Tuesday, December 05, 2017

Manfaat Dan Mudhorat Mengkosumsi Keong Sawah

Manfaat Dan Mudhorat Mengkosumsi Keong Sawah

Tags

Manfaat Dan Mudhorat Mengkosumsi Keong Sawah
Keong

Tutut atau keong sawah merupakan salah satu makanan yang di gemari oleh sebagian orang. Cara memakan dan rasa yang unik membuat orang kian suka mengkosumsinya.

Tutut atau Keong sawah merupakan sejenis hewan bercangkang yang berada pada perairan tropis seperti sawah, parit dan danau. Keong sawah biasa juga di sebut keong siput air atau tutut. Sepintas memang keong sawah terlihat mirip dengan bekicot hanya saja keong sawah lebih sering hidup di air tapi bekicot lebih sering hidup di darat.

Keong yang memiliki tinggi sekitar 44 mm dan diameter sekitar 15 sampai 26 mm memiliki cangkang seperti kerucut bewarna kuning kecokelatan, kadang ada juga yang bewarna hijau kekuningan bahkan ada yang hitam.

Dilihat dari kandungan gizi, keong sawah menurut hasil riset Positive Deviance Resource Centreter di dapat 12% protein, 217 mg kalsium, rendah kolesterol, 81 gram air di setiap 100 gra keong. Disamping itu, keong sawah juga mengandung energi, protein, kalsium, karbohidrat, phospor, dan vitamin yang baik untuk kesehatan.

Dilihat secara ilmu gizi keong sawah mempunyai manfaat dan mudhorat juga loh sobat rancax. Apa sajakah itu mari kita bahas satu persatu :

A. Keong Sawah Dari Sisi Manfaat


1. Keong Sawah Bisa Sebagai Pengganti Susu


Karena menyimpang sekitar 217mg kalsium dalam 100 gram daging keong. Hal ini setara dengan segelas susu.

2. Keong Sawah Bisa Sebagai Alternatif Protein Hewani


Keong sawah mengandung protein hewani yang tinggi sekitar 12% sehingga bisa jadi alternatif sumber protein yang murah meriah.

3. Keong Sawah Bisa Juga Sebagai Obat Alternatif


Selain mempunyai kandungan gizi yang cukup ternyata keong sawah juga bisa dijadikan sebagai obat alternatif seperti diabetes, penyakit kuning, liver, maag, kolesterol, ambeyen dan penyakit lainnya.

Baca juga Cara mudah menghilangkan warna hitam pada kelopak mata

Kandungan omega 9 pada keong sawah mampu mengontrol kolesterol jahat dalam tubuh. Mendukung fungsi kekebalan tubuh dan baik untuk kecantikan.

4. Keong Sawah Kaya Akan Kandungan Omega Tiga


Seperti yang kita ketahui omega tiga dibutuhkan manusia untuk perkembangan tubuh dan rambut. Nah pada keong sawah juga terdapat omega tiga loh sobat rancax. Menurut Institut Pertanian Bogor IPB keong sawah mengandung asam Omega 3, 6 dan 9.

5. Keong Sawah Kaya Akan Multi Vitamin


Vitamin sangat di butuhkan oleh tubuh manusia. Jika kita mengkosumsi keong sawah maka kita akan mendapatkan asupan vitamin A, E, niacin, dan folat. Float biasanya lebih dibutuhkan oleh ibu hamil supaya bayinya tidak caca.

6. Keong Sawah Juga Sering Digunakan Untuk Pakan Hewan Ternak


Hewan ternak seperti itik, ayam dan bebek bisa di kasih pakan ternak seperti keong sawah karna efisien mudah di dapat dan murah. Sehingga para peternak tidak perlu lagi mengeluarkan uang lebih untuk pakan ternak mereka.

Disamping banyak manfaat yang di dapat dari mengkosumsi keong sawah, ternyata ada bahayanya juga loh sobat rancax bila terlalu sering memakan keong sawah. Apa sajakah bahayanya mari ikuti paragraf berikutnya :

B. Mudhoratnya Mengkosumsi Keong Sawah


1. Keong Sawah Bisa Menyebabkan Cacingan.


Keong sawah yang di olah dengan cara yang salah ternyata dapat menyebabkan cacingan pada manusia. Nah hati hati loh sobat rancax jika mengkosumsi keong sawah sembarangan.

2. Keong Sawah Bisa Menyebabkan Infeksi Kronis Pada Manusia.


Habitat keong sawah yang selalu di dalam air yang belum tentu steril bisa membawa cacing Schistosoma apalagi keong sawah mempunyai cangkang yang bisa sebagai tempat berkembangnya cacing. Schistosoma adalah sejenis cacing parasit yang menyebabkan kerusakan pada sistem kemih, ureter, kerusakan ginjal dan gagal ginjal yang disebut Schistosomiasis. Schistosomiasis bisa menyebabkan kematian.

3. Keong Sawah Bisa Menyebabkan Meningitis.


Keong sawah yang terkontaminasi cacing Angiostrongylus Cantonensis bisa menyebabkan meningitis. Meningitis adalah penyakit radang selaput otak dan sumsum tulang belakang pada tubuh manusia. Untuk itu cara pengolahan yang benar pada keong sawah sangat dibutuhkan. Jangan sembarangan mengkosumsi keong sawah jika anda tidak ingin sakit.

Walaupun banyak manfaat dari daging keong sawah, namun kesalahan dalam pengolahan daging keong juga sangat berbahaya sekali. Keong sangat berperan sebagai perantara cacing Trematoda pada manusia.

Baca juga Menjual kemiskinan di Televisi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa  keong berperan sebagai perantara cacing pada tubuh manusia. Penelitian menunjukkan bahwa larva cacing usus akan mati jika direbus selama 20 menit menggunakan api besar, 39 menit menggunakan api sedang, dan 62 menit menggunakan api kecil.

Jadi hati-hati dalam mengkosumsi keong sawah ya sobat rancax. Jangan jadikan keong sawah sebagai makanan pokok. Ingat kandungan gizi dari keong sawah bisa kita dapat dari mengkosumsi makanan yang lain semisal sayuran, ikan, daging sapi, daging ayam, telur, susu dang sebagainya. Bijaklah dalam memilih makanan demi mendapatkan tubuh yang sehat. Karna sakit itu mahal sobat, sehat itu murah tergantung pola hidup kita.

A man is known by the companion he keeps !

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon