Sunday, February 11, 2018

Cara Membuat Group Untuk Blog Seperti Group Pada Facebook

Cara Membuat Group Untuk Blog Seperti Group Pada Facebook

Tags

Membuat Group Untuk Blog Seperti Group Pada Facebook
Group Blog

Hallo sobat blogger pernahkah kamu berfikir jika blog kita bisa seperti facebook yang suport bermacam-macam group obrolan. Jika kamu pernah berfikir seperti itu maka saya jawab bisa banget. Blog yang kita kelola bisa kita buatkan forum diskusi atau semacam group. Caranya adalah dengan memanfaatkan fiture google group yang nantinya bisa di embed pada blog kita. Contohnya silahkan klik link berikut ini Gabung Grup Saya jangan lupa bergabung ya sobat itu adalah group saya.

Fungsi google group ini hampir sama dengan group pada facebook. Ada postingan anggota yang di sebut topik dan ada komentar-komentar pembaca layaknya group pada facebook. Tentu pemanfaatan ini tergantung dari admin blog dalam melakukan setting pada group yang di kelola. Apakah kamu penasaran ingin mencobanya, jika ingin mencobanya silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini.

A. Mendaftar Google Group


Membuat Group Untuk Blog Seperti Group Pada Facebook
Group Blog

Pertama-tama kamu login dulu menggunakan akun google kamu setelah itu buka alamat berikut ini kemudian pilih Buat Group Langkah selanjutnya isi formulir yang disediakan oleh google grup.


  • Nama : isi dengan nama yang kamu inginkan.
  • Descripsi group : isi dengan yang kamu inginkan
  • Bahasa utama group : pilih indonesia
  • Jenis group : pilih forum web karena sebelumnya tujuan kita membuat group untuk blog kita.
  • Izin dasar : pilih semua anggota


Selanjutnya klik buat group, contoh lengkap bisa kamu perhatikan gambar di bawah ini.

Membuat Group Untuk Blog Seperti Group Pada Facebook
Group Blog

Langkah selanjutnya akan muncul lagi formulir yang harus di isi. Untuk profile google kamu pilih centang tautkan ke profile google. Selanjutnya untuk nama yang ingin di tampilkan pilih salah satu terserah antara ikut nama lengkap profile google atau membuat nama panggilan baru. Selanjutnya pilih simpan perubahan saya.

Nah sekarang google group kamu sudah jadi. Kemudian tambahkan pesan sambutan yang ada di bawah nama group yang sudah kamu buat tadi. Tujuanya untuk memperingatkan user dalam berkomentar pada group kamu. Misalnya kata sambutan dengan " silahkan berdiskusi dengan baik dan dilarang melakukan hate speech" atau kalimat lain juga boleh kemudian pilih simpan.

B. Membuat Topik Pertama


Langkah selanjutnya adalah membuat topik pertama untuk group. Caranya pilih topik baru di bagian atas nama group. Kemudian kamu isi formulir yang muncul seperti subjek dan kalau ingin menambahkan lampiran juga bisa terserah. Untuk kolom pengetikan topik kamu isi dengan topik yang kamu inginkan misalnya "Apa pendapat netizen tentang perkembangan media sosial" atau kalimat lain juga boleh terserah. Selanjutnya untuk kolom paling bawah isi dengan tag obrolan yang di ingginkan maksimal tiga tag. Misalnya sosial media, remaja, zaman now setelah itu pilih post. Sampai di sini topik pertama sudah selesai di buat.

C. Menambahkan (embed) Group Pada Blog


Langkah selanjutnya menampilkan google group yang sudah kamu buat tadi pada blog atau website kamu. Caranya pilih icon roda gigi pada pojok kanan atas setelah itu pilih setelan group. Selanjutnya pilih menyematkan google group dan kamu copy semua kode script yang ada. Lalu buka blog kamu dan masuk ke dashboard blog kemudian pilih halaman dan buat halaman baru. Kemudian pilih pengetikan HTML isi bagian judul terlebih dahulu. Misalnya "forum silaturahmi atau group berbagi". Langkah selanjutnya pastekan kode yang sudah di copy tadi pada kolom pengetikan HTMLnya dan posting halaman.

Nah sampai disini google group kamu sudah bisa di buka melalui blog kamu. Untuk mempermudah pengunjung mengakses group yang sudah di buat, kamu tinggal menambahkan link pada menu blog. Caranya sama seperti membuat menu untuk contact from atau menu sitemap pada blog.

Jika group belum muncul pada blog kamu silahkan atur dulu setingan group ke publik pada setelan google group yang telah dibuat. Apabila masih belum muncul juga silahkan ganti kode script yang di copy tadi dengan kode di bawah ini. Ganti NAMA-GROUP-KAMU dengan ID group yang sudah dibuat.

<iframe frameborder="0" height="700" id="forum_embed" scrolling="no" src="javascript:void(0)" width="100%"></iframe><script type="text/javascript">/*<![CDATA[*/document.getElementById("forum_embed").src="https://groups.google.com/forum/embed/?place=forum/NAMA-GROUP-KAMU&showsearch=true&showpopout=true&showtabs=false&parenturl="+encodeURIComponent(window.location.href);/*]]>*/</script></div>

Apabila ada yang masih kebingungan silahkan bertanya pada kolom komentar. Dengan ini pembahasan kita tentang cara membuat group khusus untuk blog saya rasa sudah selesai. Salam blogging sobat semua.

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon