Thursday, September 27, 2018

Jenis-Jenis Ikan Hias Yang Dianggap Membawa Keberuntungan

Jenis-Jenis Ikan Hias Yang Dianggap Membawa Keberuntungan

Tags

Memelihara ikan hias bisa membawa hoki
Ikan Koi

Memelihara hewan peliharaan merupakan bagian dari hobby banyak orang. Bermacam-macam hewan yang bisa dipelihara sebagai binatang peliharaan di rumah. Tujuan dari memelihara hewan ini tak lain karna hobby dan membawa kesenangan tersendiri bagi pemiliknya.


Taukah sobat rancax ada beberapa jenis hewan peliharaan yang dinilai tak hanya membuat pemiliknya senang tapi juga bisa membawa keberuntungan bagi sipemiliknya. 

Salah satu jenis hewan tersebut adalah ikan, ikan yang di maksud bukan semua jenis spesies ikan ya, sobat rancax. Tapi ada beberapa jenis ikan yang tergolong kedalam jenis ikan hias yang dianggap bisa membawa keberuntungan atau hoki.

Ini fakta umum yang sudah dikenal di masyarakat, bahwa memelihara jenis ikan tertentu di akuarium bisa membawa keberuntungan dan kemakmuran bagi sipemilik rumah. Fakta tersebut diungkap berdasarkan Feng Shui dan India Vastu, bahwa ikan akuarium adalah pertanda baik untuk rumah.

Ikan yang habitatnya hidup di air, secara feng shui segala jenis sumber air dianggap baik untuk menyerap energi buruk di dalam rumah kita. Selain itu, ikan akuarium juga baik untuk meningkatkan konsentrasi kita. Tak hanya itu memelihara ikan di rumah dengan aquarium pun tidak terlalu ribet.


Ikan adalah hewan peliharaan yang tidak mengganggu gaya hidup kita. Kita tidak perlu mengambil terlalu banyak melakukan perawatan. Kita hanya perlu memberi mereka makan dan membersihkan tangki setiap dua minggu sekali. Itulah sebabnya, ikan akuarium menjadi simbol keberuntungan.

Berikut Lima Jenis Ikan Yang Dianggap Membawa Keberuntungan Di Rumah.


1. Ikan Mas Koki


Ikan mas koki merupakan jenis ikan hias air tawar yang banyak di pelihara di rumah. Hal ini di sebabkan karena ikan mas koki memiliki harga yang relatif murah serta warna yang cantik. Ciri khas dari ikan mas koki adalah mata besar, kepala ada tonjolan untuk beberapa jenis serta perut buncit. 

Secara Feng Shui memelihara ikan koki di rumah dapat membawa hoki bagi pemilik rumah, karena ikan jenis ini dianggap bisa membawa energi positif. Bahkan ada informasi yang mengatakan jika 8 ekor mas koki dipelihara dalam satu tempat dan diantaranya ada yang warna hitam, dipercaya dapat membuang sial. 

Selain itu jika memelihara 2 ekor ikan mas koki dipercaya memberi efek keseimbangan dalam hubungan bersama pasangan. Ikan mas koki yang banyak diminati yaitu ikan koki dengan warna merah di jambulnya (Golden Fish).

2. Ikan Dewa


Ikan dewa atau Ikan kancra bodas, memiliki badan yang besar, serta panjang sekitar 60 centimeter, memiliki sisik besar, dan kepalanya mirip dengan ikan mas. Namun, postur panjang ikan ini mirip ikan arwana.

Ikan dewa berasal dari daerah jawa barat. Ikan ini disebut-sebut dalam mitos pemerintahan Prabu Siliwangi. Ikan ini menurut legenda merupakan jelmaan dari prajurit yang membangkang dimasa itu sehingga di kutuk menjadi ikan.

Ikan Dewa dipercayai oleh kelompok masyarakat tertentu sebagai anti guna-guna. Siapa saja yang memelihara ikan ini di rumah akan terhindar dari kesialan dan jika ada yang mengirim guna-guna ikan ini berfungsi sebagai perisai. Ikan Dewa akan mati sehingga pemiliknya aman dan selamat.

Ikan dewa ini adalah salah satu ikan di perairan air tawar Indonesia yang memiliki rasa yang enak. Jadi ikan ini sering di konsumsi oleh masyarakat tidak seperti ikan hias lainya.

3. Ikan Koi 


Ikan koi merupakan jenis ikan hias air tawar yang identik dengan jepang. Bentuknya persis ikan mas, tapi memiliki pola warna yang indah. Nama Koi berasal dari bahasa Jepang yang berarti ikan karper. Lebih spesifik lagi merujuk pada nishikigoi, yang kurang lebih bermakna ikan karper yang bersulam emas atau perak. 

Dalam buku berjudul Koi karya penulis Jepang yang bernama Takeo Kuroki. Ia menyebutkan bahwa sesungguhnya ikan koi berasal dari Persia yang kemudian dibawa ke Jepang oleh orang-orang Cina lewat daratan Cina dan Korea.

Ikan koi termasuk jenis ikan yang mudah di pelihara. untuk pakannya juga mudah. Ikan koi ada beberapa jenis mulai dari jenis Tancho, Asagi, Taiso, Shiro Utsuri, Benigoi, Kohaku. Harganya berfariasi ada juga yang mencapai ratusan juta rupiah untuk jenis tertentu. Di Jepang, koi yang menjadi primadona adalah dari varietas Kohaku bahkan pepatah jepang mengatakan: "Jika ingin memelihara koi, mulailah dari kohaku dan akhiri juga dengan kohaku"

Di Jepang, koi menjadi semacam simbol cinta dan persahabatan. Serta menjadi simbol harapan akan kesehatan dan kemakmuran. Menurut Fengshui ikan koi dipercaya membawa kedamaian bagi si pemilik, selain itu dengan memelihara koi dipercaya bahwa si pemilik akan memiliki putra putri yang cerdas dan berhasil di masa depannya.

4. Ikan Lou Han


Ikan Lou Han merupakan salah satu ikan hias air tawar yang terkenal dan dipelihara di dalam akuarium. Ikan ini memiliki warna sisik yang hidup serta benjolan kepala yang berbentuk khas berjuluk "benjol kelam". 

Ikan lou han merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari Malaysia dan Taiwan. Ikan ini memiliki berbagai jenis dan warna sisik yang unik. Ikan lou han termasuk kedalam jenis ikan hias yang relatif mahal, harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Dalam feng shui ikan lou han dipercaya bisa memberikan energi baik pada lingkungan sekitarnya. Ikan ini juga dipercaya bisa mendatangkan cinta dan keberuntungan bagi pemiliknya.

Berdasarkan feng shui, ikan Lou Han akan memberikan kekayaan jika diletakkan di sebelah Tenggara. Sementara meletakkan Lou Han di Timur dipercaya bisa meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan keluarga.

5. Ikan Arwana


Ikan arwana atau ikan siluk merah merupakan salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang serta sirip dubur terletak jauh di belakang badan. Arwana Asia umumnya memiliki warna keperak-perakan.


Ikan arwana merupakan ikan yang sangat populer dikalangan pecinta ikan hias. Sakin populernya bahkan ikan ini menjadi ikan koleksi yang memiliki harga fantastis terutama yang berwarna merah. Ikan arwana sebetulnya termasuk kedalam satwa langka dan pemeliharaanya tergolong sulit. Tapi karena harganya yang begitu mahal saat ini orang sudah mulai mencoba untuk membudidayakan ikan arwana tersebut. 

Seperti yang sudah kita bahas di atas tidak hanya sisiknya yang indah tetapi ikan arwana juga disebut-sebut sebagai  salah satu ikan pembawa hoki. Menurut feng shui ikan ini dipercaya bisa mendatangkan cinta dan keberuntungan bagi pemiliknya.

Itulah lima jenis ikan yang sering dipelihara dan mempunyai mitos membawa keberuntungan serta hoki bagi sang pemilik. Kamu boleh percaya atau tidak tetapi begitulah faktanya seputar mitos yang berkembang di tengah masyarakat luas. 

Sebaiknya jika ingin memelihara ikan hias jangan terpaku terhadap mitos yang berkembang, tetapi peliharalah ikan hias yang menarik serta indah di pandang mata dalam aquarium di rumah kamu. Apakah kamu tertarik untuk memeliharanya ?.

Kebijaksanaan tidak tumbuh dengan serta merta.

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon