Tuesday, February 13, 2018

Memperbaiki Kesalahan Perayapan Pada Search Console

Memperbaiki Kesalahan Perayapan Pada Search Console

Tags

Kesalahan Perayapan Pada Search Console
Fix Error Search Console

Bicara tentang membangun blog atau website memang gak ada matinya. Apalagi saat ini era digital semua aktifitas sudah banyak beralih ke cara moderen yaitu menggunakan pemanfaatan koneksi internet. Orang-orang berlomba-lomba membuat website dan blog seperti online shop, media berita dan sebagainya. Begitulah fakta saat ini makanya pertumbuhan blog dan website di dunia bahkan di negara kita juga ikut mengalami peningkatan, sangat positif memang.

Bagi sobat yang sudah memiliki blog pernah gak sih blognya di cek ada yang error atau tidak. Kalau belum silahkan daftarkan blog sobat pada google webmaster tools. Tools ini gratis dari google cara mendaftar bisa baca di sini. Daftar Webmaster Tools

Nah jika blog sobat sudah pernah di daftarkan silahkan cek error perayapan yang ada pada blog. Sebagai catatan untuk blog yang baru di daftarkan pada google webmaster tools tidak bisa langsung di cek error yang ada pada blog. Kita harus menunggu minimal satu minggu lebih karena proses perayapan dari google search console membutuhkan waktu cukup lama.

Kembali ke pokok pembahasan silahkan cek kesalahan error perayapan pada blog sobat. Caranya masuk ke google search console kemudian pilih blog yang sudah di verifikasi sebelumnya. Selanjutnya pada menu sebelah kiri pilih perayapan lalu tab kesalahan perayapan. Jika blog sobat menggalami error perayapan, maka akan terlihat url link yang error tersebut contoh perhatikan gambar berikut ini.

Kesalahan Perayapan Pada Search Console
Search Console

Perlu di ketahui url link pada blog yang mengalami error ini biasanya berkaitan dengan postingan sobat. Salah satu contoh adalah sobat pernah menghapus suatu halaman atau postingan pada blog sobat. Nah hal inilah yang menyebabkan error tersebut karena halaman yang telah di hapus tersebut nyangkut pada google search.

Untuk mengatasi masalah ini cukup mudah sobat tidak perlu panik. Langkah pertama yang harus sobat lakukan untuk menghapus url perayapan yang error adalah dengan cara mengcopy salah satu url tersebut. Kemudian pada menu sebelah kiri search console pilih indeks google lalu tab hapus url selanjutnya klik sembunyikan sementara. Nah pastekan url perayapan yang error tadi pada kolom yang muncul kemudian teruskan. Lebih jelas perhatikan gambar di bawah.

Kesalahan Perayapan Pada Search Console
Search Console

Silahkan lakukan langkah di atas berulang untuk url lainya yang juga error pada perayapan google search console. Jika semua sudah selesai maka masalah bisa di katakan beres. Kita tinggal menunggu beberapa hari untuk google search console menghapus otomatis url yang eror tersebut.

Sebagai catatan bagi sobat yang ingin menghapus postingan blog jangan cuma di hapus pada dashboard blog saja. Tetapi hapus juga url nya pada google search console dengan cara seperti langkah di atas. Agar tidak terjadi lagi error perayapan pada blog sobat. Demikianlah cara simple mengatasi error perayapan pada google search console. Semoga pembahasan ini bisa di mengerti dan bermanfaat tentunya.

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon