Thursday, December 28, 2017

Lima Poin Yang Harus Diperhatikan Blogger Pemula

Lima Poin Yang Harus Diperhatikan Blogger Pemula

Tags

Lima Poin Yang Harus Diperhatikan Blogger Pemula
Blogger

Membangun suatu blog pribadi memang gampang-gampang susah. Akan banyak sekali rintangan yang di hadapi kedepanya. Seperti rasa jenuh, rasa bosan, dan buntunya ide untuk melahirkan karya tulis yang baru. Menjadi seorang blogger juga akan memakan waktu dan biaya yang tak sedikit walaupun kita menggunakan penyedia layanan gratis.

Tapi tetap saja perlu biaya dalam melakukan riset misal perlu quota internet yang banyak, membeli domain dan template sebagai bentuk keseriusan. Rintangan ini sebetulnya dari awal sudah bisa kita minimalisasi supaya kegiatan ngeblog tidak berhenti di tengah jalan.

Keseriusan dan ketelatenan sangat di tuntut. Apalagi bagi seorang yang tidak punya dasar pendidikan dalam IT. Pasti akan lebih banyak rintanganya hal ini dari sedini mungkin harus di perhatikan. Adapun kiat yang bisa di lakukan oleh seorang blogger pemula demi mangatasi gagalnya membangun suatu blog diantaranya.

1. Harus Bisa Menulis.


Menjadi seorang blogger memang harus di tuntut untuk bisa menulis. Karena sebuah blog atau web 90% nya di dominasi oleh tulisan. Artikel yang ada pada setiap blog bisa bermacam-macam. Ada yang mengulas tentang ilmu pengetahuan, berita, referensi tentang banyak hal, serta artikel yang bersifat hiburan seperti cerpen dan sebagainya.

Jadi seorang blogger memang harus di tuntut bisa menulis. Jika kamu tak mempunyai bakat menjadi seorang penulis maka blog yang kamu bangun tidak akan jadi alias gagal di tengah jalan. Memang ada juga blogger atau situs web yang memanfaatkan jasa orang lain untuk mengisi blognya. Semisal membeli artikel tapi cara seperti ini akan memakan biaya yang sangat banyak.

Nah sebelum membangun sebuah blog pribadi pastikan dulu kamu memiliki hobby dalam menulis atau paling tidak kamu bisa membuat suatu karangan bebas. Jika hal ini tidak terpenuhi maka kamu tidak akan bisa menjadi seorang blogger mania. Lain halnya dengan orang yang hobby menulis, memiliki blog pribadi merupakan salah satu peluang bagi keberhasilanya.

2. Harus Tau Tujuan Membuat Blog.


Untuk para blogger pemula hendaklah di perhatikan poin yang kedua ini. Jika kamu berkeinginan, atau ada niat membangun sebuah blog harus di ketahui dulu tujuannya untuk apa. Biasanyanya ada tiga tipe orang dalam membangun sebuah blog.

Yang pertama tipe orang yang ingin menyalurkan hobby. Seseorang yang hobby menulis pasti akan mencari media untuk melahirkan karya tulisnya. Blogger akan menjadi salah satu media yang sangat baik untuk itu. Tipe orang yang pertama ini sangat berpeluang besar untuk sukses dalam dunia blogging.

Tipe orang yang kedua adalah blogger yang membangun sebuah blog demi mencari penghasilan atau istilah kasarnya ngeblog hanya untuk cari sponsor. Biasanya tipe orang seperti ini akan gagal dalam membangun suatu blog. Karena pada umumnya tipe blogger seperti ini sering mengabaikan isi kontenya. Ujung-ujungnya gagal karna akan cepat merasa jenuh.

Tipe blogger yang ketiga yaitu ngeblog hanya karna ikut-ikutan. Yang ketiga ini biasanya juga akan gagal dalam membangun suatu blog. Seseorang yang hanya ikut-ikutan dalam membangun suatu blog biasanya akan cepat bosan. Tipe blogger seperti ini juga sering mencuri tulisan orang karena tak punya ide dan pemahaman dasar.

3. Harus Kreatif Dan Banyak Bertanya.


Untuk kamu blogger pemula yang berkeinginan membangun suatu blog yang baik. Disarankan aktif pada forum-forum yang sering membahas tentang masalah blogger. Perbanyaklah bertanya dan mengunjungi blog yang membahas topik belajar ngeblog. Mencari referensi dan harus kreatif.

Untuk memperkaya wawasan dan kosa kata dalam menulis sebaiknya banyak-banyak membaca. Dengan membaca bisa membuat seseorang kaya akan wawasan dan lebih peka. Nah dari sinilah bisa lahir ide baru dalam membuat sebuah karya tulis untuk blog kamu.

4. Harus Menguasai Thema/Topik Blog.


Harus menguasai thema blog yang akan dibangun sebaik mungkin. Dengan kata lain kamu harus paham tentang topik blog kamu secara keseluruhan. Misalnya blog kamu membahas tentang memasak. Jadi kamu harus menguasai tentang seputar memasak. Jangan sampai kamu tidak bisa memasak tapi membangun blog dengan thema memasak.

Pasti akan sangat membingungkan dalam menulis artikelnya di kemudian hari. Jadi sebaiknya buatlah blog sesuai dengan apa yang kamu kuasai. Misalkan kamu bisa berkebun maka buatlah blog dengan thema berkebun. Atau kamu pintar IT maka buatlah blog dengan thema membahas seputar IT. Supaya kedepanya lancar dalam update artikel.

5. Harus Anti Plagiat.


Yang kelima ini adalah masalah yang paling penting. Banyak sekali blogger yang mengabaikan poin yang kelima ini. Mungkin saya juga pernah melakukanya. Jika kamu berkeinginan membangun suatu blog dengan baik. Maka hindarilah sifat plagiat atau colong artikel orang.

Berusahalah menulis hasil pemikiran sendiri. Kalaupun terpaksa mengutip tulisan orang maka sertakan link creditnya. Tapi saya sarankan bangunlah blog seoriginal mungkin jika tidak mau menyesal di kemudian hari.

Sebuah blog yang tidak original tidak akan ada nilai jualnya. Walaupun isi artikelnya ribuan tapi hasil copy paste sama dengan percuma. Kerja kerasmu dalam membangun blog akan berujung sia-sia. Blog yang tingkat originalitasnya tinggi akan lebih cepat dapat sponsor.

Misalnya blog mudah di daftarkan pada google adsense dan berpeluang besar untuk di terima dan menghasilkan uang. Jika konten blog tidak original maka akan sulit mewujutkan hal ini. Jadi originalitas konten harus di perhatikan sebelum membangun suatu blog.

Demikianlah lima poin yang harus di perhatikan untuk menjadi blogger yang baik. Jadikanlah ngeblog ini sebagai hobby yang bisa bermanfaat bagi kita dan juga orang lain. Artikel itu adalah ilmu dan ilmu yang bermanfaat balasanya pahala.

A man is known by the companion he keeps !

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon