Saturday, April 14, 2018

Mengenal Saluang Musik Penggugah Hati

Mengenal Saluang Musik Penggugah Hati

Tags

Musik Penggugah Hati
Saluang

Salah satu hiburan yang paling populer dan murah meriah di dunia yaitu mendengarkan Musik. Kenapa saya katakan murah karena saat ini di era modern untuk menikmati suatu musik kita tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Tidak perlu membeli tiket konser premium segala. Kita tinggal isi quota internet dan download semaunya di berbagai media website.

Pengertian musik secara akademik adalah suara yang di susun sedemikian rupa sehingga mengandung lagu dan harmoni yang di hasilkan dari berbagai alat musik tentunya. Di negara kita tercinta begitu banyak jenis alat musik yang ada. Tidak hanya berupa alat musik pada umumnya seperti Drum, gitar, biola, piano tetapi ada juga alat musik khas dari berbagai daerah di Indonesia.

Jika saya pertanyakan alat musik apa yang bisa menggugah hati sobat rancax. Menggugah hati di sini maksudnya jika kita mendengar alunan dari alat musik tersebut membuat hati tersentuh atau terharu. Pasti jawaban sobat rancax pada umumnya menjawab Biola. Memang betul gesekan biola mampu membuat perasaan seseorang tersentuh bahkan bisa menangis.

Baca juga Festival tabuik pariaman

Tapi taukah sobat di sumatra barat sana tidak cuma suara biola yang membuat hati tersentuh. "Saluang" begitu masyarakat minang menyebut alat musik tersebut. Saluang merupakan alat musik tradisional Minangkabau sumatra barat. Alat musik saluang ini berjenis alat musik tiup, terbuat dari bambu tipis atau biasa di sebut dengan talang. Pada bagian sisi dari saluang memiliki ukiran khas.

A. Cara Memainkan Alat Musik Saluang


Musik Penggugah Hati
Saluang

Jika di lihat dari cara memainkanya alat musik saluang hampir mirip dengan alat musik suling. Tetapi cara pembuatan dan ukuranya berbeda dengan alat musik suling. Saluang cara pembuatanya cukup sederhana, saluang hanya memiliki 4 lobang. Sedangkan untuk ukuranya berdiameter 3 hingga 4 cm dan panjang alat musik saluang ini sekitar 40 hingga 60 cm kira-kira setengah meteran.

Untuk cara memainkan alat musik tiup saluang ini tergantung dari teknik pernafasan. Biasanya para peniup saluang ini memiliki teknik pernafasan yang panjang. Karena kalau nafas pendek maka suara yang di hasilkan akan terputus-putus jadi kedengarannya tidak bagus. Teknik ini dinamakan teknik Manyisiahango (mengolah nafas).

Satu lagi yang membuat saluang unik yaitu tidak sembarang orang bisa meniupnya. Jika orang yang mencoba meniup saluang  tidak tau teknik memainkannya, maka saluang tidak akan mengeluarkan bunyi sama sekali. Tapi jika yang meniup alat musik saluang tau teknik memainkanya maka suara yang di hasilkan mampu menggugah hati orang yang mendengar.

B. Pementasan Saluang


Di sumatra barat alat musik saluang punya pementasan tersendiri loh sobat rancax. Alat musik saluang di mainkan secara tunggal tanpa di dukung oleh alat musik lainya. Pementasan saluang bisa di lakukan paling sedikit 2 orang atau 4 orang saja, 2 orang sebagai peniup saluang secara bergantian karna durasi pementasan yang cukup lama sekitar 2 jam tanpa jeda. Kemudian dua orang lainya satu laki-laki dan satu perempuan sebagai tukang Dendang.

Tukang dendang pada acara pementasan saluang bisa diartikan sebagai penyanyi. Dendang atau nyanyian dari pementasan saluang berisi syair-syair hidup yang memiliki makna kiasan seperti pesan, nasihat, sindiran, dan juga kritikan yang di sampaikan secara halus. Intonasi dendang terkadang menyerupai sajak, seloka dan pantun.

C. Saluang Mampu Menggugah Jiwa


Saluang Musik Penggugah Hati
Saluang

Melodi saluang dan dendang pada pementasan saluang dapat mengembalikan ingatan si pendengar terhadap kampung halaman ataupun terhadap kehidupan yang sudah atau sedang, dan akan dijalani. Tentunya ini khusus untuk orang yang mengerti bahasa Minang ya sobat rancax. Jika kita tak mengerti bahasa minang tetap saja pertunjukan saluang ini asik untuk di nikmati.

Sama halnya dengan gesekan biola yang mampu menyentuh hati. Suara alat musik saluang dan dendang ini juga bisa menggugah jiwa bagi orang-orang minang. Apalagi orang minang yang mendengarkan saluang ini berada jauh di perantauan. Tak jarang musik ini mampu membuat orang Minang meneteskan air mata, karena ingat kampung halaman orang tua dan sanak saudara serta kenangan lainya.

Begitu dalam makna yang tersimpan pada musik saluang ini bagi masyarakat minang khususnya. Sehingga ada pepatah minang mengatakan

Bia saluang nan manyampaikan

Artinya perasaan yang ada seperti suara alunan saluang yang memberi pesan.

D. Acara Pementasan Saluang


Di minangkabau acara pementasan saluang ini bisa kita nikmati pada acara pernikahan, batagak pangulu (memilih pemimpin suku) atau acara adat lainya. Saat ini pertunjukan saluang tidak cuma di gelar waktu acara adat saja. Pada hari-hari biasa atau moment liburan juga sering diadakan sebagai hiburan bagi masyarakat.

Baca juga Mengenal randai teater minang

Saluang dan dendang juga selalu ada pada saat pertunjukan Randai seperti yang sudah pernah kita bahas di sini beberapa waktu lalu. Jika sobat penasaran dengan pertunjukan saluang tetapi sobat berada jauh dari sumatra barat. Sobat bisa kok membeli CD, kasetnya atau mungkin ingin mendownload saya rasa di beberapa website ada linknya seperti di youtube.

Perlu di ingat ya sobat rancax saluang dan dendang ini berbeda dengan lagu-lagu minang pada umumnya. Walaupun sama-sama jenis musik minang tetapi saluang dan dendang ini memiliki nilai filosofi juga clasik. Saluang dan dendang menjadi akar dari perkembangan seni musik lagu-lagu minang lainya di sumatra barat. Saluang dan dendang merupakan salah satu bagian penting dari kebudaya minang itu sendiri.

Kebijaksanaan tidak tumbuh dengan serta merta.

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon