Tuesday, December 26, 2017

Cara memasang winget pada blog

Cara memasang winget pada blog

Tags

Cara memasang winget pada blog
Ngeblogger

RancaxMemasang winget atau gadget pada blogger berfungsi untuk memudahkan navigasi blog. Sekaligus untuk mempercantik tampilan dari sebuah blog. Letak winget pada blog biasanya berada pada sisi blog atau lebih tepatnya berada pada sidebar. Dengan winget sidebar kita bisa menampilkan bermacam kreasi.

Seperti meletakan artikel populer, profil penulis, menampilkan arsip dari blog kita, serta menampilkan media photo atau video pada sidebar blog. Fiture winget dari blogger ini bisa dipasang dan dihapus dengan mudah. Jadi sebagai pemula saya rasa memasang winget pada sidebar blog bukanlah hal yang terlalu sulit.

Bagi blogger pemula pasti ada keinginan tersendiri untuk mempercantik tampilan blog pribadinya. Salah satu cara yaitu dengan memasang dan melengkapi winget yang sekiranya penting. Seperti layaknya blogger propesional. Bagaimanakah langkah-langkahnya mari kita simak semoga pembahasan ini bisa memberi sedikit pencerahan ataupun gambaran untuk blogger pemula.

Pada tahapan pertama pastikan kamu sudah login ke dasbor blog jika belum silahkan login. Setelah login kemudian pilih tata letak di menu bagian kiri blog. Setelah masuk ke menu tata letak kamu akan menemukan kotak dengan tulisan warna biru tambahkan gedget. Silahkan klik tulisan tersebut untuk masuk kepada menu pilihan gedget lebih jelasnya lihat gambar berikut.

Cara memasang winget pada blog
Dasbor

Didalam menu tambahkan gadget kamu akan melihat berbagai pilihan menu lainya. Silahkan pilih winget mana yang ingin kamu pasang pada sidebar blog pribadimu. Sekedar saran pilihlah winget yang benar-benar dibutuhkan jangan memasang winget terlalu banyak. Biasanya blogger pemula selalu over dalam memasang winget pada blog pribadinya. 

Cara memasang winget pada blog
Dasbor tambah gedget

Hal seperti ini juga pernah saya lakukan sebelumnya, karna saya menganggap semakin banyak winget maka blog semakin keren dan bagus. Sebetulnya tidak demikian malah kebalikanya semakin banyak winget yang di pasang pengunjung akan semakin bingung melihat isi artikel. Lagi pula banyaknya winget yang di pasang akan berpengaruh pada loading blog kita bisa menjadi lambat. Jadi para pemula jangan di ulangi kesalahan ini ya.

Sebagai contoh biasanya para blogger master hanya memasang beberapa winget penting saja pada sidebar blog mereka diantaranya :

  • Winget artikel populer berisikan postingan populer dari blog kita.
  • Winget profil penulis menampilkan profil akun google kita seperti G-plus.
  • Winget arsip merupakan kumpulan dari arsip artikel yang sudah kita posting pada blog sesuai tanggal dan bulan.
  • Winget label yaitu kumpulan artikel dengan satu pokok pembahasan atau label posting.
  • Winget HTML/JavaScrip biasanya di gunakan untuk memasang winget dari pihak ketiga misanlnya menampilkan video youtube pada sidebar blog atau untuk memasang baner iklan bagi yang sudah punya sponsor.

Itulah sobat beberapa langkah untuk memasang winget pada sidebar blog. Tidak terlalu sulit bukan, dalam memasang winget sebetulnya sifatnya tidaklah wajib. Hanya opsional saja tergantung kebutuhan kita. Silahkan kreasikan pada blog sobat supaya blog terlihat lebih keren dan profesional.

Saat ini untuk blog yang masih menggunakan template bawaan blogger winget hanya akan muncul pada tampilan destop. Tetapi jika blog sobat sudah menggunakan template pihak ketiga winget biasanya sudah bisa muncul ketika blog di buka melalui ponsel. Karena pada umumnya template saat ini sudah mobile friendly.

A man is known by the companion he keeps !

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon

Ketik kata kunci dan tekan enter