Tuesday, July 25, 2017

Flat Earth Bumi Datar Teori Konspirasi Yang Kontraversi

Flat Earth Bumi Datar Teori Konspirasi Yang Kontraversi

Tags

Flat Earth Bumi Datar Teori Konspirasi Yang Kontraversi
Teori Bumi Datar

Jika berdebat dengan seseorang dari kubu bumi datar. Apa pun sanggahan yang Anda lontarkan dianggapnya sebagai bagian dari konspirasi NASA. Di abad ke-21 ini, apakah kubu bumi datar benar-benar serius mempercayai teori tersebut? Bila demikian, bagaimana hal ini bisa terjadi ? Mari kita pelajari beberapa poin berikut.

A. Pemahaman Flat Earth kaum bumi datar.

Model Bumi datar merupakan sebuah konsepsi arkaik dari bentuk Bumi sebagai bidang atau cakram. Beberapa budaya kuno menyebut kosmografi Bumi datar, yang meliputi Yunani sampai jaman klasik, sipilisasi Zaman Perunggu dan Zaman Besi dari Timur Dekat sampai periode Hellenistik, India sampai zaman Gupta (awal abad-abad Masehi), dan Tiongkok sampai abad ke-17.

Paradigma tersebut juga biasanya dipegang dalam budaya-budaya orang asli benua Amerika, dan pernyataan bahwa Bumi datar dikubahi oleh firmamen dalam bentuk mangkuk adalah hal umum dalam masyarakat pra-saintifik.

Perkumpulan Flat Earth Society berisi mereka yang percaya bahwa bumi itu datar. Pemahaman ini Berawal Tahun 1800an, oleh Samuel Rowbotham yang mengatakan bahwa semua orang salah tentang bumi itu bulat dan yang betul adalah bumi itu datar. Ide Samuel Rowbotham ini diterima oleh beberapa orang kemudian tumbuh dan berkembang hingga kini membentuk kelompok yang di sebut Flat Earth Society.

Flat Earth Society menepis alasan-alasan yang selama ini dipercaya menunjukkan bumi itu bulat, seperti halnya foto-foto luar angkasa. Menurut mereka, itu tak lebih dari rekayasa yang diatur oleh NASA dan elit pemerintah lainnya.

1. Bumi Berbentuk Piringan


Salah satu teori terkemuka mereka menyebut bumi serupa piringan, di mana lingkaran Arktik berada di pusatnya, sementara Antartika, sebuah dinding es setinggi 150 kaki atau 45,7 meter, berada di pinggiran mengelilingi dan membatasi lautan dan lima benua yang selama ini kita kenal.

Mereka mengklaim, NASA mempekerjakan sejumlah orang untuk menjaga ketat dinding es ini, mencegah siapapun memanjatnya dan menemukan apa yang sebenarnya terdapat di luar dinding es ini. Sesuatu yang khalayak tak pernah tahu sebelumnya.

Beberapa pihak dari kaum bumi datar menduga di balik Antartika itulah terdapat belahan dunia lain yang sengaja disembunyikan agar sumber daya alam yang ada di sana bisa diambil sesuka hati oleh para penguasa.

2. Siklus Siang Dan Malam


Sementara siklus siang dan malam dari Bumi menurut perkumpulan Flat Earth Society (kaum bumi datar) sebagai berikut:

Matahari dan Bulan adalah benda berbentuk bulat berdiameter 51 kilometer, yang berputar di ketinggian 4.000 kilometer di atas Bumi yang datar.

Seperti lampu sorot, bola-bola langit itu menerangi bagian yang berbeda dari planet dalam siklus 24 jam. Para pendukung teori ini juga yakin ada obyek tak terlihat bernama “antimoon” (anti-Bulan) yang bertanggung jawab mengaburkan bentuk Bulan, menjadi bulan sabit.

Flat Earth mengasumsikan bahwa benda-benda langit berputar pada jalurnya karena pengaruh medan magnet bumi, bukan gravitasi. Artinya, pusat tata surya adalah bumi, bukan matahari.

3. Bantaan Teori Gravitasi Newton Oleh Flat Earth Society (kaum bumi datar).


Salah satu teori dasar yang mendukung bumi bulat adalah adanya gravitasi atau daya tarik bumi. Adanya gravitasi bumi membuat manusia tidak merasakan kemiringan bumi yang berbentuk bulat. Berdasarkan teori yang dicetuskan oleh Isaac Newton ini, planet-planet bisa bergerak mengitari matahari pada jalurnya.

Tapi menurut kaum bumi datar flat earth, teori gravitasi yang muncul tahun 1679 ini sudah tidak relevan alias gugur ketika Nicolas Tesla menemukan teori elektromagnet pada abad ke-19.

bagi mereka kaum bumi datar Flat Earth Society, gravitasi bumi tak lain tak bukan adalah ilusi. Daya tarik bumi, menurut mereka, tidak mempercepat benda ke bawah, namun piringan bumi lah yang mempercepat gerak benda 9,8 meter per detik kuadrat, didorong oleh kekuatan yang dinamakan “energi gelap”.

Cara berpikir kelompok Flat Earth Society mengikuti cara pikir “Metode Zetetic”, metode ilmiah alternatif yang berkembang pada Abad ke-19.

“Pada dasarnya metode ini menekankan pada rekonsiliasi antara empirisme dan dan rasionalisme, dan membuat kesimpulan logis berdasarkan data empiris,” kata wakil ketua Flat Earth Society, Michael Wilmore asal Irlandia pada situs sains,Life’s Little Mysteries.

Teori ini juga menjelaskan kenapa jalur penerbangan pesawat internasional sebagian besar mengharuskan kita untuk transit di bandara-bandara yang terkesan tidak searah jalurnya. Karena ternyata jalur-jalur itu menjadi pas atau searah jika diterapkan di peta bumi datar, yang susunan benuanya berbeda dengan tatanan peta yang selama ini kita percaya.

B. Bantahan Terhadap Pemahaman Bumi Datar.


1. Pseudosains.


Profesor astrofisika dan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan bahwa pandangan Bumi datar terlalu mengada-ada.

"Itu pseudosains," katanya.

"Orang-orang awam memercayainya karena seolah-olah pandangan itu ilmiah padahal sebenarnya tidak ada dasarnya sama sekali," imbuhnya ketika dihubungi Kompascom.

Ini sejumlah bukti bahwa Bumi berbentuk bulat, bukan datar.

Orang-orang yang percaya Bumi datar meyakini bahwa Kutub Selatan adalah dinding yang tak mungkin ditembus.

"Nyatanya, pernah ada penerbangan yang melewati kutub selatan, dari Afrika Selatan ke Selandia Baru. Kalau Kutub Selatan dinding yang tak bisa ditembus, tak mungkin ada penerbangan itu," jelasnya.

Penerbangan melewati kutub selatan kini tak diminati sebab alasan teknis terkait suhu dingin. Pandangan bahwa satelit adalah kebohongan belaka juga kurang berdasar. Nyatanya, komunikasi manusia saat ini berbasis satelit. Demikian pula keyakinan bahwa Matahari berjarak 4.000 kilometer dari Bumi.

"Suhu Matahari mencapai 6.000 derajat celsius. Kalau jarak Matahari sedekat itu, maka kita akan tersiksa dan terbakar oleh radiasi dan panas," ungkap Thomas. Ketinggian terbang pesawat yang tetap pun sebenarnya bisa dijelaskan.

Ketinggian terbang pesawat diukur secara relatif terhadap permukaan Bumi. Ukuran Bumi yang besar membuat kelengkungan Bumi tidak begitu dirasakan.

"Jika kita menjadi pilot, kita akan mampu membuktikannya," kata Thomas.

"Kalau Bumi datar, maka dari atas kita bisa menatap daerah mana pun termasuk kutub selatan. Kenyataannya, pandangan kita tetap terbatas."

2. Senja Membuktikannya


Pembuktian bahwa Bumi bulat bisa dilakukan dengan cara sederhana. Banyak orang berburu pemandangan senja kala liburan. Pemandangan senja itu bisa menjadi bukti bahwa Bumi bulat. Saat menatap senja, manusia akan melihat garis khayal yang membatasi pandangan. Matahari akan tenggelam di garis yang disebut horison itu.

Jika Bumi datar, garis yang seolah-olah mempertemukan langit dan permukaan Bumi itu takkan ada. Kalau ada kapal berlayar di lautan, manusia takkan melihat kapal itu hilang perlahan dan per bagian ketika bergerak menjauh jika saja Bumi datar.

"Jika kapal itu mendekat, kita taakkan menyaksikan asapnya dahulu, baru bagian kapal secara keseluruhan, tetapi langsung semuanya," kata Thomas.

C. Penjelasan Pakar Psikologi di Balik Pemahaman Kaum Bumi Datar.


Psikolog dari University of Kent, Britania Raya, yang mempelajari psikologi dari teori konspirasi bumi datar ini berkata bahwa kepercayaan kaum bumi datar mengikuti teori konspirasi lain yang telah dia pelajari.

Dikutip dari Live Science 30 Mei 2017, Douglas mengatakan, menurutku, orang-orang ini benar-benar percaya bahwa bumi berbentuk datar. Aku tidak melihat tanda-tanda bahwa mereka membuat-buat ide tersebut untuk alasan lainnya.

Douglas lalu menjelaskan bahwa secara umum, teori konspirasi memiliki dua karakteristik yang sama. Pertama, mereka adalah teori alternatif mengenai sebuah kejadian atau masalah serius. Kedua, mereka biasanya memberikan semacam penjelasan mengapa kebenaran dari kejadian atau masalah tersebut harus ditutupi.

“Salah satu daya tarik dari teori konspirasi adalah kemampuan untuk menjelaskan sebuah kejadian besar tanpa perlu detail-detail yang lengkap. Kekuatannya justru berada pada fakta bahwa teori-teori ini tidak memiliki kejelasan yang pasti,” ucapnya.

Namun, kegigihan dan kepercayaan diri para kaum bumi datar dalam berargumen membuat teori mereka lebih menarik daripada yang seharusnya.

“Jika Anda dihadapkan dengan pandangan minoritas yang diungkapkan dengan cara yang cerdas dan sang pembicara memiliki opini yang sangat kuat, maka teori tersebut bisa menjadi sangat berpengaruh. Para psikolog menyebut hal ini sebagai pengaruh minoritas,” ujar Douglas.

Namun, ada satu perbedaan kaum bumi datar dengan orang-orang yang percaya teori konspirasi lainnya.

Dalam studinya yang dipublikasikan melalui American Journal of Political Science pada tahun 2014, dua peneliti politik dari University of Chicago, Eric Oliver dan Tom Wood, menemukan bahwa setengah dari masyarakat AS mempercayai setidaknya satu teori konspirasi.

Kepada Live Science, Oliver berkata bahwa teori konspirasi berawal dari kebiasaan manusia untuk mempercayai adanya kekuatan yang tidak terlihat. Hal ini disebut sebagai pemikiran magis.

Akan tetapi, jika banyak penganut teori konspirasi lainnya juga mengadopsi teori-teori pinggiran yang bersifat supernatural, kaum bumi datar biasanya hanya percaya dengan bentuk bumi yang tidak bulat.

“Jika mereka seperti penganut konspirasi teori lainnya, mereka seharusnya juga menunjukkan tendensi terhadap pemikiran magis seperti percaya UFO, ESP, hantu, dan kekuatan yang tak terlihat lainnya. Namun, kaum bumi datar tidak demikian sehingga mereka juga menjadi anomali di antara masyarakat AS yang percaya teori konspirasi,” urai Douglas.

D. 14 Figur Publik Internasional Percaya Bahwa Bumi Datar.


1. Shaquille O'Neal


Shaquille membuat pengumuman pentingnya ini di 'The Big Podcast', saat pembawa acaranya menyampaikan bahwa gambar satelit menunjukkan bahwa bumi itu bulat, Shaq merespon, "Oh, gambar satelit? Itu bisa saja efek kamera drone atau dibuat-buat." Ia kemudian menambahkan bahwa perjalanannya dari kota ke kota selalu datar. Ketika pembawa acara menanyakan kembali apa bentuk bumi jika bukan bulat, ia menjawab, "tentu saja kotak."

2. B.o.B


Rapper asal Amerika Serikat, B.o.B., sudah lama gak terdengar sejak beberapa tahun terakhir. Sayangnya, kemunculannya justru akibat pendapat yang ia lontarkan secara lantang dan bangga bahwa bumi itu datar. Di tahun 2016, ia menyampaikan lewat Twitternya bahwa gak peduli seberapa tinggi kamu naik, horizon selalu berada pada eye-level jadi ia gak mau mempercayai bahwa bumi itu bulat. Ia menganggap bahwa bumi bulat adalah kebohongan terbesar dalam sejarah. Twitter-nya akhirnya menjadi ajang perang kata yang menekan B.o.B. sampai ke ujung pemahamannya. Ia tetap bersikeras bahwa bumi itu datar.


3. Tila Tequila



Kalau kamu gak tahu siapa itu Tila Tequile, baguslah! Ia adalah salah satu selebriti yang dianggap gak banget oleh netizen karena terkenal mendadak tanpa alasan selain menjadi orang paling populer di MySpace. Ia di"tendang" dari Twitter pada tahun 2016 karena mengunggah foto dirinya melakukan hormat ala Nazi di perayaan kemenangan Donald Trump sebagai presiden. Selain itu, ia juga berencana untuk menyebarkan teori bumi datar ke orang dan mencalonkan diri sebagai dutanya.

4. A.J. Styles


A.J. Styles adalah pegulat WWE dan walaupun ia gak terlalu mendedikasikan diri mendukung teori bumi datar, tapi juga bukan pendukung bumi bulat. Ia mengatakan bahwa ia gak percaya bahwa bumi itu datar, ia hanya mengatakan bahwa ada beberapa fakta terkait itu yang masuk akal, tapi ia gak mau disebutflat-earther karena gak sepenuhnya percaya.

5. Kyrie Irving


Di masa-masa B.o.B. menjadikan dirinya sendiri sasaran empuk amukan massa di Twitter, seorang pebasket Kyrie Irving yang dulunya dikenal di Cleveland Cavaliers sekarang lebih dikenal sebagai flat-earther. Kyrie mengumumkan di dalam podcast kepadaaudience-nya bahwa bumi datar itu bukan teori konspirasi, tapi bumi itu memang datar.


6. George Bernard Shaw



Pengarang drama legendaris dari Irlandia, George Bernard Shaw, sebenarnya secara teknis bukan flat-earther, tapi orang-orang suka meng-quote hasil kerjanya yang di ambil dari drama "Joan of Arc" tahun 1924 untuk digunakan dalam mendukung teori bumi datar. Akhirnya banyak orang berpikir dia adalah flat-earther.


7. Boko Haram



Boko Haram adalah salah satu grup ekstrimis yang menentang semua guru geografi sebagai bagian kampanye mereka melawan pendidikan kebarat-baratan di Nigeria. Grup ini percaya bahwa bumi itu datar dan telah membunuh 600 pekerja sekolah yang bertentangan dengan mereka sejak tahun 2009. Banyak orang juga terpaksa meninggalkan pekerjaan mereka karena ketakutan terhadap serangan mereka.

8. Pastor Wilbur Glenn Voliva


Pastor Wilbur Glenn Voliva adalah kepala dari gereja Kristen Katolik Apostolik di Illinois pada awal 1900-an dan diketahui sebagai pendukung kuat terhadap teori bumi datar. Ia bahkan sampai menawarkan hadiah US$ 5.000 (atau sekitar Rp 67 juta) kepada siapapun yang bisa membuktikan bahwa bumi itu bulat. Kebiasaannya yang secara salah memprediksi kiamat di berbagai tanggal yang ia ajukan ke masyarakat sebelum kematiannya akhirnya membuat para pengikutnya curiga bahwa ia mencuri dana gereja. Dana tersebut ternyata masuk ke dalam akun pribadinya.


9. Sherri Shepherd



Mantan pembawa acara talk show di Amerika "The View" sebenarnya bukan flat-earther. Namun di tahun 2007 sebuah kehebohan di acara tersebut gak bisa menghentikan penyebaran teori bumi datar ini. Personel TV menanyakan, "apakah benar bahwa bumi itu datar?" Setelah Rosie O'Donnell menariknya kembali untuk memberikan pertanyaan, Sherri membela diri dengan mengatakan bahwa bukannya ia percaya bumi itu datar, ia hanya gak pernah memikirkan soal itu karena lebih penting memikirkan yang lain seperti, "mau kasih makan anakku apa hari ini?"


10. Samuel Shenton



Samuel Shenton adalah rajanya anti-fakta, ia mendirikan International Flat Earth Research Society pada tahun 1956 yang bermarkas di Dover, Inggris. Ia mengajarkan pemahamannya kepada siapapun yang mau mendengarkan, bahkan di tahun 1960-an ketika "space race" sedang di puncak-puncaknya. International Flat Earth Research Society diam-diam gelagapan ketika Soviet mengirimkan satelit Sputnik yang terlihat dalam interval rutin dan membuktikan bahwa bumi itu bulat.

11. Daniel Shenton


Daniel Shenton bukanlah relasi dari Samuel, tapi ia kini adalah presiden International Flat Earth Research Society yang membangun ulang kembali perkumpulan tersebut di tahun 2004. Daniel mengatakan bahwa gak ada model bumi datar yang seragam, tapi yang paling umum diterima adalah bentuknya yang menyerupai piringan CD, dengan cincin sesuatu untuk menahan semua airnya. Ketinggian yang menopang lahan datar tersebut dan apa senyawanya, gak ada yang paham benar tapi kebanyakanorang percaya bahwa itu terdiri dari gunung-gunung dan es.

12. Paul Kruger


Paul Kruger adalah mantan presiden Afrika Selatan yang diasingkan pada tahun 1900 dan meninggalkan negaranya dengan naik di sebuah kapal Belanda. Sebagai anggota dari fundamentalist Dutch Reformed Church, ia dengan sangat yakin percaya bahwa bumi itu datar. Sementara itu ia terkejut mempelajari navigasi kapal selama berlayar-layar seakan bahwa bumi itu bulat. Pertamanya ia skeptis, tapi setelah memeriksa semua instrumen di kapal tersebut, ia melemparkan kitab agamanya dari kapal yang ia naiki. Ia mengatakan jika bumi memang benar bulat, maka kitab yang ia baca gak benar sehingga ia gak tertarik lagi membacanya.

13. Thomas Dolby


Thomas Dolby, seorang musisi dan produser musik dianggap memiliki andil besar memperkenalkan Daniel Shenton dari Flat Earth Society kepada teori yang bersangkutan. Pada tahun 1984, Thomas membuat album keduanya: "The Flat Earth". Daniel mengatakan bahwa ia berterima kasih pada Thomas karena Thomas membuka matanya dalam mengetahui bumi itu datar. Saat itu di akhir 1990-an, ia mulai melakukan penelitian tentang apa itu Flat Earth Society. Ia memang pernah mendengarnya dan ketika ia melakukan penelitian itu, ia malah percaya bahwa semua gagasan itu benar.

14. Donald Trump


Dengan pandangan anti-sains yang sangat kuat dan tujuannya dalam mematikan program luar angkasa, kita gak akan terkejut bahwa Trump percaya bumi itu datar. Salah satu situs berita satir meyakinkan dunia melalui quote fiksional dari Trump tentang "orang-orang round-eartherdan kamu pasti tahu siapa mereka, mereka punya rencana khusus." Berita palsu ini menyatakan bahwa Donald Trump menyampaikan pendapatnya saat berbicara kepada para reporter di Baltimore tahun 2016. Namun gak ada orang yang mempermasalahkan benar atau tidaknya berita tentang ucapan tersebut, yang jelas mereka meyakini bahwa Trump adalah salah satu flat-earther.

Itulah daftar para figur publik internasional yang admin ketahui mereka percaya bahwa bumi itu datar. Dengan semua penjelasan di atas smoga bisa menambah pengetahuan kita tentang teori Bumi datar (Flat Eart) bantahan terhadap teori tersebut dan beberapa publik figur yang mendukung serta menjadi bagian dari kelompok Flat Eart (bumi datar).

Kebijaksanaan tidak tumbuh dengan serta merta.

Buka Komentar

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
EmoticonEmoticon