Friday, August 17, 2018

Mengenali Tentang Gangguan Kepribadian Ganda

Mengenali Tentang Gangguan Kepribadian Ganda

Tags

Ciri ciri kepribadian ganda
Kepribadian Ganda

Jika kita membahas tentang kepribadian orang lain pasti akan berbeda-beda tiap orang. Contoh sederhananya saja teman terdekat kita tentu berbeda dengan teman kita yang lainya. Kepribadian begitu istilah kerenya, menurut ilmu psikologi kepribadian adalah keseluruhan cara seorang individu bereaksi dan berinteraksi dengan individu lain.

Tapi perlu kita ketahui jika ada loh orang yang memiliki Kepribadian ganda. Terdengar menyeramkan bukan ? menurut ilmu kesehatan psikologi kepribadian ganda merupakan Suatu gangguan yang ditandai dengan adanya dua atau lebih status kepribadian yang berbeda.

Kepribadian ganda dulu biasa disebut sebagai Multiple Personality Disorder, sekarang mendapat sebutan atau istilah baru yaitu Dissociative Identity Disorder atau DID.

Secara sekilas kepribadian ganda memang mirip dengan istilah Sifat bermuka dua. Tetapi secara harfiah merupakan dua hal yang berbeda. Kepribadian ganda masuk kedalam kategori gangguan kejiwaan, sementara istilah bermuka dua merupakan suatu istilah yang menganalogikan sifat seseorang atau bisa juga kebiasaan buruk seseorang yang di sengaja dalam berinteraksi.


Contoh sederhana dari seseorang yang memiliki kepribadian ganda misalnya ada teman kamu suatu saat ia setuju dengan kamu atau bersepakat tentang suatu hal. Namun, di saat lain ia bersikap seakan-akan hal tersebut belum pernah dibicarakan. Dan kejadian ini tidak hanya terjadi sekali atau dua kali, namun sangat sering. Nah kejadian semacam ini bisa di bilang  teman kamu memiliki indikasi kepribadian ganda. 

Kepribadian ganda termasuk sebuah kondisi yang langka dimana seorang penderitanya biasanya merupakan korban kekerasan di masa lalunya. Penderita biasanya menyatakan mengalami kehilangan memori ketika kepribadian lainnya mengambil alih.

Menurut sebagian orang, kasus kepribadian ganda dapat ditelusuri sampai ke masa Paleolitik melalui lukisan di dinding gua tentang sesosok shaman atau dukun purba. Sebagian orang lagi menganggap kejadian kesurupan sebagai salah satu bentuk dari kasus kepribadian ganda. 

Orang pertama yang didiagnosa mengalami gangguan psikologi kepribadian ganda adalah Louis Auguste Vivet pada tahun 1882. Melalui serangkaian kejadian, ditemukan bahwa ia memiliki 10 kepribadian yang berbeda, masing-masing memiliki karakter, ingatan, dan gejala somatik yang berbeda pula.

Adapun cara mengetahui seseorang ber kepribadian ganda bisa kita perhatikan melalui ciri-ciri sebagai berikut.

Ciri-ciri Kepribadian Ganda

  1. Orang yang mengidap kepribadian ganda umumnya memiliki dua atau lebih kepribadian yang berbeda. Setiap kepribadian juga memiliki pola pikir, cara berbicara, karakter, jenis kelamin, usia dan bahkan ras. Semua kepribadian berbeda ini bisa terdapat di dalam satu individu.
  2. Perilaku orang tersebut berulang kali diambil alih oleh kepribadiannya yang lain.
  3. Gangguan yang terjadi pada seseorang bukan disebabkan karena faktor luar seperti alkohol, obat-obatan atau juga kondisi yang berkaitan dengan medis seperti demam. 
  4. Sering mengalami ingatan yang hilang, yaitu ada beberapa jeda waktu dalam kehidupannya yang tidak bisa diingat oleh si penderita atau ketidak mampuan mengingat beberapa informasi penting mengenai dirinya. Hal ini berbeda dengan lupa yang biasa terjadi.
  5. Ada tindakan yang tidak disadari, yang biasanya dikeluhkan orang lain tetapi tidak diingat.
  6. Gangguan kepribadian meliputi gangguan sensorik, perubahan perilaku, kesadaran, ingatan, persepsi, kognisi dan fungsi motorik. 
  7. Sering mendengar suara-suara di dalam kepalanya, inilah sebabnya gangguan kepribadian ganda sering disamakan dengan skizophrenia. Padahal, keduanya sangat berbeda. Skizophrenia adalah gangguan dimana penderitanya sering berhalusinasi, yaitu melihat dan mendengar sesuatu hal yang tidak ada. Penderita skizophrenia tidak mengalami kepribadian ganda. 
  8. Sering mengalami rasa panik, cemas yang berlebih dan mengalami insomnia, juga mudah marah, sedih dan merasa depresi.
  9. Terkadang merasa terpisah dengan tubuhnya sendiri, mengalami dorongan emosi atau impuls yang tidak bisa dikendalikan atau merasa kehilangan kendali terhadap dirinya.

Dari penjelasan diatas ternyata menurut hasil riset Perempuan dianggap lebih berisiko mengalami gangguan kepribadian ganda. Terbukti dari hasil penelitian yang menyatakan bahwa jumlah pasien penyakit ini, antara laki-laki dan perempuan adalah 1:9. Penelitian mengenai hal ini masih berlanju.


Menurut beberapa ahli psikologi kepribadian ganda termasuk kedalam kategori gangguan kejiwaan. Tapi sadarkah kamu jika setiap Manusia dilahirkan tanpa dosa bahkan tanpa pakaian sekalipun alias bugil. Tak pernah diberi tahu akan menjadi apa dan siapa . Namun satu hal yang pasti sebuah tanggung jawab bahkan lebih dari itu, telah dibebankan 'diamanahkan' kepada manusia itu. 

Perlahan namun pasti manusia mulai beranjak dewasa baik dewasa secara fisik maupun mental. Di saat-saat inilah terjadi suatu proses yang dinamakan sebagian orang dengan "pencarian jati diri" dan di saat ini pulalah kepribadian seorang manusia akan ditentukan. 

Kadang-kadang kepribadian ganda malah timbul secara tidak sengaja dan kadang juga di sengaja. Apakah ini membuktikan bahwa kepribadian ganda adalah termasuk gangguan jiwa yang terbentuk akibat manusia itu sendiri ?

Kebijaksanaan tidak tumbuh dengan serta merta.

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon