Monday, March 19, 2018

Destinasi Wisata Danau Singkarak Yang Mempesona

Destinasi Wisata Danau Singkarak Yang Mempesona

Tags

Wisata Danau Singkarak
Danau Singkarak

Berbicara tentang destinasi wisata di sumatera barat memang sangat banyak dan beragam sekali pilihanya. Mulai dari destinasi wisata alam, kuliner yang membuat ngiler para kaum traveler. Sampai dengan destinasi budaya serta situs peninggalan sejarah. Jika kamu ada niat untuk traveling ke sumatera barat tak ada salahnya mengunjungi wisata alam danau singkarak berikut ini.

Danau Singkarak merupakan danau kedua terbesar di indonesia setelah danau toba. Letak danau singkarak berada di provinsi sumatera barat tepatnya di dua kabupaten yaitu kabupaten solok dan kabupaten Tanah datar.

Luas danau singkarak ini kurang lebih sekitar 41,62 mil dan panjang 12,43 mil. Dengan ketinggian permukaan mencapai 1180 ft.

Kalau di lihat dari tipe asal usulnya danau singkarak merupakan Danau Tektonik. Yaitu danau yang terbentuk dari aktifitas tektonik sesar sumatra. Cekungan dari danau ini terbentuk dari sebuah amblesan yang disebabkan oleh aktivitas pergerakan Sesar Sumatera.

Keberadaan Ikan endemik danau singkarak.


Selain dari pemandangan alami yang memanjakan mata para traveler. Danau singkarak juga memiliki ikan endemik yang hanya ditemukan dan menjadi populasi ikan terbesar di Danau Singkarak. Ikan tersebut bernama latin Mystacoleuseus atau biasa di sebut Ikan Bilih oleh masyarakat setempat.

Ikan Bilih ini hanya berukuran sebesar teri yaitu 6-12 cm saja. Ikan inilah yang menjadi mata pencaharian dari nelayan di sekitaran danau singkarak. Ikan bilih ini biasanya lumayan mahal di jual bekisar Rp.50 ribu sampai Rp. 70 ribu/liter. Bahkan ikan bilih sempat menjadi komoditas ekspor dan dijual ke luar negeri.

Saat ini keberadaan ikan bilih di danau singkarak sudah mulai menuju ambang kepunahan, populasinya menurun drastis. Tepatnya setelah gempa besar yang melanda sumatera barat pada tahun 2005 silam. Keberadaan populasi ikan endemik ini turun drastis. Disamping itu alat dan cara tangkap dari nelayan setempat juga menjadi salah satu faktor berkurangnya populasi ikan ini.

Biasanya setiap wisatawan yang berkunjung ke danau singkarak akan membawa buah tangan atau oleh-oleh ikan bilih ini. Walaupun ukuranya terbilang kecil tapi ikan ini jika di olah dalam bentuk masakan akan menggugah selera. Rasanya yang unik khas dan juga tidak bisa di temui di tempat lain.

Danau Singkarak Yang Mempesona
Danau Singkarak

Even tahunan di danau singkarak.


Danau singkarak yang memiliki air nan jernih, pemandangan alam yang begitu asri menyejukan, karena di kelilingi oleh perbukitan yang di sebut dengan bukit barisan. Tiap tahunya di danau singkarak juga di adakan even yang di gelar oleh pemerintah setempat. Even yang berbentuk pesta olah raga seperti balap sepeda, balab perahu hingga paralayang. Even ini bertujuan untuk promosi dari wisata danau singkarak.

Setiap tahunya di gelar perlombaan kejuaraan balab sepeda yang resmi di adakan oleh persatuan balap sepeda internasional Union Cycliste International even ini biasa di sebut.

Tour de singkatak. 

Even balap sepeda di danau singkarak ini pertama kali di adakan tahun 2009 hingga saat ini rutin di adakan setiap tahunya antara april sampai dengan bulan juni.

Rute yang di lalui oleh peserta tour de singkarak memang sangat menantang karena area trek berada diantara perbukitan yang berupa turunan dan tanjakan berliku. Hal inilah yang banyak menarik minat para pembalab sepeda tak terkecuali pembalap luar negri berlomba ikut partisipasi meramaikan even ini.

Tak hanya itu wisata danau singkarak juga menyediakan lokasi untuk uji adrenalin. Tak heran jika di danau singkarak juga sering diadakan even olah raga dari atlit pecinta paralayang. Pokoknya jika kamu berkunjung ke wisata danau singkarak saya jamin gak bakalan menyesal.

Baca juga Menelusuri historis tanah datar

Menikmati hidangan Nasi Padang di pinggir danau singkarak dengan lauk khas ikan bilih mantap bro....! Budaya yang ramah serta lokasi alami siap memanjakan diri anda biaya untuk menuju lokasi kesana relatif murah. Bisa di jangkau menggunakan angkutan umum.

Itulah sepintas gambaran tentang destinasi wisata alam danau singkarak sumatera barat. Gimana apakah kamu penasaran untuk berkunjung kesana ?. Indonesia memang memiliki alam yang indah kita sebagai rakyat indonesia patut bersyukur dan berbangga hati.

Kebijaksanaan tidak tumbuh dengan serta merta.

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon