Tuesday, February 06, 2018

Kumpulan Beberapa Tips Singkat Pintar Edit Template Blog

Kumpulan Beberapa Tips Singkat Pintar Edit Template Blog

Tags

Kumpulan Tips Singkat Pintar Edit Template Blog
Tips

Hallo sobat blogger gimana kabarnya smoga selalu happy ya. Kalo kita bicara tentang edit template memang gak ada habisnya. Ada saja yang bisa di utak-atik dari tampilan template. Apalagi kalau sudah paham sedikit-sedikit tentang kode html, javascript dan CSS. Pasti muncul saja ide tampilan blog pengen di beginiin dan di begituin. Kalau ada yang bertanya ada masalah gak sih mengedit template terus menerus.

Apakah berpengaruh pada menurunya trafik blog kita. Menurut pandangan pribadi saya hal seperti ini bisa saja berpengaruh dan bisa saja tidak. Karena tergantung dari cara kita mengeditnya, bagian mana yang kita rubah. Selama cuma di edit pada bagian yang di perbolehkan misanya winget sidebar. Menambah menu dan mengurangi menu saya rasa tidak akan berpengaruh pada menurunya trafik blog.

Bagus atau tidaknya trafik blog sebetulnya tergantung dari isi konten blog, template yang ramah, dan cara user memanfaatkan trik SEO. Menurut pengalaman saya selama membanggun blog, trafik pengunjung turun hanya ketika saya mencoba mengganti url dan domain blog saja. Serta ketika saya mengganti template secara keseluruhan tapi trafik blog akan normal lagi dalam beberapa hari.

Adapun kalo teman-teman merasa tidak pernah mengganti url bahkan domain blog tetapi trafik blognya cenderung menurun. Saya rasa mungkin ada kesalahan dari pengaturan robot .txt pada blog sobat. Saran saya tidak perlu mengutak-atik robot .txt pada penggaturan blog. Biarkan saja apa adanya kecuali sobat blogger menggerti apa itu robot .txt dan pemanfaatanya.

Selanjutnya bicara tentang edit template berikut ada tips berupa kode singkat yang sangat bermanfaat sebagai bahan bagi sobat dalam mengedit template blog. Kode ini juga sering saya manfaatkan saat mengedit template blog saya. Apa sajakah itu mari kita kupas satu persatu.

1. Melihat source kode.


Manfaat mengintip kode source web orang lain sebetulnya banyak gunanya. Apa lagi yang jago IT pasti taulah apa yang akan mereka lakukan. Para blogger biasanya mengintip source kode web orang lain bertujuan untuk menjiplak tampilan template. Bisa di bilang dengan view source kode kita bisa mengkloning template blog orang lain.

Sebetulnya ini tindakan ilegal ya sobat, tapi yang namanya internet memang seperti hutan rimba yang hebat itulah yang akan unggul. Nah bagi sobat pemula yang ingin mencoba mengintip source kode blog orang lain bisa menggunakan kode di bawah ini. Langsung saja ketik pada kolom search engin google jangan lupa tambahkan nama situs atau blog yang ingin sobat lihat di belakang kode di bawah ini.

view-source:nama situs


2. Membuat Bagroud Gradien Pada CSS.


Kode singka yang multi manfaat yang kedua adalah warna gradien. Warna gradien merupakan gabungan dari dua warna menjadi satu. Hasil nya dua warna yang di gabungkan menggunakan kode ini akan menghasilkan warna pelagi. Cara penempatanya cukup mudah kok sobat blogger. Sobat bisa tempatkan kode ini pada bagian baground CSS dari element template yang akan sobat rubah. Selanjutnya untuk mengatur kemiringan warna sobat bisa rubah angka 50 sesuka hati. Berikut kodenya silahkan di copas.

h1 {background:linear-gradient(50deg, #08AADB, #f07328);background-clip: text;text-fill-color: transparent;}


3. Kode stiky Horizontal menggunakan CSS.


Kode penting yang ketiga adalah cara mudah membuat element pada template menjadi stiky (melayang) dengan menggunakan CSS. Cara menggunakanya sangat mudah sobat tinggal cari ID CSS dari elemen yang akan di jadikan stiky. Selanjutnya rubah position absolud dari id CSS tersebut menjadi position fixed. Berikut contoh kode perubahanya. Biasanya kode ini di pakai untuk stiky pada bagian horizontal seperti menu blog.

position:fixed


4. Mengatasi masalah error saat edit template pada bagian HTML.


Poin yang keempat ini hanyalah tips dari pemecahan masalah buat sobat saat mengedit dan menyimpan template. Sobat yang sering utak-atik template pasti pernah mengalami error saat ingin menyimpan template setelah melakukan pengeditan. Menurut pengalaman saya kesalahan error tersebut terjadi karna kurangnya elemen HTML penutup dari bagian yang sedang kita edit. Makanya error saat kita ingin menyimpanya. Solusi untuk masalah itu pada umumnya ada pada bagian kode tag penutup yang kurang atau tertinggal. Sobat bisa mencocokan notifikasi error yang muncul dengan contoh kode pada tabel berikut ini.

KODE PEMBUKA KODE PENUTUP
<div...lanjutan kode> </div>
<b:if...lanjutan kode> </b:if>
<span...lanjutan kode> </span>
<b:includable...lanjutan kode> </b:includable>
<b:loop...lanjutan kode> </b:loop>
<nav...lanjuta kode> </nav>
<ul...lanjutan kode> </ul>
<a...lanjutan kode> </a>
<li> </li>

5. Anti copy paste.


Kode penting yang sangat bermanfaat yaitu kode anti copy paste. Setiap orang pasti kesal jika artikel yang susah payah mereka buat dengan mudahnya di copy paste oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Biasanya yang suka copy paste itu adalah para blogger yang nge blog hanya ikut-ikutan. Mereka tidak punya bahan untuk mengisi konten makanya suka mengcopy artikel dari blog lain.

Perilaku seperti ini tidak baik ya sobat. Dari pada kamu mengcopy paste lebih baik mencoba untuk menulis ulang sesuai dengan gaya bahasamu. Itu jauh lebih berguna dan terhormat. Rugi besar bro kalo kamu doyan copy paste untuk mengisi konten blog. Hanya akan membuang waktu saja lebih baik gak usah bikin blog.

Untuk para blogger yang suka risih artikelnya di copas alangkah baiknya gunakan kode di bawah ini sebagai anti klik kanan. Copy kode di bawah dan letakan di tengah CSS post body template. Memang sih bagaimanapun cara kita menghalangi tukang copas, namun artikel kita tetap bisa di copas. Tapi setidaknya untuk orang yang masih awam kode di bawah ini akan menghalangi niatnya untuk mengkopas artikel kita.

.post-body{

-webkit-user-select: none;

-khtml-user-select: none;

-moz-user-select: none;

-ms-user-select: none;

user-select: none;

}


Demikianlah sobat blogger lima kode singkat yang sangat membantu kita dalam membangun dan menggelola tampilan blog. Untuk sobat yang merasa memerlukan kode di atas silahkan di gunakan. Untuk yang sudah paham terimakasih sudah mampir di sini. Pembahasan di atas saya tulis untuk dokumentasi saya pribadi saja. Happy blogging sobat blogger indahnya berbagi ilmu menimba pahala, InsyaAllah berkah.

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon