Sunday, April 15, 2018

Tips Menghadapi Seorang Pembohong

Tips Menghadapi Seorang Pembohong

Tags

Cara Menghadapi Seorang Pembohong
Bohong

Sifat orang pasti berbeda-beda ada yang bagus dan ada juga sifat yang buruk. Perbedaan itu memang slalu ada dalam keseharian kita. Baik di dalam bermasyarakat ataupun dalam lingkungan pribadi seperti pertemanan. Dalam pergaulan keseharian sebaiknya kita tidak perlu memilih milih teman karena hal seperti itu bisa merugikan diri sendiri.



Bagaimanapun juga relasi itu penting, semakin luas pergaulan maka akan semakin baik begitu hukum sosialnya. Namun hal tersebut harus bisa kita bentengi juga terhadap dampak buruk yang akan menimpa kita. Karena sifat seseorang sangat beragam jadi ambil sisi positinya saja dan buang sisi negatif dari pergaulan tersebut.

Salah satu sifat buruk yang selalu ada dalam pergaulan yaitu pembohong. Nah bagaimana cara kita mensiasati sifat pembohong dari seorang teman. Mari kita bahas lebih jauh lagi tentang Tips Menghadapi Pembohong.

1. Perhatikan Cara Dia Berbicara


Bagaimanapun juga, menghadapi pembohong adalah awal yang bagus untuk mulai menghadapi kelakuan buruk dari seseorang. Sebetulnya tidak sulit untuk mengetahui seseorang itu sedang berbohong atau tidak. Kita tinggal memperhatikan seberapa serius dia dalam membicarakan konteks pembicaraan yang ada. Pahami pemaparanya bisa di terima dengan logis atau tidak.

Baca juga Cara menghadapi orang bermuka dua

Banyak orang yang Berbohong mengenai suatu subjek yang membuat mereka merasa tidak nyaman. Setelah itu coba bandingkan cara dia berbicara pada konteks yang berbeda. Tujuanya untuk Mengetahui bagaimana penampilan dan tingkah laku orang itu di kondisi lain seperti bebas stress dan situasi yang biasa, dan bandingkan itu dengan tingkah laku saat kamu curiga bahwa dia sedang berbohong.

2. Perhatikan Gerak Tubuhnya Dalam Bicara


Seseorang ketika sedang berbohong gerak tubuhnya dengan ucapan sering tidak singkron. Boleh dibilang ketika seseorang berbicara bohong sering terjadi salah tingkah. Seorang Pembohong akan takut untuk menatap lawan bicara. Pandanganya selalu dialihkan ke arah yang lain ketika berbicara. Saat seseorang berbohong, mereka secara tidak sadar menampilkan tanda fisik lain mengenai stress.

Ciri-ciri Sedang Berbohong


A. Memberi senyuman palsu yang hanya akan menggerakkan mulut, sedangkan mata tidak bergerak.

B. Nada suara yang lebih tinggi daripada biasanya. Tujuanya supaya ucapanya tidak di sela.

C. Pupil mata yang melebar kedipan mata yang lambat (dan kedipan mata yang cepat saat dia berhenti berbohong).

D. Gerakan kaki yang gelisah, seperti meggoyang-goyangkan atau menggeser ujung kaki.

E. Menyentuh wajah, seperti berkali-kali menutupi mulut, mata, atau hidung.

3. Pastikan Kebohonganya Berbahaya Atau Tidak


Dibohongi itu memang tidak mengenakan ya sobat rancax. Tetapi taukah sobat sebagian besar kebohongan lebih berbahaya dari pada kebohongan yang lain. Sebelum kamu ikut terlibat dalam kebohongan yang berbahaya. Sebaiknya pikirkan bagaimana kebohongan akan mempengaruhi orang yang dibohongi.

Seorang pembohong perkataanya bertujuan untuk memanipulasi orang lain. Jadi ucapan bohong dari si pembohong untuk mempengaruhi orang lain sesuai dengan tujuan dari kebohonganya. Ini adalah masalah yang perlu ditangani. Perkataan bohong ini ada beberapa tujuan.

Tujuan Perkataan Bohong


A. Berbohong untuk melindungi dirinya sendiri dari suatu hal. Misanya dia sedang di palak oleh preman, di mintain duit lalu dia berbohong saya tidak punya duit. Kebohongan seperti ini mungkin bukan masalah yang besar bagi orang lain.

B. Berbohong untuk memanipulasi orang lain. Nah kebohongan seperti ini berbahaya. Kebohongan seperti ini bisa menimbulkan kegaduhan besar.

C. Berbohong untuk lari dari tanggung jawab. Kebohongan seperti ini sangat berbahaya. Karena tingkah seperti itu akan melahirkan kebohongan-kebohongan lainya.

4. Ungkap Fakta Tentang Kebohonganya


Tips selanjutnya untuk menghadapi pembohong adalah mengungkap fakta kebohonganya. Salah satu cara yang bisa di lakukan adalah merekam setiap pernyataanya. Jika dalam pembicaraan seseorang membela dirinya, membuat alasan, atau terus-terusan berbohong selama percakapan. Maka saatnya untuk mengeluarkan bukti.

Baca juga Pemicu tumbuhnya rasa kecewa

Tunjukkan kepada orang itu rekaman surel, dokumen, atau bukti lain yang telah kamu kumpulkan yang benar-benar membuktikan bahwa dia telah membohongi kamu. Di saat ini, kamu telah menyudutkan si pembohong, dan mungkin dia akan tetap diam atau mulai meminta maaf.

5. Beri Masukan Kepada Si Tukang Bohong


Mengungkap tingkah laku buruk seseorang di depan umum bukan hal yang baik, dan tidak akan membantu mengubah orang itu. Lebih baik mendiskusikan masalah itu secara pribadi, sehingga perasaan malu tidak meningkat ke titik yang paling tinggi. Katakan dengan tenang kepada orang yang berbohong bahwa kamu percaya kalau dia telah berbohong. Bahas kebohongan tersebut secara lebih privat.

Beri masukan kepada orang tersebut untuk tidak melakukan hal yang sama di kemudian hari. Katakan kepada orang itu bahwa kebohongan atau kebiasaan bohong yang berlebihan atau kompulsif tidak lah baik hanya akan merugikan diri sendiri karena kehilangan kepercayaan dari orang lain.

6. Menjaga Jarak Dari Seorang Pembohong


Lindungilah diri kamu dari kerugian yang diakibatkan oleh pembohong. Saat kamu mengira kepercayaan kamu telah pulih setelah di bohongi. Kamu mungkin akan mendapati orang itu membohongi kamu lagi di lain kesempatan, dan terpaksa mengulangi semuanya dari awal lagi. Jangan terperangkap dengan kebohongan orang. Pastikan kamu selalu memiliki pemahaman yang kuat mengenai kebenaran.

Seorang pembohong Patologi dan Sosiopat tidak bisa digoyahkan dengan konfrontasi. Bagi mereka, berbohong adalah bagian penting dari kepribadian mereka. Orang yang memiliki sifat pembohong akan mudah kecanduan untuk berbohong. Sehingga dari satu kebohongan dia yang ada akan di dukung dengan kebohongan pada kesempatan lain.

Baca juga Kebaikan yang sering di tunda

Seorang pembohong lebih suka untuk mengatakan kebohongan dari pada kebenaran. Ini merupakan salah satu ciri dari kecanduan. Bagi sipembohong berbohong dapat menimbulkan kepuasan tersendiri pada setiap kali kebohongannya berhasil dikatakan. Biasanya orang yang memiliki sifat berbohong kecanduan berbohong sulit untuk disembuhkan.

Sangat penting untuk kamu supaya menjauh dari seorang pembohong. Lebih baik menghabiskan waktu dengan orang yang bisa kamu percayai. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mencari konseling untuk membantu menghadapi emosi yang bercampur karena dekat dengan seorang pembohong. Kebohongan lebih berpotensi lahir dari sebuah janji yang tidak di tepati.

Kebijaksanaan tidak tumbuh dengan serta merta.

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon