Tuesday, March 20, 2018

Destinasi Wisata Kota Bukittinggi

Destinasi Wisata Kota Bukittinggi

Tags

Wisata Kota Bukittinggi
Jam Gadang Bukittinggi

Melihat destinasi wisata alam sumatera bara memang sangat beragam pilihanya. Kalau di tinjau dari letak geografis sumbar memang di lalui bentangan bukit barisan yang membujur sepanjang pulau sumatera. Wilayah ini juga masih terlihat asri dan terjaga kelestarianya. Kali ini kita akan ulas tentang destinasi wisata alam sumbar tepatnya di bukittinggi.

Sepintas Review Tentang Bukittinggi


Bukittinggi merupakan kota dengan tingkat perekonomian terbesar ke dua di sumatera barat. Kota Bukittinggi sendiri saat ini terdiri dari 3 kecamatan  dan 24 kelurahan. Diperkirakan luas kota bukittinggi kurang lebih sekitar 25,24 km. Jumlah kepadatan penduduk yang di hitung melalui sensus 2015 sekitar 110.954 jiwa. Di tinjau dari sejarah ternyata kota bukittinggi juga termasuk salah satu kota yang ikut berperan penting pada masa-masa kemerdekaan republik indonesia dulu.

Tak cuma untuk daerah sumatera secara kusus tapi mencakup indonesia secara keseluruhan. Hal ini di buktikan bahwa kota bukittinggi pernah menjadi ibu kota Indonesia pada masa pemerintahan darurat republik Indonesia. Kota ini juga pernah menjadi ibu kota provinsi sumatera dan provinsi sumatera tengah pada masa itu. Tak mengherankan jika di kota bukittinggi banyak terdapat obyek wisata sejarah.

Destinasi Wisata Bukittinggi Yang Mengagumkan.


Destinasi Wisata Kota Bukittinggi
Ngarai Sianok

1. Ngarai Sianok


Ngarai sianok merupakan salah satu obyek wisata alam bukittinggi. Istilah kata ngarai kalau di artikan kedalam bahasa indonesia disebut juga lembah. Ngarai sianok di bukittinggi memang berupa berbentuk lembah curam kata ini sekaligus dipakai sebagai nama tempat tersebut. Lokasi ngarai sianok terletak di perbatasan kota bukittinggi tepatnya di kecamatan IV kota kabupaten agam sumbar.

Diperkirakan luas ngarai sianok sekitar 15 km dari sisi selatan mencakup wilayah koto gadang hingga nagari sianok enam suku, dengan kedalaman tebing mencapai 100 meter dan lebar celah sekitar 200 meter. Keberadaan ngarai sianok juga sebagai bukti yang paling jelas dari aktivitas pergerakan lempeng bumi (tektonik) di pulau sumatera.

Ngarai sianok memiliki pemandangan alam yang siap memanjakan mata para traveller. Udaranya yang sejuk di kelilingi rindang pohon yang menghijau dengan kicauan dan gemericik aliran sungai yang terdapat di dasar ngarai. Tak heran jika kawasan ini juga di juluki sebagai lembah pendiam. Bagi para traveler yang mencari tempat melepas rasa lelah sepertinya ngarai sianok bisa memenuhi keinginan anda.

Di area ngarai sianok ini juga terdapat janjang koto gadang yaitu istilah lain dari sebuah trek berbentuk tangga dengan jumlah seribu anak tangga. Saat ini pemerintah setempat juga sudah membangun trek berbentuk seperti tembok besar cina atau istilah kerenya Great Wall. Nah bagi kamu para traveler yang suka trek dengan rute menantang sepertinya ini patut untuk di coba.

2. Obyek Wisata Jam Gadang


Destinasi wisata yang juga terdapat di bukittingi adalah Jam Gadang. Jam Gadang ini istilah lain dari sebuah menara jam yang terdapat di tengah kota bukittinggi. Menara ini memiliki 4 jam berukuran besar pada keempat sisinya. Itulah alasanya kenapa menara ini di beri nama jam gadang (jam besar).

Menurut sejarah jam gadang ini dibangun pada tahun 1926 sebagai hadiah dari ratu belanda kepada rook marker. Seorang sekretaris atau controleur Fort de Kock pada masa pemerintahan hindia belanda. Biaya pembanggunanya diperkirakan sebesar 3000 gulden.

Arsitek perancang jam gadang ini bernama Yazid Abidin Rajo Mangkuto. Sedangkan peletakan batu pertama dilakukan oleh putra rook marker yang kala itu masih berusia 6 tahun. Menara jam gadang ini semenjak didirikan hingga kini sudah mengalami 3 kali perubahan bentuk atap.


  1. Pertama kali di bangun atap berbentuk bulat dengan patung ayam mengarah keatah timur.
  2. Semasa pendudukan jepang bentuk atap jam gadang di rubah menyerupai pagoda
  3. Setelah Indonesia merdeka bentuk atap jam gadang di rubah menyerupai atap rumah adat minangkabau (rumah gadang). Yaitu budaya asli sumatera barat. 


Wisata Menara jam gadang kalo di perhatikan hampir sama dengan monument nasional atau monas saat ini. Yang berupa monumen yang di kelilingi taman kota yang luas. Jadi lokasi jam gadang ini cocok untuk santai sembari melepas lelah ditengah kesibukan para traveler.

3. Destinasi Wisata Sejarah


Di bukittinggi juga terdapat banyak objek Wisata sejarah yang bisa di nikmati para traveler sebagai flas back ke masa lalu. Objek wisata ini diantaranya adalah.

A. Lubang Japang 


Lubang japang (lobang jepang) merupakan sebuah bunker terowongan yang dibangun tentara jepang pada tahun 1942. Menurut sejara masa lalu lubang japang ini di manfaatkan oleh tentara jepang untuk menyimpan perbekalan dan peralatan tempur. Panjang terowongan lubang japang sekitar 1400 m. Lokasi lubang jepang ini terletak di taman panorama bukittinggi berdekatan dengan lokasi jam gadang.

B. Wisata sejarah minang Rumah Adat Baanjuang. 


Merupakan sebuah museum berbentuk rumah adat tradisional minangkabau. Yang dibangun oleh orang belanda bernama Mondelar Countrolleur pada tahun 1935. Berbagai koleksi dari museum ini bisa kamu lihat diantaranya koleksi etnografika, numismatika hingga hewan mati yang sudah di awetkan. Bagi para traveler yang datang ke museum ini bisa selfi memakai pakaian adat minang. Semua sudah di sediakan lebgkap oleh pengelola.

C. Objek wisata Benteng Fort de Cock 


Merupakan sebuah benteng pertahanan yang dulunya di gunakan tentara belanda saat melawan perjuangan rakyat minang setelah perang paderi. Tinggi benteng ini di perkirakan 20 meter dan di kelilingi oleh empat meriam besar di setiap sudut. Di sekitar benteng fort de cock ini terdapat taman untuk para pengunjung bersantai dan ber selfi ria.

D. Objek wisata Istana Bung Hatta. 


Bung Hatta merupakan wakil presiden Indonesia pertama dimana kota kelahiran beliau adalah bukittinggi. Sebagai bentuk penghormatan untuk bung Hatta pemerintah membangun sebuah tempat sebagai objek wisata yang bernama Istana Bung Hatta. Atau di sebut juga Gedung Negara Tri Arga pada tahun 1946 gedung ini dijadikan sebagai Istana Wakil Presiden dan pada tahun berikutnya 1947 digunakan sebagai Pusat Pemerintahan Darurat Republik Indonesia.

4. Objek wisata Taman Margasatwa


Dibukittinggi juga terdapat kebun binatang loh sobat. Kebun binatang yang berlokasi di bukittingi ini merupakan kebun binatang tertua di indonesia. Kebun binatang ini memiliki nama asli Taman margasatwa dan Budaya Kinantan. Lokasi kebun binatang ini tidak jauh dari pusat kota bukittinggi. Dari lokasi jam gadang bisa kita tempuh dengan berjalan kaki. Koleksi hewan di sini sangat banyak dan dianggap terlengkap di sumatra.

5. Wisata Belanja


Bagi pecinta traveling belum lengkap rasanya liburan kalau belum belanja dan membawa oleh-oleh. Sahabat traveler gak usah kawatir karena kota bukittinggi juga menyediakan wisata belanja. Pasar Aur kuning yang berlokasi di bukittinggi merupakan pasar grosirnya sumatra barat loh sobat. Iya boleh di bilang adiknya pusat grosir tanah abang.

Baca juga Tenunan khas pandai sikek

Beranega ragam pakaian ada di sana mau beli satuan atau kodian juga bisa pokoknya lengkap. Tak hanya itu di bukittinggi juga terdapat tempat menjual pernak pernik dari kerajinan tangan. Pokoknya jika teaveling ke sumatra barat jangan lupa mampir di bukittinggi saya jamin gak bakalan nyesal.

Itulah beberapa destinasi wisata di bukittinggi yang bisa sobat traveler nikmati sebetulnya masih banyak lagi objek wisata yang bisa di kunjungi di bukittinggi. Satu lagi yang akan membuat sobat ngiler jika berkunjung ke bukittinggi yaitu masakan nasi kapau. Iya nasi kapau adalah ciri khas masakan bukittinggi yang citarasanya tak usah di ragukan lagi. Gimana sobat traveler tertarik untuk mencoba destinasi wisata bukittinggi.

Kebijaksanaan tidak tumbuh dengan serta merta.

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon