Saturday, May 12, 2018

Cara Jitu Mempersiapkan Ramadhan Terbaik

Cara Jitu Mempersiapkan Ramadhan Terbaik

Tags

Mempersiapkan Ramadhan Terbaik
Ramadhan

rancax.com - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang pernuh berkah, rahmat dan ampunan. Dimana dalam bulan tersebut juga terdapat malam yang lebih baik dari 1000 bulan yaitu malam lailatul qadar. Pada bulan ramadhan semua umat muslim di wajibkan menjalankan ibadah puasa dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari.

Ramadhan bulan kemuliaan, dimana setiap umat muslim yang menjalankan ibadah secara baik maka di akhir ramadhan kesucian diri sama seperti bayi yang baru lahir. Menjalankan ibadah di bulan ramadhan memang banyak sekali godaanya. Tetapi godaan tersebut bisa kita antisipasi sejak awal supaya ibadah kita lancar hingga moment lebaran tiba.

Berikut saya akan membagikan tips terbaik untuk mempersiapkan ramadhan bagi sobat rancax. Semoga tips ini bisa membantu sobat dalam menjalankan Ibadah selama bulan ramadhan. Ingat ya sobat rancax jangan pernah menyia-nyiakan datangnya bulan ramadhan. Terutama sobat muslim dan muslimah karena belum tentu tahun depan kita akan ketemu dengan ramadhan lagi.

Sepuluh Tips Siapin Ramadhan Terbaik


1. Berdoa agar dipertemukan dengan Ramadhan dan diberkahi selama Ramadhan. Berdoalah supaya ramadhan kita tahun ini lancar hingga hari kemenangan tiba. Segala sesuatu yang baik itu sebetulnya berawal dari doa. Jadi mulailah ramadhan kamu dengan doa, tekat, niat dan tanggung jawab.

2. Pelajari fiqih puasa dan keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan. Perdalam ilmu agama supaya kita hati kita dapat tercerahkan. Jangan sungkan untuk bertanya kepada ulama tentang hal-hal yang kurang kita pahami plus rajin baca buku ya sobat rancax sebagai referensi kita.

3. Pastikan Hutang Puasa tahun lalu sudah kita tuntaskan. Nah bagi yang ramadhan tahun lalu puasanya pada bolong pastikan yang bolong itu sudah di tambal. Kita bisa membayarnya melalui.


  • Mengqadha setelah ramadhan berikutnya
  • Mengqadha tanpa membayar fidyah (Pendapat ulama hanafiyah)
  • Mengqhada dan membayar fidyah (pendapat ulama hababilah, syafi’iyah dan malikiyah)
  • Cukup membayar fidyah


Barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. (QS. Al-Baqarah: 184)


4. Buat target Ramadhan, latihan ibadah sunnah, lalu evaluasi. Kamu bisa buat jadwal ibadah khusus selama ramadhan usahakan dan niatkan jadwal itu di penuhi selama bulan ramadhan. Misalnya jadwal sholat sunat di perbanyak selama ramadhan atau ibadah lain seperti ngaji.

5. Persiapan ruhiyah dengan perbanyak interaksi dengan Alquran dan bermunajat pada Allah, seperti membaca Alquran tadarusan dan zikir. Perbanyak muhasabah diri supaya pola pikir kita lebih dewasa dan bertanggung jawab dalam berbagai hal.

6. Buatlah "Tantangan 30 Kebaikan Ramadhan yang bermanfaat" misalnya berniat ramadhan kali ini sholat taraweh kita gak boleh bolong harus berjamaah di mesjid. Jika di langgar tentukan konsekwensinya seperti jika saya langgar maka saya akan membayarnya dengan sedekah misalnya.

7. Olahraga biar badan fit sepanjang Ramadhan. Biasakan olah raga ringan supaya kondisi tubuh tetap fit selama bulan ramadhan. Misalnya jalan kaki atau joging senam sehat dan sebagainya.

8. Siapkan menu Ramadhan yang asik, jangan lupa nyetok kurma juga. Mulai buka puasamu dengan menu yang manis kalau bisa tiap hari pilih menu yang berbeda biar berbuka puasamu lebih mengasikan lagi dan berkah, semangat puasa tidak mudah kendor tentunya.

9. Inisiasi atau cari komunitas perbaikan ibadah di bulan Ramadhan. Misalnya ikut pengajian bikin kegiatan bersama remaja mesjid, carilah kesibukan yang bernilai ibadah jangan cuma tidur saja di waktu senggangmu.

10. Jadikan Ramadhan ini Ramadhan terbaik dari ramadhan kita sebelumnya niatkan dan bertekat dalam hati. Jangan lupa siapkan juga atau pasang  Alarm agar tidak telat sahur jadi buat para anak remaja tak ada alasan lagi batal puasa hanya karna tidak sahur.

Itulah sepuluh tips sukses mempersiapkan ramadhan terbaik. Berawal dari niat kita dan kesungguhan hati, sebetulnya seberapapun besarnya godaan puasa ramadhan tidak akan menggoyahkan ibadah orang-orang beriman. Jangan pernah menyia-nyiakan waktu kamu di bulan ramadhan karena apapun hal baik yang kita lakukan akan di lipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT inyaAllah.

Kebijaksanaan tidak tumbuh dengan serta merta.

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon