Sunday, May 13, 2018

Tips Sehat Memilih Makanan Saat Berpuasa

Tips Sehat Memilih Makanan Saat Berpuasa

Tags

Tips Memilih Makanan Saat Berpuasa
Food

rancax.com - Bulan ramadhan banyak sekali penjual makanan dan minuman dadakan. Beraneka ragam jenis makanan bahkan ada sebagian yang tidak kita temukan pada bulan-bulan lainya. Orang yang sedang berpuasa seringkali sulit mengendalikan diri dalam memilih makanan untuk dimakan saat berbuka. Biasanya apa aja di beli sebagai persiapan buka puasa.



Godaan dari beraneka ragam makanan ini bisa berujung pada salah makan. Sehingga hal ini bisa menjadi salah satu Penyebab menurunya kondisi tubuh saat berpuasa. Nah bagi sobat yang selalu mengalami kondisi ini sepertinya tips ini bisa di coba. Supaya kita tidak salah mengkonsumsi makanan saat berpuasa. Berikut tips menarik yang bisa di terapkan saat berpuasa.

Tips Lancar Jalani Puasa Harus Bijak Memilih Makanan


1. Saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi. Karena, dua asupan tersebut membuat metabolisme tubuh berjalan cepat. Sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tak dehidrasi. Perbanyaklah mengkonsumsi air putih saat santap sahur. Minum cukup air putih akan mempertahankan keseimbangan cairan tubuh, yang membantu transportasi nutrisi dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, mencerna makanan, sehingga ibadah puasa kita juga akan lancar.

2. Ketika santap sahur sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi. Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah. Tujuanya supaya energi pada tubuh kita bisa tercukupi sehingga kita tidak cepat lapar di siang hari saat berpuasa. Mengkonsumsi sayur-sayuran saat santap sahur juga sangat di anjurkan.

3. Ketika berbuka puasa dianjurkan juga untuk mengonsumsi kurma karena buah kurma mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dengan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan akan dipenuhi. Jika tidak ada kurma sobat bisa mengkonsumsi makanan manis lainya seperti minum teh hangat, jus saat berbuka dan sebagainya.

4. Mengonsumsi buah-buahan saat berbuka puasa juga sangat baik untuk tubuh. Misalnya mengkonsumsi pisang saat berbuka puasa, karena pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat. Saat berbuka di anjurkan untuk tidak langsung memakan makanan berat. Mulailah dengan segelas teh hangat makan buah-buahan, bubur atau tajil dan sebagainya. Tujuanya supaya kondisi lambung kita tetap terjaga.

5. Batasi makanan yang digoreng saat berbuka, karena gorengan dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Apalagi seseorang yang sudah di usia lanjut akan cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak, seperti penyakit jantung, jantung koroner dan hipertensi. Disamping itu makanan yang di goreng berpeluang besar menyebabkan panas dalam.

6. Konsumsilah air atau jus buah antara waktu berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh untuk Anda supaya lancar beraktivitas esok harinya. Hindari terlalu banyak minuma es, karena memudahkan Anda kenyang. Dimana asupan makanan dan gizi yang lengkap akan menurun karena tak bisa masuk ke dalam tubuh karena perut sudah kenyang duluan.

Semoga enam Tips mengkonsumsi makanan saat berpuasa di atas bisa menjadi referensi untuk sobat rancax. Orang yang salah makan atau salah minum bisa menyebabkan menurunya daya tahan tubuh sehingga mudah terserang sakit. Tentu jika kita sakit ibadah puasa kita akan ikut terganggu. Jadi perhatikan pola makan dan pola minum kita selama berpuasa. Jangan mudah tergoda dengan aneka makanan saat bulan ramadhan, yang berakibat terganggunya ibadah kita.

Baca juga Cara jitu mempersiapkan ramadhan terbaik

Sebetulnya hal terbesar yg membuat perencanaan itu gagal yaitu tidak adanya rencana untuk membuat rencana. 

Maka siapkan waktu untuk membuat perencanaan Ramadhan dan pastikan bahwa target yang kita buat sudah terukur. Jangan beranggapan Ramadhan adalah bulan makan-makan saja, tetapi Ramadhan adalah bulan untuk berlomba beribadah meminta ampunan Allah. Maka ubahlah semua kebiasaan buruk tersebut minimal untuk diri kita sendiri.

Kebijaksanaan tidak tumbuh dengan serta merta.

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon