Wednesday, January 03, 2018

Mengenali Bagian Penting Pada Unit Komputer

Mengenali Bagian Penting Pada Unit Komputer

Tags

Mengenali Bagian Penting Pada Unit Komputer
Komputer

Komputer sudah menjadi alat penunjang bagi pekerjaan banyak orang. Begitu besar manfaat dari sebuah komputer. Apalagi untuk sebuah pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen. Tentu tidak akan lepas dari peran besar sebuah komputer. Misalnya mengetik laporan, editing video audio serta gambar dan sebagainya.

Komputer pertama kali ditemukan oleh Carles Babages tahun 1822. Kemudian terus dikembangkan di Fakultas Teknik Elektro di Universitas Pennsylvania oleh John Mauchly dan J. Presper Eckert. Ukuran komputer pertama yang bernama ENIAC cukup besar, yaitu berukuran kurang lebih 150 kaki berbobot 30 ton. Memiliki 19000 tabung hampa udara 1500 rilay dan ratusan ribu resistor. Sementara daya listrik yang di perlukan untuk menghidupkanya sekitar 200 kwh.

Seiring berkembangnya teknologi maka ukuran dan bentuk komputerpun menyesuaikan zaman. Saat ini ukuran sebuah unit komputer relatif kecil dan ringan. Nah bagi anda yang baru belajar mengoperasikan komputer tidak ada salahnya membaca referensi berikut tentang bagian penting pada unit komputer.

Kita mulai dari pengetian Komputer, yaitu seperangkat alat elektronik yang terdiri dari input, proses dan output yang bekerja dibawah sistim pengontrolan yang dapat mengolah data, menyimpan data, dan menyajikan kembali informasi secara cepat, tepat, dan akurat. Bagian-bagian komputer.

1. Bagian Input


Input adalah bagian computer untuk memasukkan data. Contohnya keyboard Tipe-tipe keyboard 98 K, 108 K, 109 K menunjukkan banyak tombol, dapat digunakan untuk semua jenis komputer. Selain keyboard bagian input lainya yaitu mouse.

A. Pengenalan Mouse



Mengenali Bagian Penting Pada Unit Komputer
Mouse

Mouse berfungsi untuk mempercepat aktifitas dalam penggunaan komputer. Ada dua macam bentuk mouse pertama mouse dua tombol, kedua mouse tiga tombol. Ada 4 istilah dalam penggunaan mouse pada sebuah komputer diantaranya.

  1. Klik kiri yang artinya tekan tombol kiri 1 kali.
  2. Klik ganda / double artinya tekan tombol kiri mouse 2 kali secara cepat.
  3. Klik kanan artinya tekan tombol kanan mouse 1 kali.
  4. Klik and drag atau biasa disebut klik tahan artinya tekan terus tombol kiri mouse dan geser ketempat yang di inginkan.

B. Pengenalan Keyboard



Mengenali Bagian Penting Pada Unit Komputer
Keyboard

Keyboard merupakan salah satu dari bagian input yang terdiri atas huruf, angka dan simbol. Keyboard atau papan ketik yang kita gunakan saat ini merupakan hasil pengembangan Christipher Scholes pada tahun 1868. Keyboard terdiri dari beberapa susunan tombol diantaranya.

  1. Main type keyped terdiri dari susunan hurup A sampai Z , angka 0, 1 sampai 9. Bagian ini lebih sering digunakan saat menggetik pada MS Office.
  2. Directional keys terdiri dari empat tombol masing-masing ditandai dengan karakter anak panah yang mengarah pada keempat sisi.
  3. Numeric directional keypad yaitu tombol yang terdapat pada sisi kanan dengan kombinasi angka dan tombol pemisah kursol.
  4. Function keys merupakan tombol yang berada pada bagian atas keypad. Tombol ini ditandai dengan F1 hingga F12.
  5. Special keys merupakan tombol yang terdiri dari home, delete, pageup, insert, page down, print screen, pause break dan and. Posisinya berada pada bagian atas directional key.
  6. Modifiet keys terdiri dari tombol Ctrl, Alt, dan Shift.
  7. Status light yaitu lampu indikator untuk menandakan bahwa suatu tombol sedang di gunakan. Biasanya indikator menyala saat Caps lock di gunakan sebagai fungsi menentukan huruf besar atau kecil saat pengetikan. Posisi lampu indikator biasanya berada pada bagian kanan atas keyboard.
  8. Windows Keys yaitu tombol dengan gambar logo windows fungsinya untuk memunculkan menu jendela windows tanpa harus klik melalui mouse.

2. Bagian Proses


Mengenali Bagian Penting Pada Unit Komputer
CPU

Proses adalah bagian komputer untuk mengolah data Contoh Central Prossesing Unit (CPU). Ada beberapa type CPU seperti XT, 486, 586, Pentium 1 dan seterusnya. Pada CPU terdapat memory yang berfungsi untuk menentukan kecepatan komputer. Makin tinggi memory makin cepat komputer beroperasi. Begitu juga sebaliknya. Ukuran memory terdiri dari 8 MB, MB, 32 Mb dan seterusnya.

Pada CPU terdapat Hard disk. Berfungsi untuk menampung seluruh program seperti, Microsoft Word, Ms Exel Ms Power Point dan lain-lain. Makin banyak kapasitas memory, maka makin banyak program yang dapat ditampung. Ukuran memory terdiri dari 1,28 Gb, 2,56 Gb dan seterusnya.

Setelah Hard disk terdapat Drive. Bentuk drive ada yang kecil dan ada yang besar. Drive berfungsi untuk menyimpan data ke disket, menempatkan disket, menempatkan harddisk, menempatkan data dan untuk CD-ROOM, juga Flash disk. Untuk saat ini Drive disket sudah jarang di gunakan pada komputer jenis terbaru.

Pada CPU juga terdapat tombol fisik Power/On, Reset dan Off. Fungsinya untuk menghidupkan dan mematikan komputer. Sedangkan tombol Reset untuk mematikan arus Iistrik sementara terutama pada saat komputer kita hang. Jika ingin mengaktifkan Program yang ada tinggal klik Start lalu sorot program kemudian Klik Ms Word jika anda ingin membuat sebuah laporan atau makalah. Untuk menutup program kita tiggal klik file dan klik exit.

Bila muncul notifikasi saat mengakhiri program anda tinggal pilih klik yes untuk menyimpan atau klik No untuk mengabaikan. Dalam mengakhiri program secara keseluruhan atau mematikan komputer. Kita tinggal klik start, lalu klik shut down terakhir pilih klik yes OK. Jangan dibiasakan mematikan komputer melalui tombol power pada CPU karena bisa berakibat buruk pada komputer anda.

3. Bagian Out put


Output adalah bagian komputer untuk mengeluarkan informasi Contoh Printer, Monitor. Ada beberapa type monitor CGA, VGA, SVGA, Digital. Ukurannya ada 14 inchi, 15 inchi, 20 inchi dan seterusnya.

Demikian bagian-bagian utama dari sebuah komputer semoga bisa di pahami. Setiap bagian saling berkaitan satu sama lain. Jika salah satu bagian tidak berfungsi, maka akan membawa pengaruh besar terhadap pengoperasian komputer.

A man is known by the companion he keeps !

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon