Friday, March 16, 2018

Pengalaman Diterima Google Adsense

Pengalaman Diterima Google Adsense

Tags

Cara Diterima Google Adsense
Adsense

Hallo sobat blogger bagaimana kabarmu hari ini, semoga dalam keadaan sehat walafiat ya sobat semua. Hari ini saya tidak akan menulis tentang seputar belajar blogger ataupun menulis tentang puisi syair dan pantun. Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan sedikit pengalaman tentang di terima menjadi publisher adsense. Berhubung hari ini saya dapat email dari google bahwa akun adsense saya telah di approve google adsense dalam artian blog saya ini full approve menjadi mitra google setelah sekian lama mendapatkan penolakan yang tidak terhitung.

Bagi saya pribadi kabar ini sungguh mengagetkan, mengharukan pokonya senang banget bro. Jika ada yang bertanya kok lo senang banget di approve adsense ? Belum tentu lo bisa punya penghasilan dari sana. Gini bro ini bukan masalah akan dapat uang atau tidak. Tetapi bagi saya pribadi seseorang belum bisa di sebut blogger mania jika blognya belum di approve google adsense. Karena untuk mendapatkan approve google adsense melalui sebuah situs atau blog itu sulitnya minta ampun bro. Beda dengan approve adsense dari youtube yang terbilang sangat mudah.

Sedikit curhat tentang cerita hingga akhirnya blog saya di approve. Saya mengetahui kalau blog bisa di daftarkan ke adsense ini sekitar kurang lebih setahun yang lalu melalui grub G-plus. Saya sendiri ngeblog sebetulnya udah lama banget kalo gak salah sekitar tahun 2010/2011 an. Blog pertama ini saya buat melalui wordpress isi dari blog worpress saya membahas tentang syair, puisi dan pantun.

Blog wordpress saya ini jarang di update palingan dalam sebulan 1 atau 2 artikel syair saja itupun hanya karna iseng. Hal ini berlangsung hingga tahun 2014 an, blog wordpress saya ini lumayang banyak pengunjungnya terbukti dari banyaknya komentar yang masuk saat itu.

Kemudian saya sempat fakum ngeblog boleh di bilang buka blog hanya sesekali aja untuk balas komentar teman aja. Sekitar tahun 2016 saya kembali membuat blog tapi kali ini melalui blogger. Sementara blog saya pada wordpress di tinggal begitu saja. Blog saya pada blogger ini juga jarang di update palingan sesekali saja isi artikelnya masih sama seperti blog saya pada wordpress yaitu berhubungan dengan syair dan beberapa artikel tentang kelakuan remaja.

Kemudian di akhir tahun 2016 kalo gak salah tanpa sengaja saya ketemu group G-plus tentang adsense di situ orang-orang membahas tentang google adsense. Kemudian saya nanya-nanya dan ternyata sebuah blog bisa di daftarkan menjadi publisher adsense. Lalu tanpa ragu saya langsung daftarkan blog saya yang masih sedikit artikelnya dan hasilnya di tolak karena artikel tidak memadai. Blog saya yang membahas tentang syair, logikanya sebuah syair atau puisi kan gak mungkin di tulis panjang lebar.

Setelah itu saya rajin googling sana sini nanya kepada yang lebih tau bagaimana menyelesaikan masalah penolakan adsense ini. Sambil cari info kemudian saya berusaha menulis lebih banyak artikel tentang remaja. Dilain sisi artikel syair dan puisi yang ada pada blog blogger ini kemudian saya hapus semua.

Artikel syair puisi saya hapus dari dashboard blogger hingga ke akun webmaster tools supaya blog saya tidak menggalami error. Setelah itu saya juga sempat mengajukan kembali blog saya pada adsense tapi tak kunjung ada kabar di tolak atau di terima. Usut punya usut ternyata penyebabnya saat penggajuan berlangsung saya berganti url nama blog.

Tak putus asa saya googling lagi cara mengatasi masalah ini biar blog bisa di approve adsense. Kemudian ada yang mengusulkan daftar melalui youtube karena melalui youtube mudah mendapatkat akun adsense. Tanpa pikir lama saya coba bikin channel youtube kemudian upload beberapa video lalu saya daftarkan hasilnya di terima. Senang sih waktu itu tapi kembali muncul masalah baru.

Akun adsense yang dari channel youtube saya ini tidak bisa di pakai untuk blog saya hingga saya ganti domain TLD tetap tidak bisa. Iklan pada blog hanya tampil ruang kosong saja. Kalo begitu percuma saya punya akun adsense hanya bisa untuk video youtube saja sementara saya gak pandai membuat konten video. Akhirnya saya ambil keputusan akun tersebut saya batalkan.

Kemudian saya cari info lagi tentang cara mendaftarkan blog pada adsense hingga menemukan solusi yang sedikit membantu. Berikut tahap yang saya lakukan pada blog saya hingga saat ini Mendapatkan full approve google adsense dengan TLD domain.

1. Mengganti Admin blog


Cara ini saya lakukan supaya blog saya lepas dari email lama yang pernah di setujui adsense lalu saya batalkan. Saya membuat email baru kemudian email baru tersebut saya jadikan sebagai admin pada blog saya sementara email yang lama saya hapus.

2. Melengkapi Navigasi Blog


Salah satu alasan blog saya selalu di tolak google adsense yaitu karna navigasi blog yang di nilai buruk. Navigasi blog yang mengarah pada halaman label saya hapus semua. Saya hanya menggunakan navigasi blog untuk halaman statick saja seperti navigasi untuk halaman about, contact, privasi policy, disclaimer dan sitemap.

3. Membuat Artikel Original


Langkah selanjutnya saya perbanyak artikel pada blog saya dimana itu hasil pemikiran saya sendiri. Memang ada beberapa artikel tutorial blogging yang hasil dari rewrite tapi itu hanya kode seperti CSS, HTML, dan Javascript saja sementara tutorialnya saya tulis original atas pengalaman dan gaya bahasa saya pribadi.

4. Menggabungkan Blog


Poin yang keempat ini saya lakukan atas dasar inisiatif pribadi berhubung saya punya dua blog. Sebelumnya saya punya blog dengan layanan wordpress. Karena saya sudah membuat blog baru denggan layanan blogger supaya tidak ribet makan blog saya yang ada pada wordpress yang artikelnya 100% hasil karya sendiri menurut saya kan lumayan di pindahkan ke blogger.

Maka semua artikel dan komentar pada blog wordpress itu lalu saya impor dan saya jadikan satu pada akun blogger. Itulah sebabnya kenapa di blog ini kembali ada artikel syair, puisi dan pantun. Kemudian blog wordpress yang sudah dibuat tahunan itu saya tutup, saya hapus. Alasan saya lebih memilih pindah ke blogger karena blogger lebih mudah di gunakan, mudah memodifikasi tampilan dan gratis tanpa batas. Sementara wordpress gratis juga tapi ada limit dan batasan quota gratisnya.

5. Memilih Template


Saya sudah sering gonta ganti template sudah tidak terhitung mungkin. Setiap template yang ada baik premium atau gratis pernah saya coba. Tapi tidak satupun diantara template tersebut yang membawa keberuntungan pada blog saya. Blog tetap di tolak saat mengajukan adsense. Hingga akhirnya saya putuskan untuk memakai template bawaan blogger saja untuk pengajuan adsense.

6. Daftar Ulang


Setelah semua poin di atas saya lakukan kemudian saya kembali mencoba keberuntungan. Tadi malam tepatnya (malam jumat) iseng coba lagi saya daftarkan ulang blog saya pada adsense. Dalam pikiran saya malam itu bodo amat mau di tolak lagi atau di terima yang penting coba lagi saja. Siangnya tepat menjelang sholat jumat saya dapat email dari google yang menyatakan selamat akun di setujui. Saya masih ragu, campur gak percaya kemudian saya buka link dari email tersebut dan ternyata benar. Akun google adsense saya full approve semua menu terbuka lalu saya buka blog saya dan ternyata iklan sudah muncul, bersyukur banget pokoknya jumat berkah hari ini buat saya.

Kesimpulan memang susah sekali mendapatkan akun adsense melalui monetisasi blog. Saya akui itu karena sudah saya alami sendiri. Tak salah jika blogger yang blognya sudah di approve berbangga hati sebuah penghargaan untuk dirinya. Semoga saja kedepanya akun adsense saya ini tidak bermasalah. Buat teman-teman yang belum di approve teruslah berusaha jangan patah semangat bro.

Perlu teman-teman blogger ketahui jika kamu berniat untuk daftarkan blog pada google adsense pastikan blog kamu artikelnya tidak ada yang hasil copy paste. Semaksimal mungkin tulislah hasil pemikiran sendiri, kalaupun mau rewrite tulislah dengan gaya bahasa sendiri, kalo tidak kamu akan gagal mendapatkan adsense. Demikian pengalaman saya semoga cerita di atas bisa bermanfaat atau setidaknya menghibur sobat semua.

Kebijaksanaan tidak tumbuh dengan serta merta.

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon