Tuesday, March 20, 2018

Tips Mudah Menulis Artikel Panjang

Tips Mudah Menulis Artikel Panjang

Tags

Tips Menulis Artikel Panjang
Tips Menulis

Menulis bagi sebagian orang adalah pekerjaan yang sulit. Padahal dia memiliki ide yang sangat bagus yang mungkin saja setelah di tulis dan di publikasikan akan menjadi inspirasi banyak orang. Tapi berhubung tidak bisa Menulis panjang lebar maka penyampaian ide tersebutpun jadi terbatas.

Untuk itu jika ada diantara kamu yang kesulitan dalam membuat karangan bebas atau artikel panjang pada blognya atau media lain. Tidak ada salahnya mencoba tips saya berikut ini. Cara mudah supaya bisa menulis artikel panjang, simak langkah-langkah berikut ini hingga akhir.

Tips Pandai Menulis Karangan Panjang.


1. Tentukan Topik Atau Ide Pembahasan Terlebih Dahulu.


Ketika kita ingin menulis sebuah artikel berbentuk paragraf panjang atau berupa karangan bebas. Sebaiknya sebelum memulainya tentukan dulu ide atau topik yang akan di bahas. Supaya nanti saat menjabarkanya kita tidak kebingungan. Hal ini juga untuk mengatasi supaya karya tulis kita tidak meloncat-loncat.

Meloncat dalam artian berpindah-pindah pokok pembahasan sehingga pembaca menjadi bingung dalam memahami dan mengambil kesimpulan. Penentuan ide atau topik pembahasan pada sebuah karya tulis juga akan mempengaruhi orang untuk segera membaca tulisan tersebut. Jadi semaksimal mungkin pilihlah topik atau ide tulisan yang menarik minat pembaca.

Topik dari sebuah karya tulis juga sering digunakan orang sebagai judul dari materi tulisanya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pembaca untuk memilih, jangan sampai karya tulis atau artikel kita antara judul dan isi pembahasan tidak singkron atau tidak sesuai.

2. Membuat Kerangka Struktur Artikel Yang Akan Dibahas.


Langkah kedua yang bisa kita lakukan yaitu membuat kerangka struktur sederhana terlebih dahulu. Maksud kerangka sederhana disini ialah kita harus membuat catatan ringkas terhadap topik atau ide yang akan kita bahas. Pada dasarnya sebuah karya tulis itu terdiri dari tiga bagian.


  1. Bagian pembuka.
  2. Bagian isi.
  3. Bagian penutup.


Nah dengan membuat kerangka maka kita akan lebih di mudahkan dalam menjabarkan tentang semua ide dari karya tulis tersebut. Contoh sederhana kamu ingin membahas tentang masalah lingkungan. Kamu tinggal membuat kerangka ide, misanya membuat poin-poin terlebih dulu seperti contoh berikut ini.

Contoh Tentang lingkungan

A. Apa itu lingkungan serta cakupanya
B. Bahaya jika lingkungan rusak
C. Cara memelihara lingkungan
D. Kiat mengatasi masalah lingkungan

Dengan membuat kerangka atau struktur poin-poin seperti contoh diatas. Maka kita akan lebih dimudahkan dalam menjabarkan ide dari karya tulis kita. Tanpa menggunakan struktur kerangka seperti contoh diatas.

maka akan sulit dalam menjabarkan ide dari materi kita. Hal hasil pembahasan jadi tidak lengkap dan kurang singkron antara paragraf. Jadi hindari menulis beruntun dari awal sampe akhir tanpa dibuat dulu kerangka struktur poin yang akan di bahas.

3. Menjabarkan Isi Kerangka Pada Langkah ke Dua.


Tips yang ketiga adalah setelah kita membuat kerangka dan struktur dari ide seperti langkah pada nomor dua di atas. Sekarang giliranya kita menjabarkan masing-masing dari kerangka yang sudah dibuat. Silahkan dikupas secara detail setiap poin sesuai pengetahuan dan riset yang sudah kita punya.

Tulislah isi dari karya tulis secara lugas dan dengan bahasa yang mudah untuk di pahami oleh semua orang. Tujuanya supaya pembaca puas dan mengerti dengan ide dari karya tulis yang kita buat. Jika itu terjadi maka tidak menutup kemungkinan di lain waktu pembaca tersebut akan kembali mencari artikel hasil tulisan kita. Hal seperti ini akan menjadi nilai plus buat kita dan kedepanya kita jadi makin semangat untuk melahirkan karya tulis.

4. Minimalisasi Kata Berulang Saat Menulis.


Untuk tips yang keempat yaitu dalam menulis isi dari suatu karya tulis sebaiknya hindari penggunaan kata berulang yang berdekatan. Misalnya menggunakan kata penghubung yang sama dalam satu paragraf secara berlebihan, contohnya.

A. Kegiatan saya setiap hari dari bangun pagi sampai malam adalah mandi dan sarapan dan berangkat kesekolah. Sepulang sekolah saya mengerjakan PR dan bermain bersama adik dan membantu orang tua. (INI SALAH).

B. Kegiatan saya setiap hari dari bangun pagi hingga malam adalah mandi kemudian sarapan setelah itu berangkat kesekolah. Sepulang sekolah saya mengerjakan PR lalu bermain bersama adik dan membantu orang tua. (INI BENAR).

Jika kita menggunakan kata penghubung yang sama secara berulang pada satu paragraf maka tulisan kita akan sulit untuk di pahami orang lain. Lagipula tulisan kita akan terlihat lucu. Oleh sebab itu hindari penggunaan kata penghubung yang sama secara berlebihan dalam satu paragraf.

5. Sebelum Dipublikasi Baca Terlebih Dahulu.


Tips yang kelima yaitu setelah kita selesai menulis mencurahkan ide dari materi karya tulis kita. Maka sebaiknya di baca terlebih dahulu sebelum di publikasikan. Tujuanya untuk mengkoreksi huruf atau tanda baca yang ketinggalan.

Lagi pula dengan membaca secara keseluruhan maka kita bisa tau bagian mana dari karya tulis kita yang belum lengkap pembahasanya. Nah kalau di rasa ada yang belum lengkap kita bisa tambahkan. Setelah semuanya dirasa cukup maka barulah publikasikan.

Demikian tips ringan dalam menulis artikel panjang atau karangan bebas. Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat untuk pembaca. Atau setidaknya menghibur teman-teman. Pembahasan saya ini murni hasil dari pengalaman pribadi saya dalam menulis panjang lebar.

Kebijaksanaan tidak tumbuh dengan serta merta.

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon