Wednesday, May 16, 2018

Tips Tetap Terlihat Cantik Fres Dan Segar Selama Puasa

Tips Tetap Terlihat Cantik Fres Dan Segar Selama Puasa

Tags

Tips Tetap Terlihat Cantik Fres Dan Segar Selama Puasa
Cantik

rancax.com - Banyak penelitian mengungkap ibadah puasa selain bernilai ibadah, juga memberikan dampak positif bagi kesehatan. Seseorang yang sedang menjalankan puasa akan mengatur pola makan dan minumnya sesuai dengan syarat wajib puasa. Tidak hanya itu kesehatan pikiranpun di jaga dan di kontrol selama berpuasa.

Secara psikologis puasa menimbulkan suasana batin tenang, teduh, dan tidak dipenuhi rasa amarah sehingga menurunkan adrenalin.  Puasa juga merupakan aktivitas fisik dan biologis untuk mengatur dan memperbaiki metabolisme tubuh. Puasa mengajarkan dan melatih tubuh berdisiplin untuk makan dan minum secara tidak berlebihan serta mengatur kuantitas dan kualitas makanan yang dikonsumsi.

Baca juga Hukum menjalankan puasa bagi ibu hamil dan menyusui

Menurut penelitian berpuasa dapat menyehatkan tubuh karena makanan berkaitan erat dengan Proses metabolisme tubuh. Jika metabolisme tubuh lancar maka fungsi kerja organ tubuh akan lancar. Begitu juga sebaliknya jika metabolisme tidak lancar maka tubuh akan mudah terserang berbagai penyakit.

Jika kita melihat dari sisi penampilan saat berpuasa memang orang cendrung terlihat lemas, bibir dan kulit terasa kering. Karena siang harinya selama berpuasa tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman. Disamping itu jam tidur yang mengalami perubahan saat berpuasa juga akan mempengaruhi kondisi kulit kita.

Nah bagi sobat rancax yang mengutamakan penampilan ada baiknya mencoba tips berikut ini selama berpuasa supaya penampilan tetap terlihat fres. Jangan terlalu khawatir dengan hal ini, sobat masih bisa tetap cantik saat puasa dengan mengikuti Tips menjaga kulit tetap cantik saat puasa.

Sebetulnya kulit memiliki siklus regenerasi setiap 27 hari dan menyebabkan penumpukan sel kulit mati yang perlu dibersihkan secara teratur dan dijaga kesehatannya. Jika tidak dibersihkan, sel kulit mati yang bercampur dengan keringat, debu, polusi, paparan AC, paparan sinar matahari, dan kotoran dapat memperburuk kondisi kulit Anda. Hasilnya kulit dapat terlihat kusam dan tidak sehat.

Berikut tips yang membuat kulit kita tetap cantik saat puasa.


1. Menjaga asupan cairan untuk kulit


Selama lebih dari 12 jam, kita tidak akan mendapatkan asupan cairan karena berpuasa. Hal ini tidak hanya membuat tubuh kita kekurangan cairan, tapi juga membuat kulit kita jadi tidak terhidrasi dengan baik. Usahakan dari waktu berbuka puasa hingga sahur, cukupi kebutuhan cairan kamu. Sobat bisa menggunakan rumus 2-4-2, dua gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam, dan dua gelas saat sahur.

Baca juga Tips sehat memilih makanan saat puasa

Menurut penelitian International Journal of Cosmetic Science, minum 2,25 liter air atau setara dengan 9,5 gelas setiap harinya akan meningkatkan ketebalan dan kepadatan kulit. Ingatlah bahwa menjaga asupan cairan untuk kulit sama dengan menjaga kelembapan kulit dan membuat kulit kamu tetap cantik saat puasa.

2. Perbanyak makan buah saat berbuka puasa dan sahur


Jangan hanya sop buah atau gorengan-gorengan yang sobat masukkan ke dalam menu berbuka puasa atau sahur. Pastikan sobat juga memperbanyak mengonsumsi buah-buahan segar untuk memenuhi kebutuhan vitamin untuk kulit. Sebagai saran saya kurangi mengkonsumsi gorengan perbanyak menu sayuran dan buah saja.

Pilihlah buah-buahan yang banyak mengandung air, karena selain dapat memberikan nutrisi untuk kulit, buah yang mengandung banyak air juga akan memberikan cairan yang dibutuhkan tubuh. Sobat bisa memilih semangka, stroberi, atau tomat. Menjaga asupan buah saat puasa dapat membuat kulit tetap cantik saat puasa

3. Menjaga kebersihan kulit


Membersihkan wajah adalah bagian paling penting dalam perawatan kulit karena dapat menghilangkan kotoran dan bakteri serta menjaga kesehatan kulit. Perhatikan kandungan pembersih yang sobat pakai. Pembersih yang baik adalah yang tidak merusak lapisan kulit.

Gunakanlah pembersih wajah dengan bahan ringan, mengandung stearyl alcohol sehingga busa tidak berlebih, tidak berwarna, dan tidak berbau atau mengandung parfum. Hal ini dimaksudkan agar dapat menjaga kesehatan kulit dengan baik dan tidak menimbulkan iritasi.

4. Gunakan pelembab dan tabir surya


Bagi sobat yang memiliki kulit kering, gunakanlah pelembap kulit yang mengandung dimethicone, sodium PCA, shea butter, panthenol, dan cyclopentasiloxane. Bahan-bahan ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk mengatasi masalah kulit kering, anti radang, pelindung kulit terhadap sinar matahari, dan tidak mengiritasi kulit.

Sementara, untuk sobat yang memiliki  kulit normal, sobat dapat menggunakan pelembap dengan kandungan cylomethicone. Dan bagi sobat yang memiliki kulit berminyak, bisa menggunakan pelembap kulit dengan berbahan dasar air.

Untuk tabir surya, gunakanlah krim pelindung yang bertuliskan broad-spectrum. Tabir surya seperti ini biasanya memberikan pelindungan kulit terhadap sinar UVA dan UVB. Ingatlah untuk menggunakan tabir surya setidaknya dengan SPF 15.

5. Istirahat yang cukup


Waktu istirahat kita akan berkurang saat bulan puasa, karena kita harus terbangun untuk sahur dan tidak semua dari kita bisa beristirahat lagi. Usahakan, jangan tidur terlalu larut malam. Tidak cukup tidur akan membuat kulit sobat tampak lelah dan lebih tua terutama di sekitar mata, atau yang lebih di kenal dengan mata panda.

Baca juga Cara menjaga tubuh tetap awet muda

Pastikan sobat tetap berolahraga secara rutin untuk mengurangi stres dan menjadikan metabolisme tubuh tetap stabil. Metabolisme yang lancar akan membuat tidur kita lebih berkualitas. Tidur yang cukup akan menjaga kulit kita tetap sehat dan bersinar. Istirahat cukup sangat membantu kulit tetap cantik saat puasa.

Itulah lima tips tetap tampil cantik selama berpuasa. Merawat penampilan sebetulnya tergantung dari pola hidup kita. Kepedulian terhadap kondisi kesehatan dan kebugaran juga menjadi salah satu penyebab penampilan tetap fres dan segar. Pada hakikatnya berpuasa bermanfaat menjaga metabolisme tubuh, meningkatkan daya ingat, mengurangi kematian sel-sel saraf, bahkan hal ini sudah di buktikan melalui hasil riset dalam berbagai jurnal kesehatan.

Kebijaksanaan tidak tumbuh dengan serta merta.

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon