Wednesday, January 24, 2018

Cara Mudah Membuat Sitemap Responsive Pada Blog

Cara Mudah Membuat Sitemap Responsive Pada Blog

Tags

Cara Mudah Membuat Sitemap Pada Blogger
Sitemap

Apa kabar sobat blogger masih semangat untuk nge blog bukan, smoga tetap semangat ya. Kali ini ketemu lagi untuk berbagi ilmu sekaligus melengkapi dokumentasi dari artikel blog saya. Kita akan mengulas tentang Sitemap atau halaman sitemap pada sebuah website atau blog.

Sitemap merupakan bagian penting dari sebuah blog. Dengan adanya sitemap akan memudahkan pengunjung melihat dokumentasi dari artikel blog kita. Melalui sitemap pengunjung bisa lebih mudah memilih artikel mana yang dibutuhkannya. Jadi sitemap juga bisa menghemat waktu dalam pencarian artikel pada blog. Pengunjung tidak harus membuka satu demi satu untuk mencari artikel yang ia butuhkan pada blog kita.

Pada sitemap terdapat deretan judul dari artikel yang pernah kita posting. Dengan kata lain sitemap itu adalah peta situs dari blog kita. Sitemap juga berfungsi untuk memudahkan search engin dalam merayapi blog kita atau bahasa kerenya crawler.

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat sitemap responsive pada blog khususnya pada blogger. Sitemap pada blog di buat dengan menggunakan halaman khusus dari sebuah blog. Dimana pada halaman tersebut terdapat deretan link yang mengarah pada masing-masing artikel. Link tersebut akan sesuai dengan judul dari tiap-tiap artikel.

Oke tanpa panjang lebar lagi cara membuat sitemap pada blog mari ikuti langkah-langkah berikut ini. Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah membuka dashboard blog kemudian pilih halaman dan klik buat halaman baru. Kemudian isi judul halaman terlebih dahulu misalnya "Halaman Sitemap". Setelah itu pada kolom pengetikan pojok kiri pilih HTML lalu copy kode di bawah ini.

<div style="margin: auto; max-height: 1200px; overflow: auto; padding: 3px; text-align: left; width: 100%;">
<script src="https://cdn.rawgit.com/Arlina-Design/redvision/master/daftsimple.js"></script><script src="/feeds/posts/default?max-results=999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>
</div>
</div>

Langkah selanjutnya pilih publikasikan halaman dan lihat hasilnya. Sampai di sini sobat seharusnya sudah berhasil membuat halaman sitemap pada blog. Sebelumnya script ini saya dapat dari blognya mbak arlina. Saat ini blog sayapun menggunakan script yang sama. Sobat bisa lihat penampakanya pada sitemap blog saya. Jadi script ini 100% bisa digunakan dan bermanfaat sekali. Untuk sobat blogger yang masih bingung silahkan tanya pada kolom komentar. Salam blogger mania jabat erat sobat blogger.

A man is known by the companion he keeps !

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon