Tuesday, April 17, 2018

Orang Cerdas Lebih Unggul Dari Orang Pintar

Orang Cerdas Lebih Unggul Dari Orang Pintar

Tags

Cerdas Lebih Unggul Dari Pintar
Smart

Kecerdasan merupakan kesempurnaan dari akal fikiran manusia. Budi pekerti seseorang untuk berfikir mengerti memahami segala sesuatu untuk memperluas dirinya dalam lingkungan. Kecerdasan juga bisa membantu manusia mendapatkan solusi terhadap suatu masalah yang di hadapi. Sehingga orang tersebut memiliki sarana yang tepat untuk mengetahui jawaban dari masalah yang di hadapinya.

Orang cerdas sudah pasti pintar tapi orang pintar belum tentu bisa cerdas. Kenapa saya sebut demikian, jawabanya adalah karena Level Cerdas Lebih Tinggi Dari Pada Pintar. Orang cerdas pasti mampu memanfaatkan kepintaranya. Tetapi orang pintar belum tentu bisa memanfaatkan ilmunya.

Orang Cerdas bukanlah orang yang mempuyai segala sumber daya atau segala sesuatunya. Tetapi, Orang Cerdas adalah orang yang tahu bagaimana cara untuk memanfaatkan sumber daya atau sesuatu itu dengan maksimal. 

Sebagai contoh sederhana orang yang berpendidikan tinggi sudah pasti pintar bukan. Tetapi belum tentu dia itu cerdas untuk bisa memanfaatkan ilmunya dalam memperoleh peluang keberhasilan. Sebaliknya orang cerdas walaupun tidak berpendidikan tinggi dalam artian hanya belajar dari lingkungan justru punya banyak peluang keberhasilan.

Baca juga Tips menghadapi seorang pembohong

Sudah banyak contoh orang-orang cerdas yang tidak memiliki titel pendidikan tinggi mampu mencapai puncak kesuksesan. Sebaliknya banyak orang berpendidikan tinggi justru terkurung dalam kegagalan karena tidak bisa memanfaatkan kecerdasan.

Lima Ciri-ciri Orang Cerdas


1. Orang Cerdas Suka Belajar Hal Baru


Orang Cerdas selalu memiliki rasa keingin tahuan yang tinggi. Karna dasar itulah orang cerdas selalu tertarik dengan hal-hal baru. Orang cerdas suka dengan tantangan dan tidak selalu berkutat dengan zona aman. Mempelajari hal-hal yang baru, kemampuan yang baru, teknik yang baru serta informasi-informasi baru. Merupakan cara untuk meningkatkan kecerdasan. Mempelajari hal-hal baru bertujuan untuk mendapatkan peluang lebih banyak.

Baik peluang secara pengalaman maupun peluang untuk keberhasilan. Suka mempelajari hal baru bukan berarti kita tidak fokus pada satu tujuan ya sobat rancax. Tetapi untuk lebih mempercepat meraih tujuan tersebut. Banyak studi mengatakan, otak kita perlu dilatih setiap hari untuk menghindari masalah pada ingatan. Mempelajari hal baru memang terbilang sulit tapi dengan cara inilah tingkat kecerdasan kita akan meningkat ketika kita berhasil mengatasi kesulitan tersebut.

2. Orang Cerdas Tidak Menutup Diri


Orang cerdas tidak mau menutup dirinya dari ide-ide dan kesempatan yang baru. Ia mau terbuka, menerima, dan mempertimbangkan pandangan orang lain dengan pikiran yang terbuka pula. Jadi berbeda pandangan dan menerima kritikan dalam suatu hal, justru akan semakin memperkaya wawasan dan tingkat kecerdasan.

Menurut pisikolog orang yang berpikiran terbuka, bisa menemukan solusi dari berbagai cara pandang yang diterimanya dari orang lain. Namun dia juga sangat berhati-hati dengan ide orang lain tersebut. Memang tidak semua ide dan pandangan bisa di terima ya sobat rancax. Kita harus pintar memilah dan memilih mana sekiranya yang akan membawa peluang kepada tujuan akhir kita.

3. Orang Cerdas Mampu Menguasai Diri


Orang cerdas selalu bisa menguasai diri dalam berbagai kondisi. Dengan penuh perhitungan dalam mengambil langkah dan keputusan. Itulah penyebabnya kenapa orang cerdas lebih mampu mengatasi banyak hal. Kecerdasan bisa merencanakan dan menentukan tujuan serta mengembangkan berbagai strategi alternatif. Dia juga mampu memikirkan berbagai konsekuensi yang mungkin saja terjadi dari rencananya itu.

Jadi jika ada orang yang egonya lebih tinggi serta emosi yang suka meledak-ledak. Itu menandakan ketidak mampuan atau lemahnya tingkat kecerdasan. Emosi tersebut lahir di picu karna kebingungan dalam mengatasi masalah. Nah sobat rancax jangan suka marah-marah ya, tapi hadapilah segala sesuatu itu dengan tenang. Fikiran yang tenang akan lebih mudah menemukan ide untuk mengatasi rintangan yang menghalang.

4. Orang Cerdas Itu Lucu


Memang betul orang cerdas itu selalu punya selera humor yang baik. Dia mampu memancing tawa orang-orang di sekelilingnya. Contoh para komedian profesional biasanya memiliki tingkat intelegensi di atas rata-rata, khususnya dalam kemampuannya berbahasa. Seorang komedian di tuntut untuk selalu berfikir bagaimana caranya membuat orang lain bisa tertawa.

Tidak mudah loh sobat rancax untuk menghibur seseorang apalagi sampai ketawa terbahak-bahak. Tapi jangan keliru ya sobat, Orang Bodoh juga bisa membuat orang lain tertawa. Namun hal ini berbeda konteks dengan yang sedang kita bahas. Kebodohon tidak memiliki selera humor tetapi, sikap bodoh itulah yang terkadang membuat orang lain tertawa karena sifat tersebut ada diluar batas normal.

5. Orang Cerdas Penuh Dengan Pertanyaan


Salah satu ciri-ciri lain orang cerdas adalah mereka selalu banyak bertanya mengenai hal-hal yang ingin diketahuinya. Dengan rajin bertanya akan membuat kita banyak tahu tentang berbagai hal. Karena logikanya sebuah pertanyaan tentu akan ada jawabannya. Bertanya merupakan tonggak ajaib untuk mendapatkan informasi baik dalam kehidupan ataupun dalam berbisnis.

Baca juga Tips mendidik anak supaya pintar

Jika ingin cerdas maka rajin-rajinlah bertanya kepada siapapun, yang kamu anggap mampu untuk memberikan jawaban. Tetapi jangan asal bertanya ya sobat rancax. Jika asal bertanya maka kamu juga akan mendapatkan jawaban yang asal-asalan juga, ini tentu akan membuat bingung nantinya. Oleh sebab itu harus di perhatikan dulu kaidah-kaidah dalam memberikan sebuah pertanyaan.

Itulah lima ciri-ciri seseorang yang cerdas. Menjadi pintar saja dengan berbagai gelar akademik tidaklah cukup. Kita di tuntut juga harus cerdas dalam memanfaatkan keilmuan tersebut. Intinya untuk menjadi pintar memang harus bersekolah. Tapi untuk menjadi cerdas tidak harus bersekolah tinggi-tinggi. Tetapi alangkah baiknya jika keduanya bisa berjalan bersamaan. Apalagi antara cerdas, pintar dan beriman berjalan seirama sungguh itu adalah sesuatu yang sangat sempurna This is Amazing.

Kebijaksanaan tidak tumbuh dengan serta merta.

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon