Saturday, December 30, 2017

Lima Rekomendasi Penyedia Layanan Website Blog Gratis

Lima Rekomendasi Penyedia Layanan Website Blog Gratis

Tags

Lima Rekomendasi Penyedia Layanan Website Blog Gratis
Tips Blogger

Para pengguna internet yang ada niat dalam membangun sebuah website pribadi ataupun untuk usaha online. Hendaklah dipikirkan matang-matang sejak dini, layanan mana yang hendak di pilih. Karena begitu banyak penyedia layanan website yang ada bahkan ada juga yang gratisan.

Tentu semuanya itu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagai gambaran untuk kamu tidak ada salahnya membaca rekomendasi saya berikut. Ada lima layanan penyedia website dan blog gratis yang populer saat ini. Apa sajakah itu mari kita simak poin-poin berikut.

1. Layanan Blogger.



Lima Rekomendasi Penyedia Layanan Website Blog Gratis.
Blogger

Blogger pada awalnya bukanlah milik dari google. Pertama kali penyedia layanan blog yang di sebut dengan blogger ini dibuat oleh Pyra Labs. Pendirinya adalah Evan Williams dan Meg Hourihan. Layanan ini disebarluaskan pada Agustus 1999. Kemudian pada tahun 2003 di akuisi oleh google.

Secara umum, blog yang di host oleh Google berada di bawah subdomain blogspot,com. Saat ini blogger menjadi salah satu situs penyedia layanan blog gratis yang sangat populer di dunia. Layanan blogger ini banyak di gunakan oleh para pengguna internet di dunia termasuk di Indonesia. Layanan blogger terbilang mudah untuk di gunakan.

Biasanya para pengguna internet memakai blogger untuk menulis sebuah catatan pribadi, atau digunakan oleh jurnalis dalam menulis sebuah berita atau informasi dan sebagainya. Subdomain awal yang berupa blogspot bisa di ganti dengan subdomain berbayar seperti ,com ,id ,net dan sebagainya jadi sangat flexibel. Walaupun gratisan layanan blogger bisa di monitisasi dengan google adsense. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

2. Layanan Wordpress.


Lima Rekomendasi Penyedia Layanan Website Blog Gratis.
Wordpress

Penyedia layanan blog yang kedua yaitu wordpress,com. Layanan ini juga gratis dan tidak kalah populer dari blogger. Bahkan dikabarkan layanan worpress ini menguasai seperempat layanan web di dunia. Pemilik layanan wordpress adalah salah satu dari pendiri microsoft yang bernama lengkap Matthew Charles Mullenweg. Secara umum, blog yang di host oleh wordpress akan berada di bawah subdomain worpress,com.

Di indonesia sendiri worpress juga banyak di gunakan oleh para pengguna internet khususnya blog. Secara tehknik wordpress di bangun dengan sebuah bahasa pemrograman PHP dan berbasis data (database) MySQL. Dalam teknik pengguna dasar worpress juga terbilang mudah. Saya sendiri pertama kali belajar ngeblog menggunakan worpress. Baru beberapa tahun ini pindah ke blogger karna pengen mencoba sesuatu yang baru.

Layanan wordpress sangat cocok di pakai untuk web komersial seperti website jual beli bahkan media berita. Kelebihan dari wordpress ini di antaranya sangat cepat untuk digunakan dalam hal pengoptimalan SEO (Search Engine Optimization). Tetapi kekurangannya belum bisa dimonetize sebelum menggunakan domain sendiri. Alias tidak bisa di daftarkan ke google adsense sebelum domainya di ganti. Layanan wordpress juga ada aplikasi yang cukup komplit bisa membantu sobat dalam ngeblog melalui smart phone.

3. Layanan Tumblr.


Lima Rekomendasi Penyedia Layanan Website Blog Gratis.
Tumblr

Penyedia layanan blog yang ketiga yaitu bernama Tumbrl. Layanan ini lebih cendrung seperti situs media sosial. Pengguna bisa mengirimkan konten multimedia atau lainnya tapi dalam bentuk blog dengan artikel pendek. Pendiri layanan tumbrl ini bernama lengkap David Karp. Dia berhasil mengantarkan tumbrl menjadi salah satu layanan blog terpopuler di dunia.

Menurut kabar yang beredar pihak Yahoo sudah mengakusisi Tumblr. Tidak tanggung-tanggung Yahoo mengakusisi Tumblr dengan nominal 10 Triliun rupiah. Dari akusisi Yahoo terhadap Tumblr ini David Karp, pendiri dan sekaligus CEO Tumblr. Diestimasi mendapatkan USD 253 juta atau sekitar 2 triliun lebih dan sebagian dari saham Yahoo hasil akuisisi tersebut.

Secara umum, blog yang di host oleh yahoo ini berada di bawah subdomain tumbrl,com. Layanan tumbrl ini juga banyak di gunakan oleh pengguna internet di indonesia. Layanan blog dengan tampilan sederhana berupa situs mikroblog dan mirip jejaring sosial ini. Seakan mempermudah para pengguna dalam berinteraksi pada setiap konten yang telah di muat. Penguna dapat berkomentar, menyukai bahkan mereblog seperti layaknya meretwitt pada twitter.

4. Layanan Weebly.


Lima Rekomendasi Penyedia Layanan Website Blog Gratis.
Weebly

Penyedia layanan yang keempat yaitu Weebly. Layanan Weebly memang belum begitu populer seperti beberapa layanan yang sudah kita bahas di atas. Tapi uniknya layanan blog pada weebly sering digunakan untuk penipuan oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Bahkan di Indonesia sendiri banyak blogger jahil menggunakan Weebly yang isi kontenya penipuan jadi harus hati-hati.

Weebly merupakan layanan penyedia website gratis yang berbasis di San Francisco, Kalifornia. Didirikan oleh tiga sekawan David Rusenko, Dan Veltri, dan Chris Fanini. Pada tahun 2007 Weebly berhasil memperoleh penghargaan sebagai website terbaik nomor 4 dalam list 50 website terbaik versi majalah Time.

Dalam penggunaan layanan Weebly pengguna banyak mendapatkan kemudahan untuk membuat halaman web. Kita tidak perlu memahami HTML, CSS, Javascript, client server side scripting secara matang. Dengan layanan Weebly cukup menggunakan widget style format sehingga untuk membuat sebuah website sangat mudah. Pengguna cukup memainkan klik mouse, drag and drop (geser dan letakkan) elemen-elemen yang dibutuhkan ke halaman yang kita buat.

Weebly biasanya digunakan sebagai online presence untuk menampilkan profil perusahaan atau organisasi di internet. Membuat website ecommerce untuk melayani transaksi online dalam skala kecil menengah, portfolio, website pernikahan, situs resmi kelas sekolah, dan sebagainya.

5. Layanan Kompassiana.


Lima Rekomendasi Penyedia Layanan Website Blog Gratis.
Kompassiana

Yang kelima yaitu layanan blog gratis kompassiana. Merupakan layanan blog jurnalis dari kompas,com yang bertansformasi menjadi layanan citizen media. Kompasiana merupakan anak perusahaan dari Kompas Gramedia. Pada layanan kompassiana kita bisa mewartakan peristiwa, menyampaikan pendapat dan gagasan kita serta menyalurkan aspirasi dalam bentuk tulisan, gambar, rekaman, audio dan video.

Setiap pengguna yang sudah mendaftar pada kompassiana akan di berikan blog pribadi. Di sana kita bisa menulis bermacam artikel menyampaikan gagasan, pendapat, ulasan maupun tanggapan. Para pengguna kompassiana lebih di tuntut menjadi jurnalis. Jadi buat kamu yang bercita-cita jadi jurnalis tak ada salahnya ikut gabung pada kompassiana.

Setiap akun yang sudah bergabung pada kompassiana biasanya di sebut kompasianer. Setiap konten yang sudah kita posting dan tayang di Kompasiana. Akan menjadi tanggung jawab kita sebagai kompasianer. Disana kita juga di sediakan ruang untuk berinteraksi antar kompassianer.

Itulah lima layanan penyedia blog gratis yang saat ini sedang populer pada pengguna internet. Jadi untuk kamu para pemula yang berkeinginan membangun blog silahkan pilih salah satu dari layanan diatas. Sekedar saran dari saya pilihlah layanan dari blogger atau wordpress. Karena akunya lebih prifat aman dan bisa di monitisasi untuk mendapatkan penghasilan tentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

A man is known by the companion he keeps !

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon