Saturday, January 06, 2018

Cara Embed Sosial Media Pada Blogger

Cara Embed Sosial Media Pada Blogger

Tags

Cara Embed Sosial Media Pada Blogger
Embed

Hallo sobat blogger kali ini kita akan membahas tentang embed generator untuk halaman blog atau web. Pengertian embed sendiri menurut istilah bahasa menambahkan, meletakan dan menyimpan. Sedangkan menurut istilah saya pribadi embed itu sama dengan mengutip sosial media ke halaman blog kita.

Mengutip sesuatu seperti kalimat, photo dan video sesuai dengan aslinya. Otomatis di sertakan link ke sumber yang bersangkutan tanpa merubah tampilanya. Embed ini bisa kita lakukan pada timeline dari media sosial seperti Youtube, Instagram, Twitter dan facebook.

Mungkin sebelumnya kamu pernah melihat kutipan embed sosial media nangkring di tengah artikel pastinya keren bukan ?. Untuk para blogger pemula dari pada mengcopy kutipan orang mendingan kamu embed saja langsung ke blog kamu biar aman. Syaratnya tentu akun yang akan kita embed itu bersifat publik. Berikut kita akan bahas cara embed dari beberapa media sosial.

Embed Sosial Media Untuk Blog


1. Embed Instagram.


Untuk embed instagram pertama login dulu ke akun kamu. Setelah itu pilih video atau photo yang akan di embed. Kemudian tab tiga titik pada menu. Setelah itu pilih embed copy semua kode yang ada. Contoh seperti gambar dibawah :

Cara Embed Sosial Media Pada Blogger
Embed Instagram

Untuk menempatkan kode embed pada halam artikel, kita tinggal pilih HTML pada menu pengetikan pojok atas sebelah kiri. Pastekan kode embed yang sudah di copy selesai dan publish artikel kamu.

Contoh :

Sebuah kiriman dibagikan oleh SINDOinfo (@sindoinfo) pada


2. Embed Twitter.


Yang kedua yaitu cara embed twitter kehalaman artikel blog. Di dalam artikel blog kita juga bisa menyisipkan timeline dari twitter. Baik timeline pribadi ataupun dari akun orang lain dengan syarat privasi akunya harus bersifat publik.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu meng copy url twitt yang akan di embed. Kemudian menuju ke sini https://publish.twitter.com pastekan url twitt yang sudah di copy tadi. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut.

Cara Embed Sosial Media Pada Blogger
Embed Twitter

Setelah itu copy hasil embednya masuk ke dashboard blogger kamu. Buka halaman artikel kamu. Pada menu pojok kanan atas pilih HTML dan pastekan kode embet tadi di dalam artikel selesai dan publish artikelmu.

Contoh:



3. Embed Facebook.


Untuk embed facebook kita harus memiliki App ID facebook. Bagi yang belum punya appid silahkan registrasi dulu ke sini https://developers.facebook.com/apps. Setelah registrasi masuk kesini https://developers.facebook.com/docs/plugins.

Kemudian pada menu plugins sebelah kiri pilih sematkan kiriman. Setelah itu copy url status fb yang akan di embed. Untuk lebih mudah mendapatkan url status yang akan di embed sebaiknya facebook di buka melalui browser PC. Pastekan pada kolom generator kode di menu sematkan kiriman. Lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

Cara Embed Sosial Media Pada Blogger
Embed Facebook

Setelah itu pilih menu dapatkan kode dan copy semua kode yang ada. Lalu buka dashboar blog kamu di halaman pengetikan artikel pilih HTML di pojok kanan atas. Kemudian pastekan kode embed yang sudah di copy tadi di dalam artikelmu. Selesai publish artikel dan lihat hasilnya.

Contoh :

HUJAN
Dikirim oleh Rangmudo pada 16 Desember 2017

4. Embed youtube.


Embed video youtube di dalam artikel juga bisa kita lakukan. Dalam embed video youtube pada artikel sebetulnya tergantung dari jenis template yang kita gunakan. Supaya hasilnya nanti lebih bagus dan responsive. Pada umumnya jenis template terbaru saat ini sudah suport embed video youtube responsive. Bagi sobat yang templatenya belum suport embed video youtube responsive silahkan ikuti langkah berikut.

1. Pertama buka dashboard blog kamu kemudian pilih template dan edit HTML. Setelah itu copy kode di bawah ini di atas

/* Youtube Responsive */

.videoyoutube{text-align:center;margin:auto;width:100%;}

.video-responsive{position:relative;padding-bottom:56.25%;height:0;overflow:hidden;}

.video-responsive iframe{position:absolute;top:0;left:0;width:100%;height:100%;border:0}


2. Kemudian salin dan letakan kode di bawah sebelum
lalu simpan template.

<script type="text/javascript">
//<![CDATA[
// Youtube Responsive
setTimeout(function(){$(".video-youtube").each(function(){$(this).replaceWith('<iframe class="video-youtube loader" src="'+$(this).data("src")+'" allowfullscreen="allowfullscreen" height="281" width="500"></iframe>')})},5e3);
//]]>
</script>


3. Untuk meletakan embed video youtube di dalam artikel kamu bisa gunakan kode berikut. Jangan lupa ganti dulu SIMPAN LINK EMBED VIDEO DI SINI dengan link video youtube yang kamu inginkan. Contoh link embed lihat pada gambar dibawah.

Cara Embed Sosial Media Pada Blogger
Contoh link embed

Setelah di ganti copy kode tersebut dan pastekan di dalam artikel kamu. Jangan lupa sebelum mempastekanya pilih dulu HTML di pojok kiri atas kolom pengetikan artikel. Setelah itu publish artikel sobat dan lihat hasilnya.

<div class="videoyoutube">
<div class="video-responsive">
<div class="video-youtube loader" data-src="SIMPAN-LINK-EMBED-VIDEO-DI-SINI">
</div>
</div>
</div>

Contoh :


Demikianlah sobat cara embed sosial media di dalam artikel blog kita. Gimana mudah bukan, jika masih bingung silahkan di tanya pada kolom komentar. Oh iya embed video youtube responsivenya saya dapat dari tutor mbak arlina.

A man is known by the companion he keeps !

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon