diantara tanda lainya terjadi tiga longsor besar, longsor di Timur, longsor di Barat, dan longsor di semenanjung Arab.

2. Tanda Kiamat Dalam Agama Katolik.


Tidak hanya dalam agama islam saja yang memiliki konsep tentang tanda-tanda hari kiamat. Didalam agama katolik juga terdapat konsep tanda-tanda dari hari kiamat. Tetapi sebagian dari penulisan alkitab menganggap bahwa, meyakini tanda-tanda dari kiamat tersebut hanyalah hal sia-sia, karena bagi mereka terjadinya kiamat menjadi rahasia dan entahkapan datangnya. 

Namun sebagian penulisan alkitab lainya meyakini bahwa yesus meramalkan Tanda-tanda yang akan menggambarkan bahwa akhir zaman sudah dekat. Diantara tanda-tanda tersebut berupa terjadinya gempa bumi dan bencana alam lainya. Tanda lainya adalah semakin banyaknya masalah dalam masyarakat dan terjadinya perperangan dimana-mana. Tetapi kapan persisnya semua itu akan terjadi ia akan datang "seperti pencuri dimalam hari".

3. Tanda Kiamat Menurut Agama Budha.


Didalam ajaran agama buda juga terdapat konsep tanda-tanda hari kiamat untuk para pengikutnya. Menurut Sutta Pitaka kiamat yang akan terjadi di dunia ini, ditandai oleh sepuluh perilaku moral yang akan lenyap. Setelah itu akan digantikan oleh sepuluh konsep yang tidak bermoral dan bangsa-bangsa akan mengikuti 10 konsep tidak bermoral ini. 

10 konsep tidak bermoral itu diantaranya :


  1. Mencuri. 
  2. Kekerasan.
  3. Membunuh. 
  4. Berbohong. 
  5. Melakukan hal-hal yang jahat. 
  6. Perzinaan. 
  7. Penggunaan kata-kata kotor. 
  8. Kecemburuan. 
  9. Kehendak yang buruk keserakahan. 
  10. Dan nafsu yang menyimpang sehingga mengakibatkan timbulnya kemiskinan yang luar biasa. Lalu mengakhiri hukum-hukum dunia dari darma sejati. 

Jika ini diuraikan maka akan menjadi lima kemerosotan dalam kehidupan.


  1. Kemerosotan dalam pandang hidup manusia, jika bumi ini dipenuhi oleh pandangan negatif maka kiamat akan segera datang. 
  2. Kemerosotan yang kedua ada pada hawa nafsu, jika bumi ini dipenuhi hawa nafsu, harta, tahta, nafsu birahi maka kiamat akan segera datang. 
  3. Kemerosotan kondisi manusia mulai dari kondisi fisik dan mental. 
  4. Kemerosotan jangka umur manusia seperti banyak orang yang mati muda. 
  5. Kemerosotan dunia akibat bencana alam dan kerusakan permanent pada bumi. Ini juga merupakan tanda kiamat bagi penganut agama budha. 


4. Tanda Kiamat Bagi Agama Yahudi.


Didalam agama yahudi juga memiliki konsep akan tanda-tanda dari hari kiamat. Menurut keyakinan mereka kiamat akan muncul jika terdapat dua tanda-tanda. 

Tanda pertama disebut Mesianisme, didalam kepercayaan yahudi pada suatu saat nanti mesias akan datang dan menjadi raja bagi orang israel. Dia akan memisahkan orang-orang yahudi yang ada di israel menurut wilayah dan bagian-bagian sukunya yang asli di negri israel. 

Pada masa ini GOG raja dari MAGOG akan menyerang israel, magog dan israel akan berperang dalam perperangan dahsyat yang mengakibatkan banyak jatuh korban dari kedua belah pihak. Pertempuran ini disebut sebagai ARMAGEDON

Tanda kedua adalah konsep Olam Ha-Ba dalam konsep olam ha-ba ini, dunia lama akan mengalami kehancuran oleh banyak sebab. Setelah itu dunia baru akan muncul dan membangkitkan semua manusia yang telah mati. 

5. Tanda Kiamat Bagi Agama Hindu.


Didalam Agama hindu juga memiliki konsep tentang hari kiamat yang di yakini oleh para penganutnya. Namun agama hinduisme juga meyakini jika hari kiamat bukanlah akhir dari kehidupan. Hal ini berhubungan dengan  konsep keyakinan mereka tentang sirklus kehidupan dari penciptaan hingga akhir zaman. 


Setelah akhir zaman maka kehidupan baru akan dimulai lagi dari awal. Sirklus kehidupan dari hindu ini disebut dengan KALPAS. Satu sirklus dari kalpas berjalan hingga 4,1 hingga 8,2 miliar tahun. 

Sebelum akhir zaman tiba pemeluk agama hindu percaya akan kedatangan KALKI, kalki merupakan avatar terakhir dewa Wisnu. Kalki ini diyakini umat hindu pada akhir zaman nanti akan datang mengendarai kuda putih. 

Itulah tanda-tanda hari kiamat dari lima agama yang banyak penganutnya didunia. Tanda-tanda tersebut merupakan konsep dari kepercayaan masing-masing agama yang diajarkan untuk para pengikutnya. 

Kesimpulanya hanya orang beragama-lah yang meyakini bahwa hari kiamat itu pasti akan datang. 

Tetapi kapan saatnya tidak ada satu orangpun yang tahu, hanya tanda-tandanyalah yang bisa dipelajari supaya kita lebih mendekatkan diri kepada Sangpencipta Allah SWT.

Kebijaksanaan tidak tumbuh dengan serta merta.

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon