Wednesday, May 02, 2018

Dibalik Harga Racun Kalajengking Yang Fantastis

Dibalik Harga Racun Kalajengking Yang Fantastis

Tags

Harga Racun Kalajengking Yang Fantastis
Scorpion

Baru-baru ini kita di hebohkan oleh berita Bisa Kalajengking yang katanya bernilai fantastis. Pernyataan ini langsung di sampaikan oleh Presiden RI Jokowi. Menurut Jokowi, harga racun kalajengking lebih mahal dibanding harga emas. Satu liter bisa kalajengking harganya di bandrol mencapai Rp 145 miliar.

Pernyataan Jokowi tersebut disampaikan saat membuka Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2018 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. Pernyataan dari Jokowi ini mendapatkan tanggapan beragam dari kalangan netizen. 

Untuk mengetahui lebih jauh mari kita bahas lebih lanjut tentang bisa kalajengking ini. Menurut berbagai penelitian bisa atau racun kalajengking yang menyakitkan juga dapat digunakan untuk membantu perawatan kanker di masa depan. 

Bahan alami sintetis yang terdapat pada bisa kalajengking dapat di gunakan sebagai pembawa yodium yang bersifat radioaktif ke sel-sel tumor yang masih tertinggal setelah dilakukan pembedahan (operasi). 

Sejauh ini teknik ini telah di uji pada 18 pasien , dan percobaan medis masih terus di lakukan, hasilnya sementara menunjukan bahwa proses pengobatan ini dapat di terima tubuh dan cukup efektif.

Baca juga Jenis ikan yang dianggap membawa hoki

Dalam analisa penelitian menjukan sifat radio aktif akan hilang secara keseluruhan setelah 24 jam zat di suntikan. Radiasi yang terjadi hanya bekerja di sekitar luka setelah operasi saja. Sehingga tidak merusak sel-sel lain pada jaringan tubuh yang sehat.

Periset dari Pusat Penelitian Kanker Fred Hutchinson, University of Washington dan startup Blaze Biscience telah mengembangkan "cat tumor" yang menggunakan molekul fluorescent yang menempel pada racun alami seperti racun kalajengking. Fluorescent ini lah yang kemudian bisa menempel pada kanker, secara efektif menerangi sel kanker.

Peneliti inggris juga mengungkapkan bahwa racun kalajengking bisa menjadi kunci untuk mencegah kegagalan bypas jantung. Jika seseorang mengalami ganggguan pada jantung, maka perawatan yang di perlukan adalah melakukan operasi bypas. Operasi ini di lakukan untuk meningkatkan aliran darah ke jantung pada orang yang di ketahui memiliki penyakit jantung koroner berat beresiko terkena serangan jantung.

Menurut sejumlah penelitian ada lima manfaat dari bisa yang di hasilkan oleh kalajengking, diantaranya: 


  1. Obat Penghilang Rasa Sakit 
  2. Menerangi Sel Kangker
  3. Membantu Mencegah Penolakan Organ
  4. Mengobati Arthritis
  5. Mencegah Malaria

Walaupun potensi dari Bisa Kalajengking dapat di gunakan sebagai ramuan obat dan katanya bernilai fantastis. Tetapi persoalanya untuk mendapatkan bisa tersebut sangatlah sulit dan membahayakan. Dilansir Science News for Students, Bora Inceoglu, ahli racun yang pernah mempelajari racun tersebut menemukan bahwa setiap kali seekor kalajengking menyemprotkan racunnya, bisanya hanya keluar antara 0,5 miligram racun saja.

1 liter (cair) = 0,51 kg
0,51 kg = 510.000 mg

Maka untuk menghasilkan 1 liter racun kalajengking dibutuhkan = 2 x 510.000 mg = 1.020.000 ekor kalajengking untuk bisa mendapatkan 1 liter racun kalajengking yang berharga hampir Rp 145 miliar itu. 

Jika dilihat dari resiko yang di dapat saat memburu kalajengking harga Rp 145 miliar tidaklah sebanding dengan ancaman terhadap keselamatan diri. Orang yang tersengat kalajengking akan mengalami kaburnya penglihatan, kejang-kejang, sulit bernapas, serta mati rasa hingga dapat meregang nyawa. 

Di dunia racun dari bisa kalajengking Deathstalker menjadi salah satu jenis bisa yang sangat mematikan. Racun kalajengking ini dapat membunuh manusia hanya dalam beberapa menit saja karena adanya racun neurotoksin yang mematikan. Puluhan kematin per tahun telah dilaporkan karena sengatan kalajengking ini.

Baca juga Manfaat dan mudhorat keong sawah

Setelah membaca ulasan di atas apakah kamu masih berniat untuk memburu bisa kalajengking yang berharga fantastis itu. Bisa kalajengking memang sedang di kembangkan sebagai bahan obat-obatan hal inilah yang mungkin membuat harganya menjadi sangat mahal. Disamping itu untuk mendapatkan 1 liter bisa kalajengkeng bukanlah pekerjaan mudah butuh 1.020.000 ekor kalajengking. Tidak semudah memerah susu seekor sapi betina salah-salah nyawa kamu tarohanya.

Kebijaksanaan tidak tumbuh dengan serta merta.

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon