Wednesday, May 09, 2018

Waspadai Bahaya Sering Kencing Tengah Malam

Waspadai Bahaya Sering Kencing Tengah Malam

Tags

Mengatasi Bahaya Sering Kencing Tengah Malam
Urin

Sobat rancax pasti pernah mengalami tengah malam sedang lelap tidur, tiba-tiba terbangun karena kebelet pipis. Hampir semua orang pasti pernah mengalami hal ini. Kejadian seperti ini merupakan hal yang biasa atau terlihat wajar. Tetapi taukah sobat rancax jika sering mengalami terbangun tengah malam karena kebelet pipis ternyata bisa berbahaya loh. 

Hal seperti ini jika dialami terlalu sering bahkan mengganggu waktu istirahat sobat hati-hati ini adalah pertanda jika tubuh sobat sedang tidak sehat. Segeralah berkonsultasi kedokter demi mengantisipasi  supaya keadaan tidak semakin memburuk. Jangan mengganggap remeh hal-hal yang terlihat sepele karena kalau sudah pada tahap kronis akan sulit untuk di obati. 

Masalah kencing tengah malam secara ilmiah disebut sebagai "Nokturia". 

Kondisi kesehatan ini bisa sangat mengganggu jika di alami terlalu sering.  Efeknya tidak hanya mengganggu kualitas dan kuantitas tidur kita saja. Tetapi juga dapat menimbulkan dampak kesehatan secara keseluruhan.


Gejala yang ditimbulkan oleh Nokturia adalah produksi urin yang berlebihan, frekuensi buang air kecil yang sering, dan merasa ingin buang air kecil, namun urin yang dikeluarkan sedikit. Faktor penyeban terlalu sering kencing tengah malam salah satunya tubuh kita kehilangan Hormon Antidiuretik. Atau hormon vasopressin, hormon yang aktif saat kita tidur dan memperlambat produksi urine.

Kondisi ini biasanya meningkat karena seiring bertambahnya usia seseorang. Hormon antidiuretik berfungsi untuk membantu fungsi ginjal mengontrol kadar cairan dalam tubuh. Jika hormon antidiuretik berkurang dalam tubuh maka bisa mempengaruhi frekuensi untuk buang air kecil. Disamping itu masalah prostat juga bisa menjadi penyebab seseorang sering bangun dan kencing tengah malam. 

Berikut penyebab utama seseorang sering buang air kecil tengah malam


  1. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan kafein
  2. Diabetes
  3. Bertambahnya usia
  4. Efek samping dari mengkonsumsi obat-obatan
  5. Gagal jantung kongestif atau lemah jantung
  6. Permasalahan pada saraf tubuh
  7. Obesitas
  8. Pengaruh kehamilan
  9. Terjadinya Infeksi saluran kencing yang kronis
  10. Sleep apnea 
  11. Batu ginjal

Untuk mengatasi masalah sering bangun tengah malam karena kebelet kencing, kamu bisa mulai dari mengurangi minum sebelum tidur. Selain itu, sebaiknya kamu juga jangan mengkonsumsi alkohol dan kafein sebelum tidur. Makan makanan seperti coklat, makanan pedas, dan pemanis buatan terkadang juga mengandung diuretik.


Cara lainya yang bisa di lakukan untuk mengantisipasi hal ini adalah dengan rajin olah raga. Senam kegel juga bisa menguatkan otot panggul dan membantu mengontrol kandung kemih. Sebaiknya kamu mengetahui dulu akar permasalahan yang sedang kamu hadapi. Sehingga bisa menjaga apa yang harus diminum dan kapan bisa meminumnya.

Terakhir jika kejadian seperti ini tidak kunjung hilang maka segeralah konsultasikan ke dokter. Demikian sobat rancax pengaruh jika terlalu sering bangun tengah malam untuk buang air kecil. Waspadai bahaya kencing tengah malam sejak dini. Jangan pernah mengabaikan hal sepele karena bisa membahayakan diri kita sendiri.

Kebijaksanaan tidak tumbuh dengan serta merta.

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon