Sunday, December 24, 2017

Belajar Membuat Blog Pribadi

Belajar Membuat Blog Pribadi

Tags

Belajar Membuat Blog Pribadi
Blogger

RancaxUntuk sebagian orang menulis merupakan sebuah hobby dan sarana tempat menumpahkan fikiran kedalam suatu kalimat. Menjadi seorang penulis bukanlah suatu hal yang mudah, butuh imajinasi ketepatan dalam mengolah kata demi kata. Sebuah tulisan lebih mampu mengubah pandangan orang terhadap suatu hal dari pada berbicara langsung.

Begitulah saktinya sebuah tulisan bisa mempengaruhi pandangan orang lain ke arah yang diinginkan si penulis. Bagi sobat yang suka menulis tidak ada salahnya untuk mencoba membuat web pribadi. Web pribadi ini bisa di buat melalui akun google, jadi bagi kamu yang sudah punya akun google bisa langsung login ke blogger.

Sebetulnya layanan penyedia web atau blog ini banyak macamnya, ada yang berbayar dan adapula yang gratis. Untuk tahap belajar sebaiknya gunakan yang gratis dulu. Nanti kalau sudah paham bisa di upgrade domain (nama blog) ke yang berbayar. Melalui google kita bisa memiliki blog pribadi secara gratis. Berikut langkah-langkah yang harus disiapkan untuk pemula.

1. Tentukan Topik.


Sebelum mulai membuat blog pribadi, sebaiknya kamu pikirkan dulu topik yang ingin kamu tulis dalam blog pribadi itu. Misalnya kamu ingin menulis tentang memasak, berkebun, tentang traveling dan sebagainya.

Tentukan salah satu topik saja supaya nanti lebih mudah di temukan orang-orang saat mencari informasi di mesin pencari google. Jika topik yang ingin kamu bahas dalam blog pribadimu sudah di tentukan sekarang kita lanjut kelangkah berikutnya.

2. Registrasi Blog.



Belajar Membuat Blog Pribadi
Blogger

Untuk langkah kedua ini saya anggap kamu sudah memiliki akun google, jika belum silahkan daftar dengan layanan email dari google. Langkah selanjutnya login ke blogger atau klik alamat ini www.blogger.com. Setelah muncul tampilanya kemudian pilih menu buat blog. Setelah itu masukan email dan kata sandi akun google kamu. Kemudian pilih nama blog (alamat URL blog) yang kamu inginkan. Misalnya memakai nama kamu sendiri atau nama lainya.

3. Tentukan Template.


Masih pada menu registrasi kamu pilih template yang sudah di sediakan oleh pihak blogger. Untuk template ini ada yang berbayar dan ada yang gratis. Sekedar saran dari saya pilihlah yang gratis terlebih dahulu. Karena kita masih dalam tahap belajar, kedepanya template bisa di gonta ganti jadi gak ada masalah sampai disini. Setelah templatenya kamu pilih kemudian klik menu buat blog.

4. Mulai Menulis Posting.


Buatlah artikel pertamamu dengan cara pilih postingan pada bagian pojok kiri atas kemudian entri baru. Kolom kosong akan terbuka mirip seperti microsoftword. Isi judul artikelmu mulailah mengetik, pada isi artikel bisa di sisipkan gambar ataupun video dengan durasi yang di tentukan oleh blogger.

Setelah pengetikan selesai pilih publikasikan klik di samping judul berwarna oranye. Untuk tahap awal blog pribadi kamu sudah selesai. Sekarang artikel pertama kamu sudah bisa di lihat oleh pembaca dengan cara membuka alamat URL blog kamu. Dalam menulis pada blog pribadi, usahakan minimal satu artikel dalam satu hari.

Tujuanya supaya cepat terindek oleh mesin pencari google. Karena dengan artikel yang komplit akan di senangi oleh mesin pencari google. Para pembaca akan lebih sering berkunjung ke blog pribadimu.

Artikel yang kamu tulis pada blog pribadi juga bisa di share ke sosial media. Setiap selesai memposting artikel jangan lupa untuk share ke akun sosial media kamu beritahu temanmu supaya blog pribadimu jadi ramai.

Indahnya berbagi ilmu melalui blog pribadi akan membuat rasa bangga tersendiri bagi seseorang. Zaman now bukan lagi zaman kertas masyarakat sudah beralih ke era digital.

Membuat blog pribadi saat ini merupakan salah satu cara jitu untuk mempublikasikan tulisanmu. Jadi untuk yang suka menulis tidak ada salahnya mulai membuat blog pribadi.

Sebagai catatan usahakan tulisanmu original hasil pemikiranmu jangan sampai copy paste tulisan orang. Karna kedepanya akan membuat kamu menyesal sudah capek menulis tapi gak ada hasilnya.

A man is known by the companion he keeps !

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon