Tuesday, May 15, 2018

Tips Ngabuburit Asyik Dan Bermanfaat Saat Puasa

Tips Ngabuburit Asyik Dan Bermanfaat Saat Puasa

Tags

Tips Ngabuburit Bermanfaat Saat Puasa
Ngabuburit

rancax.com - Menunggu waktu buka puasa memang bikin deg-degan, apalagi di meja makan sedang disiapkan menu untuk berbuka puasa. Melihat es batu di dalam gelas saja bikin tenggorokan naik turun sakin merasa hausnya. Biasanya hal-hal semacam ini sering di alami oleh para remaja. Rasa dahaga dan rasa lapar menjelang berbuka puasa memang banyak sekali godaanya.

Untuk mengantisipasi hal-hal semacam ini maka sibukanlah diri sobat jangan terlalu dipikirkan waktu berbuka tiba. Toh kalau sudah waktunya berbuka, azan akan berkumandang. Mengisi waktu luang disaat menjelang berbuka puasa bisa sobat lakukan dengan aktifitas ngabuburit, tentunya ngabuburitnya ini harus yang bermanfaat dan tidak membatalkan puasa kita ya sobat rancax.

Baca juga Keutamaan puasa dan bulan ramadhan

Bagi sobat yang belum tau Istilah Ngabuburit, Istilah kata "ngabuburit" ini merupakan istilah bahasa yang berasal dari bahasa Sunda, yaitu burit yang berarti waktu menjelang sore hari. Jadi “ngabuburit” yang biasa disebut-sebut pada Bulan Ramadhan ini adalah menunggu atau menghabiskan waktu hingga menjelang waktu berbuka puasa datang.

Kegiatan ngabuburit ini biasanya dilakukan oleh para remaja muda-mudi, saat ini kegiatan ngabuburit tidak cuma di lakukan oleh anak muda saja. Orang tua juga ikut ngabuburit loh sobat rancax, tapi ngabuburitnya orang tua teru tama ibu-ibu biasanya bertujuan jalan sambil membeli menu berbuka untuk keluarga, karena di rumah tidak memasak.

Untuk sobat rancax yang ingin mengisi waktu luangnya menjelang berbuka. Saya punya tips ngabuburit yang bermanfaat untuk sobat tentunya. Tips ini bisa sobat coba saat ngabuburit menjelang azan magrib. Jadi rasa lapar dan dahaga akan segera terlupakan sampai waktunya berbuka puasa.

Tips ngabuburit yang bermanfaat


1. Usahakan badan kita dalam kondisi fit sehat , jika nanti beraktifitas ngabuburit akan tetap semangat. Jadi jika sobat ingin pergi ngabuburit keluar rumah maka pastikan dulu kondisi badan fit. Jika sobat merasa lagi tidak enak badan maka cukup ngabuburitnya di rumah saja. Lakukan kegiatan ringan seperti membantu orang tua menyiapkan menu berbuka atau beres-beres rumah.

2. Jangan melakukan kegiatan ngabuburit yang menguras banyak tenaga karena akan melelahkan tubuh. Saat ngabuburit jangan melakukan kegiatan yang berat-berat, jika sobat ingin berolah raga saat ngabuburit cukup dengan olah raga ringan saja. Misalnya main catur, keliling komplek pakai sepeda atau lainya yang penting tidak menguras tenaga dan melelahkan.

3. Lakukan kegiatan ngabuburit ditempat-tempat yang membawa manfaat seperti pergi ke pengajian , mendengarkan ceramah. Ngabuburit yang seperti ini lebih saya anjurkan untuk sobat. Kegiatan ngaji mendengarkan ceramah sangat bermanfaat di samping menambah pengetahuan agama, kita juga bisa dapat doble pahala tentunya dari Allah SWT. Jadi usahakan jika ingin ngabuburit lakukanlah sesuatu yang bisa meningkatkan keimanan kita.

Baca juga Tips sehat memilih makanan saat puasa

4. Bagi yang suka membaca , sobat bisa pergi ke perpustakaan terdekat sambil ngabuburit mencari ilmu yang positif. Kegiatan seperti ini juga sangat bagus untuk mengisi waktu menjelang berbuka puasa. Sobat bisa baca buku-buku islami yang akan menambah wawasan kita. Atau bagi sobat yang masih pelajar tak ada salahnya sobat mengerjakan PR dari guru, membaca atau mengulang pelajaran sekolah untuk mengisi waktu menjelang azan magrib.

5. Sisipkan bekal uang jika melakukan kegiatan ngabuburit ke tempat agak jauh dari rumah. Hal ini bertujuan jika kemaghriban di perjalanan kita bisa membeli menu takjil kolak atau makanan untuk berbuka puasa. Jadi kalau sobat ingin tetap ngabuburitnya di luar rumah maka jangan lupa siapkan uang saku.  Jangan sampai ngak bawa uang takutnya karna ngabuburit kejauhan waktu berbukanya malah di perjalanan pulang jika tidak bawa uangkan jadi repot jugakan.

Remaja muda-mudi biasanya kegiatan ngabuburitnya adalah kumpul bersama teman-teman, maka harus waspada jangan sampai terbawa emosi. Sobat jangan terpancing suasana sehingga malah akan membatalkan puasa. Perlu kita ketahui namanya anak muda, biasanya kalau sudah bareng teman-teman suka lupa, jadi harus sobat ingat.

Hal yang akan membatalkan puasa sobat seperti. 


  1. Mengucapkan kata-kata dusta atau bohong.
  2. Menggunjing (membicarakan kejelekan orang lain), adu domba dan sebagainya.
  3. Memberi kesaksian tidak benar (palsu).
  4. Mengucapkan kata-kata kotor atau keji, sumpah serapah, ungkapan kotor akibat marah.
  5. Mengucapkan kata-kata yang tidak membwa manfaat.
  6. Ucapan lantang (teriakan), adu mulut dalam pertikaian.
  7. Berbuat hasud (dengki) yang dapat merugikan orang lain.
  8. Melihat perempuan lalu timbul nafsu.
  9. Mencium perempuan bukan muhrimnya.
  10. Melakukan pencurian dan sebagainya.


Semoga Tips Ngabuburit diatas bisa menjadi referensi saat menunggu azan magrib tiba. Untuk sobat rancax lakukanlah kegiatan yang bernilai manfaat dalam mengisi waktu luang menjelang berbuka puasa. Ramadhan bulan penuh berkah jadi harus di isi semaksimal mungkin untuk menambah ketaqwaan kita. Lakukanlah ngabuburit yang bernilai ibadah bulan ramadhan hanya sekali dalam satu tahun jadi jangan di sia-siakan.

Kebijaksanaan tidak tumbuh dengan serta merta.

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon