Tuesday, March 27, 2018

Liburan Sambil Belajar Di Wisata Budaya Minang village

Liburan Sambil Belajar Di Wisata Budaya Minang village

Tags

Wisata Budaya Minang village
Minang Village

Sahabat rancax ada satu lagi nih rekomendasi wisata di sumatera barat yang harus kamu coba. Yaitu wisata budaya Perkampungan Minangkabau Village. Minangkabau village merupakan lokasi wisata yang berada di Silaing Bawah kota Padangpanjang sumatra barat. Kalau kita dari pusat kota padangpanjang (pasar) jarak menuju spot minang village ini kurang lebih sekitar 1 km saja.

Perkampungan Minang kabau village pada awalnya berupa museum dengan bangunan menyerupai rumah adat minangkabau. Bangunan rumah adat ini terbuat dari kayu dimana pada setiap bagian dinding terdapat ukiran tangan khas budaya minang.

Sementara pada bagian halaman depan rumah adat terdapat beberapa bangunan kecil yang di sebut rangkiang. Rangkiang merupakan bangunan yang berfungsi sebagai lumbung padi bagi masyarakat minang.

Wisata Budaya Minang village
Rangkiang

Perkampungan Minang village menjadi pusat dokumentasi dan informasi dari kebudayaan minangkabau yang berada di kota padangpanjang. Di sini terdapat berbagai macam koleksi museum dan simbol-simbol adat istiadat minangkabau baik berupa audio maupun visual.

Di museum ini terdapat banyak naskah kuno yang berbahasa belanda dan arab melayu. Kemudian untuk memperdalam akses pengunjung terhadap isi dokumen tersebut maka dilakukanlah upaya penterjemahan terhadap naskah tersebut.

Di lokasi Minang Village juga sering diadakan festival pergelaran budaya dan perlombaan pentas seni. Baik acara yang di selenggarakan langsung oleh pengelola museum ataupun dari masyarakat luar seperti sekolah atau kampus. Fungsi nya hampir sama dengan TMII Jakarta (Taman Mini Indonesia Indah) saat ini.

Latar Belakang Berdirinya Museum Minang Village


Wisata Budaya Minang village
Minang Village

Berawal dari kesadaran masyarakat minang ingin melestarikan budaya serta jejak historis yang di tinggalkan pada masa lampau. Maka Bustanil Arifin mantan mentri koperasi republik indonesia pada masa orde baru. Berinisiatif mendirikan lembaga non profit guna menghimpun berbagai Dokumen dan Informasi Tentang Kebudayaan Minangkabau.

Pada tangga 8 januari 1988 maka dibangunlah museum Perkampungan Minangkabau Village ini. Sebagai yayasan yang berfungsi untuk dokumentasi dan informasi dari kebudayaan minang. Dahulu pengelolaanya bernaung dalam YDIKM (Yayasan Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau).

Tetapi saat ini dialihkan ke PDIKM (Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau). Dimana saat ini dibawah naungan pemerintah kota padangpanjang bersama dinas pemuda olahraga kebudayaan dan pariwisata.

Spot Wisata Mifan Di Minang Village


Wisata Budaya Minang village
Mifan

Bagi para traveler yang sudah menikmati wisata budaya mengenal jejak historis di museum perkampungan minang village. Mengenal lebih dalam tentang adat istiadat minangkabau. Petualangan liburan anda tidak akan berhenti hanya sampai di situ. Karena di area perkampungan minang village juga terdapat wisata fantasi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mifan.

Wisata fantasi Mifan ini menyediakan berbagai wahana permainan water park dan dry park. Sedikitnya terdapat sekitar 18 wahana yang siap mengisi liburan anda bersama orang terkasih. Wahana fantasi Mifan ini berada satu komplek dengan museum Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM). Jadi saat ini Minang village tidak cuma menyediakan wisata budaya saja tetapi sudah super komplit.

Penambahan spot Wisata Fantasi Mifan yang ada di minang village dibangun sejak tahun 2006 lalu dan di operasikan sejak tahun 2008. Luasnya sekitar 9,8 hektar dilengkapi dengan penginapan berupa cottage dan resort.

Bahkan nih, sobat traveler Mifan ini diklaim sebagai taman hiburan terbesar kedua di Indonesia setelah Dufan Taman impian jaya ancol. PT Niagara Fantasy Island merupakan sebagai perusahaan pengelola spot fantasi Mifan yang berada satu komplek dengan Minang Vilage PDIKM ini.

Satu lagi sobat traveler lokasi Minang Village dan Mifan berdekatan dengan lokasi objek wisata Air Terjun Lembah Anai yang sudah pernah kita bahas sebelumnya. Jaraknya kurang lebih sekitar 3 kilometer saja semua objek wisata itu bisa di akses menggunakan angkutan umum. Jadi tidak perlu kawatir jika tak ada kendaraan pribadi.

Lokasi liburan dengan latar belakang suasana alam, dengan udara yang sejuk. Bergembira di dunia fantasi mifan dan sekaligus bisa menambah wawasan kita tentang kebudayaan yang terdapat di museum PDIKM Minang Village. Liburan bersama keluarga bisa di isi dengan belajar sambil bermain tentunya.

Kebijaksanaan tidak tumbuh dengan serta merta.

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon