Thursday, May 10, 2018

Fakta Mengapa Kucing Menjadi Hewan Paling Bersih

Fakta Mengapa Kucing Menjadi Hewan Paling Bersih

Tags

Kucing Menjadi Hewan Paling Bersih
Cat

rancax.com - Memelihara hewan peliharaan merupakan bagian dari hobby seseorang. Hewan peliharaan yang di maksud bukanlah hewan ternak seperti sapi ataupun ayam. Yang dimaksud hewan peliharaan disini adalah binatang kesayangan seperti burung, anjing, kucing dan hewan lainnya.

Taukah sobat rancax diantara hewan peliharaan yang sudah kita sebutkan diatas. Ternyata kucing menjadi hewan peliharaan yang paling bersih menurut penelitian ilmiah. Dikutip dari hasil penelitian ilmiah telah dilakukan percobaan di laboratorium khusus hewan hasilnya terbukti kucing bersih secara keseluruhan.

Bahkan disebut-sebut bahwa Kucing lebih bersih dari pada tubuh manusia sekalipun. Otot pada kucing memiliki kulit yang mampu melindungi dirinya dari serangan kuman dan berkembang biaknya bakteri. Tidak hanya itu lidah pada mulut kucing berfungsi juga sebagai pembersih kuman yang menempel pada tubuh kucing.

Fungsi Lidah Kucing Yang Kasar


Lidah kucing yang kasar sebetulnya terdapat tonjolan-tonjolan kecil yang runcing. Tonjolan ini berbentuk bengkok mengerucut seperti kikir atau gergaji. Permukaan kasar pada lidah kucing inilah yang berfungsi untuk membersihkan tubuh kucing dari bulu-bulu mati yang tersisa, saat kucing menjilati tubuhnya.

Baca juga Manfaat dan mudorat mengkonsumsi keong sawah

Menurut hasil penelitian yang di lakukan oleh Dr. Gen Gustafsin seorang peneliti hewan. Setelah dilakukan uji laboratorium terhadap beberapa hewan peliharaan. Ditemukan bahwa, keberadaan kuman paling banyak terdapat pada hewan anjing. Jika di bandingkan dengan kuman pada manusia maka di dapat hasil jumlah kuman pada manusia seperempat dari kuman pada anjing. Sementara itu kuman pada kucing hanya setengah dari kuman pada manusia.

Penelitian ini membuktikan kucing lebih bersih dari pada hewan lainya bahkan jika di bandingkan dengan manusia sekalipun. Pengujian ini dilakukan pada bagian-bagian dalam seperti telapak kaki, pelindung mulut, serta ekor. Pada bagian tersebut dilakukan pengambilan sample dengan cara mengusap.

Didalam sebuah hadis juga mengatakan, jika hewan kucing tidaklah kotor dan najis. Menurut Dokter Dr. George Maqshud ketua laboratorium rumah sakit hewan Baitharah mengungkapkan. Bahwa jarang sekali ditemukan adanya kuman pada tubuh bahkan lidah kucing. Sementara itu Dokter hewan di rumah sakit hewan Damaskus Dr. Said rafah menegaskan, kucing memiliki perangkat pembersih berupa "Iysozyme".

Lysozyme adalah sebuah keluarga enzim (EC 3.2.1.17) yang merusak dinding sel bakteri dengan mengkatalisis hidrolisia ikatan 1,4 beta antara asam N acetylmuramic dan N asetil. D glukosamin residu di peptidoglikan dan antara residu N asetil D glukosamin di chitodextrins.

Lysozyme ditemukan oleh Alexander Fleming pada tahun 1921. Lysozyme juga dapat ditemukan pada telur unggas, kolostrum, serta cairan pada tubuh manusia seperti air susu Ibu, air liur, darah, dan air mata.

Sifat kucing yang tidak menyukai air salah satu penyebab tubuh kucing sulit di hinggapi bakteri. Karena secara ilmiah air merupakan tempat yang paling subur untuk tumbuhnya bakteri. Sifat kucing yang menjaga tubuhnya dari air dan kelembabab bertujuan supaya bakteri tidak hinggap di badanya. Inilah yang menjadi faktor tidak adanya kuman pada tubuh kucing.

Baca juga Dibalik harga racun kalajengking yang bernilai Milyaran rupiah

Dengan menyayangi kucing maka akan melatih sifat empati seseorang dan anak kecil yang dalam masa perkembangan, maka ia juga akan menjadi anak terlatih menjadi berempati dan penuh kasih sayang serta selalu memiliki pertimbangan atas apa yang di lakukan. Yakni memberi dampak baik atau dampak buruk.

Memelihara kucing juga dapat memperbaiki mood atau suasana hati seseorang. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa dengan memelihara kucing dapat memperbaiki mood seseorang. Bakat unik yang ada pada kucing dia hanya mengeong kepada manusia saja. Sementara untuk komunikasi sesamanya dia menggunakan bahasa layaknya mengejamkan mata, dan untuk bertengkar barulah kucing mengeluarkan tekanan suara pada meong tersebut.

Setelah membaca ulasan diatas apakah sobat tertarik untuk memelihara kucing ?. Diriwayatkan dalam hadis dari Ali bin Al-Hasan dari Anas, menceritakan nabi Muhammad SAW pernah berkata jika kucing termasuk perhiasan rumah tangga. Kucing tidak dikotori sesuatu bahkan tidak ada najis. Kucing juga hewan yang selalu menjaga kebersihan tubuhnya.

Kebijaksanaan tidak tumbuh dengan serta merta.

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon