Sunday, December 17, 2017

Kiat Mengajarkan Anak Rajin Ibadah Sejak Dini.

Kiat Mengajarkan Anak Rajin Ibadah Sejak Dini.

Tags

Kiat Mengajarkan Anak Sholat Sejak Dini
Anak

Mendidik anak mengenalkan dia tentang ibadah dan kebaikan sedini mungkin harus di lakukan. Ini merupakan pekerjaan wajib bagi para orang tua. Karena anak adalah titipan Allah, amanah yang diberikan Tuhan kepada setiap orang tua. Sukses atau tidaknya orang tua mendidik anak akan di pertanggung jawabkan di akhirat kelak.

Mendidik anak tentu bukan perkara mudah butuh kesabaran dan ketelitian dalam mengawasi tingkah laku anak. Mendekatkan anak sedini mungkin kepada agama merupakan langkah yang tepat demi terciptanya generasi muda yang beriman dan berahklak baik. Tapi yang namanya anak-anak tentu agak susah untuk di nasehati begitu saja. Nah berikut ada kiat-kiat supaya anak bisa rajin beribadah rajin sholat sejak dini.

Kiat Mengajarkan Anak Rajin Ibadah


1. Memberi Dukungan Atau Penghargaan Pada Anak.


Setiap kali anak sukses dalam melakukan kebaikan, cobalah untuk memberikan apresiasi atau hadiah. Pada dasarnya anak usia sekolah pertama, biasanya mereka senang jika diberi hadiah dalam melakukan sesuatu. Dengan diberikanya hadiah maka sang anak kedepanya akan lebih bersemangat lagi untuk melakukan kebaikan-kebaikan selanjutnya.

Dalam memberikan hadiah hendaklah anda harus beri ia pengertian, bahwa siapa saja yang menjalankan Sholat misalnya akan mendapatkan pahala dan tidak mendapat siksa. Dengan cara seperti ini sianak akan paham dengan beribadah maka kita akan mendapatkan banyak kebaikan dan manfaat.

2. Memberi Contoh Yang Nyata Pada Anak.


Ketika orang tua hendak menyuruh anak nya untuk beribadah sholat maka jangan hanya sekedar menyuruh anak saja. Tapi Anda pun harus mencontohkan Sholat tepat waktu. Anak adalah sebaik-baik peniru dari orang tuanya. Dengan melihat orang tuanya sholat tepat waktu dan melakukan banyak kebaikan. Maka sang anak akan mencontohnya. Seperti kata pepatah buah jatuh tak jauh dari pohonya.

Jadi berilah contoh terlebih dahulu kepada anak. Jangan sampai nyuruh anak untuk sholat sementara anda tidak ikut sholat. Bisa jadi nanti jawaban anak, "mama papa aja gak sholat kok aku di suruh". Kalo begini jawaban sang anak anda bisa apa nantinya malu kan ?. Oleh sebab itu berilah contoh yang baik pada anak.

3. Membiasakan Stop Aktifitas Ketika Waktu Sholat Tiba.


Untuk para orang tua hentikanlah segala aktivitas ketika waktunya Sholat tiba. Sebaiknya Anda menghentikan semua hal yang bisa membuat anak Anda menjadi lalai dalam menjalankan Sholat. Ketika azan berkumandang langsung saja berhenti beraktifitas panggil anak untuk segera melaksanakan sholat berjamaah.

Jadi jika hal ini sudah di terapkan tidak akan ada lagi yang namanya sholat bolong-bolong. Sang anakpun akan di siplin dalam mengatur waktunya dan ini adalah pelajaran penting bagi anak saat dewasa nanti. Menghargai waktu disiplin dalam berbagai aspek kehidupan. Jangan nanti menyesal di ujung waktu, karna waktu tidak bisa di putal ulang.

4. Kiat Jika Anak Sudah Remaja Dan Dewasa.


Jika anak Anda sudah beranjak dewasa dan bisa memegang gadget, maka cara mengingatkanya supaya selalu tepat waktu dalam beribadah. Bisa di lakukan dengan cara meingatkan lewat gadget itu sendiri. Misa lewat SMS, menelphon atau ingatkan langsung ke akun medsos sang anak. Para orang tua tidak perlu malu untuk melakukannya, mengawasi dan mengingatkan merupakan kewajiban Anda.

Jangan jadi orang tua yang terlalu gaptek. Kalau orang tua tidak bisa mengawasi anak lewat gedget maka akibatnya anak bisa terkena pengaruh negatif teknologi. Bukan rahasia umum lagi bahwa sisi negatif dari kemajuan teknologi juga sangat banyak. Nah para orang tua belajarlah menggunakan gadget minimal bisa mengoperasikanya supaya anda bisa mengawasi buah hati anda di dunia maya/internet.

5. Ajarkan Anak Mengenal Allah.


Ajarkan anak kita sejak dini untuk mengenal Allah dengan cara yang sederhana, misalnya untuk anak perempuan dengan cara berhijab. Mengenalkan anak untuk taat agama dan mengenal Allah Tuhanya, merupakan langkah terbaik untuk membangun ahklak dan tingkah laku anak. Karena segala sesuatu yang baik di dunia ini sudah di atur oleh agama.

Dengan di tanamkanya konsep mendidik sejak dini InsyaAllah dewasa nanti anak tidak akan gamang menjalani hidupnya. Anak akan tau cara terbaik menghadapi masalah hidup nantinya. Perilakunya akan selalu mengarah kepada kebaikan karna dari kecil sudah dekat dengan ibadah.

Saat ini Sholat menjadi hal yang paling mudah untuk ditinggalkan. Padahal amalan yang pertama kali akan dihisab adalah Sholat. Oleh karena itu tanamkan pada diri anak Anda untuk taat menjalankan ibadah sejak dini. Karena itu semua sebagai bekal untuknya saat mereka berada di akhirat nanti. Kesuksesan sang anak meraih cita-cita dunia akhirat tidak terlepas dari didikan dan doa dari orang tuanya.

A man is known by the companion he keeps !

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon